Latest News

MANFAAT BUAH PISANG BAGI KESEHATAN TUBUH TERLENGKAP

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap - Anda suka makan buah pisang? Jika iya maka anda tidak salah dengan buah pilihan anda tersebut, karena pisangan mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan manfaatnya sangat besar bagi kesehatan anda. Pisang adalah buah yang murah, mudah, dan nikmat rasanya jadi tidak kaget jika banyak orang suka dengan buah pisang. 

Pada kesempatan sebelumnya kami telah memberikan informasi tentang kandungan gizi dalam buah pisang, yang mana terdapat banyak nutrisi dan gizi yang sangat dibuthkan oleh tubuh. Buah pisang terbagi dalam beberapa jenis, misalnya pisang ambon, pisang raja, pisang kepok, trilili, dan masih banyak lagi jenis pisang lainnya. Dari sekian banyak jenis pisang, pisang ambon dan pisang raja adalah yang paling populer karena rasanya enak dan bentuknya yang besar sehingga cukup mengenyangkan. 

MANFAAT BUAH PISANG BAGI KESEHATAN TUBUH


Bicara soal apa saja manfaat dari buah pisang bagi kesehatan tubuh, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai itu. Berikut ini adalah manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh :

1. Mengobati anemia
Anemia atau kurang darah adalah sebuah penyakit yang menyebabkan penderitanya lemas dan lesu, karena jumlah darah merah dalam tubuh berada di bawah normal. Nah jika anda mengalami penyakit anemia, ada baiknya anda mengkonsumsi buah pisang, karena buah pisang mengandung zat besi yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. 

2. Membantu menurunkan berat badan
Makan pisang juga dapat membantu anda menurunkan berat badan, karena karbohidrat kompleks dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis. Pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk program diet anda. Serat pada pisang juga menurunkan berat badan karena melancarkan proses metabolisme. Namun yang harus anda ingat adalah, jangan menyajikan pisang dalam bentuk : pisang goreng, kolak, atau banana milkshake.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, sebaiknya mengkonsumsi pisang karena pisang mengandung kalium. Kalium atau potasium adalah mineral penting yang membantu mengatur fungsi jantung, tekanan darah, dan saraf dan aktivitas otot. Kalium inilah yang mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, sehingga tekanan darah anda tetap normal. Kandungan serat dalam buah pisang mengikat lemak yang menempel di pembuluh darah. 

4. Melancarkan pencernaan
Pencernaan manusia bisa lancar dan bisa juga terganggu, tergantung pola makan dan menu makanan kita. Buah pisang yang kaya akan serat dapat membantu melancarkan pencernaan anda karena buah pisang mengandung vitamin B-6 yang mampu menangkal diare. Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Menurut berbagai penelitian, menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi pisang secara rutin mempunyai dinding lambung yang lebih kuat daripada orang yang tidak makan pisang.

5. Mencegah serangan jantung
Serangan jantung sering dialami karena berbagai faktor, salah satunya adalah aliran oksigen ke jantung berkurang karena pembuluh darah yang menyempit akibat penumpukan lemak di dinding pembuluh darah. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung, dan serat pektinnya membantu menurunkan kolesterol. Vitamin C dan flavonoid yang terkandung dalam pisang adalah antioksidan, sehingga dapat mencegah oksidasi lemak. Oksidasi lemak itulah yang dapat menyebabkan serangan jantung. 

6. Meningkatkan imun / kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh setiap orang berbeda, karena hal ini sangat berkaitan dengan zat antibodi dalam tubuh. Nah untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda dari berbagai infeksi dan virus, anda bisa mengkonsumsi pisang karena pisang mengandung vitamin, A, B6, dan C yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Pisang boleh anda konsumsi setiap hari, namun dalam jumlah yang wajar saja, cukup 1 atau 2 buah setiap hari. Pisang bisa dikonsumsi sebelum ataupun sesudah makan. Untuk menjaga keawetan dan kesegarannya, simpanlah di kulkas. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 

Baca juga artikel berikut ini : Kandungan Gizi Dalam Buah Pisang Terlengkap.