Latest News

OLAHRAGA YANG PALING COCOK UNTUK IBU HAMIL

Olahraga Yang Paling Cocok Untuk Ibu Hamil - Seorang ibu yang sedang hamil akan mengalami perubahan sikap dan bentuk tubuh. Biasanya ibu hamil akan cepat lelah, dan pada saat hamil muda sering mengalami mual. Ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa, hanya saja ibu hamil tidak boleh mengalami kelelahan karena akan berpengaruh pada janin yang sedang dikandungnya.

Selama 9 bulan 10 hari masa kehamilan, seorang ibu hamil dituntut untuk mencukupi asupan gizi baik bagi dirinya sendiri maupun untuk jabang bayi. Selain asupan makanan, ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan beberapa aktivitas positif yang berguna saat melahirkan, misalnya berolahraga. Tetapi olahraga ibu hamil berbeda dengan olahraga orang biasa (yang tidak hamil).

Olahraga Yang Paling Cocok Untuk Ibu Hamil


Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai olahraga apa saja yang paling cocok dan baik dilakukan oleh ibu yang sedang hamil. Berikut ini adalah beberapa olahrga yang cocok buat ibu hamil :

1. Jalan kaki
Jalan kaki sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil, karena jalan kaki termasuk olahraga yang tidak melelahkan tetapi manfaatnya sangat besar. Dengan jalan kaki, seorang ibu hamil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sirkulasi darah menjadi lancar, dan juga otot yang renggang (tidak kaku). Selain itu, jalan kaki juga dapt membantu ibu hamil terhindar dari stres menjelang persalinan. Anda bisa berjalan kaki di pagi dan sore dengan mengelilingi komplek atau taman. Sekiranya anda merasa lelah maka berhentilah dan istirahat.

2. Dansa
Olahraga yang juga baik untuk ibu hamil adalah dansa, baik dansa klasik, balet, atau zumba. Dengan dansa maka akan memperlancar sirkulasi darah anda dan memperkuat otot tubuh bagian bawah. Yang wajib anda perhatikan adalah, jangan terlalu banyak membungkuk. Untuk melakukan dansa ibu hamil, anda bisa mengikuti kelompok dansa khusus ibu hamil yang dilatih oleh instruktur yang telah berpengalaman, sehingga dapat mengurangi risiko. 

3. Latihan ketahanan tubuh
Seorang ibu yang sedang hamil diperbolehkan melakukan latihan ketahan tubuh, asalkan tidak mengangkat beban terlalu berat karena dapat merenggangkan seluruh sendi tubuh. Selain itu, jangan menahan napas saat mengangkat beban, karena tekanan dalam perut akan menyebabkan melemahnya otot core (otot punggung, otot perut, dan otot pinggul). Jika anda melanggarnya, maka bisa menyebabkan ketuban pecah, menaikkan tekanan darah, menurunnya kadar oksigen dalam darah, dan menyebabkan hernia. 
Latihan ini bisa anda lakukan selama 3 kali seminggu dengan durasi 20-30 menit. Menurut hasil studi di Michigan State University, ibu hamil yang melakukan latihan ketahanan tubuh akan memiliki risiko yang lebih kecil mengalami tekanan darah tinggi, penambahan berat badan secara drastis, dan diabetes gestasional. Sekali lagi, untuk keamanan dan kenyamanan anda dalam melakukan latihan ketahan ini sebaiknya didampingi oleh instruktur berpengalaman.

4. Yoga
Yoga baik dilakukan oleh ibu yang sedang hamil, karena yoga dapat melatih pernapasan yang akan bermanfaat pada saat persalinan / melahirkan. Dengan berlatih yoga secara rutin dan teratur maka proses persalinan akan terasa mudah. Yang harus anda hindari dalam melakukan yoga antara lain : melakukan gerakan secara cepat, berbaring di atas perut, sit up, menahan napas, dan berbaring telentang setelah memasuki 20 minggu usia kehamilan. Sekali lagi, sebaiknya anda bergabung dengan komunitas yoga ibu hamil yang dipandu oleh instruktur yang telah berpengalaman agar tidak terjadi hal negatif bagi anda dan janin.

5. Berenang
Berenang bagi ibu hamil sangat baik dan bermanfaat, karena dengan berenang maka akan meningkatkan ketahanan tubuh, mengendalikan tekanan darah, dan juga dapat menghilangkan tekanan pada sendi-sendi. Namun yang harus anda perhatikan adalah, jangan berenang di kolam yang terlalu panas, karena janin dalam rahim belum dapat mengontrol suhu di rahim anda. Selain itu jangan melompat ke air, tetapi turunlah ke kolam dengan pelan-pelan. Berenang bisa anda lakukan di sore hari, di saat suhu air di kolam tidak terlalu panas.

Saat anda hamil, tentu ada banyak pengalaman dan kebiasaan baru yang belum pernah anda alami sebelumnya. Seorang ibu hamil juga harus memperhatikan hal-hal yang menjadi pantangan, agar anda dan janin dalam kandungan tetap sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Mudah Mengobati Sariawan Paling Ampuh.