Latest News

PENYEBAB RAMBUT RONTOK PADA WANITA TERLENGKAP

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Terlengkap - Rambut yang indah, kuat, dan berkilau merupakan salah satu idaman para wanita. Dengan rambut panjang nan indah tersebut tentu akan menambah kepercayaan diri anda saat tampil di depan banyak orang atau saat berkumpul bersama teman-teman anda. Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang paling diperhatikan oleh wanita, karena memang rambut adalah mahkota bagi wanita. 

Namun ada beberapa masalah yang sering dialami oleh para wanita pada rambutnya, di antaranya adalah rambut rontok. Rambut yang rontok akan membuat jumlah rambut anda berkurang, dan menghambat pertumbuhan rambut anda. Rambut rontok berarti lepasnya rambut dari akarnya, dan jika dibiarkan pasti akan berdampak buruk bagi anda. Bisa jadi ini adalah masalah yang paling ditakuti kaum hawa, karena jika kerontokan rambut sudah parah bisa menyebabkan kebotakan. Hmmm, tentu anda tidak mau seperti itu bukan?

Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita Terlengkap


Rambut yang rontok bukan tanpa sebab, karena ada banyak faktor penyebab rambut rontok yang wajib anda ketahui agar anda bisa mengantisipasinya. Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa penyebab rambut rontok, di antaranya sebagai berikut : 

1. Faktor hormonal
Ada beberapa hormon yang berkaitan erat dengan rambut rontok, di antaranya hormon tiroid, hormon androgen, dan hormon estrogen. Ketiga hormon ini jika mengalami masalah atau gangguan maka akan berdampak bagi pada rontoknya rambut anda. Ketidanormalan hormon ini bisa diakibatkan karena beberapa hal, misalnya cemas, stres, atau hal-hal yang melibatkan emosi lainnya. Jika ketiga hormon tersebut berlebihan atau kekurangan, maka ancaman kerontokan rambut ada di depan anda. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung flafonoid untuk melindungi kantung rambut dan merangsang pertumbuhan rambut anda, misalnya apel dan stroberi.

2. Faktor penyakit
Penyakit yang diderita juga bisa menyebabkan rambut rontok, antara lain adalah penyakit gula / diabetes dan jamur. Penderita diabetes biasanya akan mengalami rambut rontok jika sudah masuk dalam stadium tinggi. Karena diabetes akan melemahkan sistem kerja organ dan pembuluh darah. Sedangkan jamur yang tumbuh di kulit kepala juga bisa menyebabkan rambut rontok. 

3. Faktor kehamilan dan persalinan
Faktor ini sebenarnya sama dengan faktor hormonal, karena seorang ibu yang sedang hamil atau melahirkan akan kekurangan atau kelebihan hormon tiroid. Kerontokan rambut mungkin terlambat pada tiga bulan saat perubahan hormon, dan akan membutuhkan waktu tiga bulan kemudian untuk rambut baru tumbuh kembali. Jika anda sedang hamil, mau melahirkan, atau setelah melahirkan mengalami rambut rontok itu adalah siklus alamiah, dan akan kembali normal dalam beberapa bulan.

4. Faktor nutrisi
Rambut rontok bisa juga disebabkan karena kekurangan nutrisi, dan ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang diet ketat. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat diet asupan makanan berkurang, termasuk nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut seperti protein, vitamin B5, kalori, dan nutrisi-nutrisi rambut lain. Jika ini terjadi maka rambut akan mudah patah dan rontok. Anda bisa mencegah kerontokan dengan mengkonsumsi makanan yang sarat gizi dan nutrisi lengkap agar rambut anda tidak rontok.

5. Faktor genetika
Rambut rontok bisa disebabkan oleh keturunan, misalnya rambut orang tua anda rontok, atau orang tua anda botak maka kemungkinan besar anda juga mengalami hal yang sama. Yang bisa anda lakukan adalah memperlambatnya dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan rambut dan melakukan perawatan-perawatan. 

6. Faktor obat-obatan
Obat-obatan juga dapat memicu kerontokan rambut. Beberapa obat yang menyebabkan rambut rontok antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi, dan obat antidepresan. Bisa juga obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang justru akan membaut rambut anda rontok. Sebaiknya kurangilah konsumsi obat-obatan tersebut kecuali memang mendesak.

7. Faktor pertumbuhan rambut
Pertumbuhan rambut pada umumnya adalah sepanjang setengan inci setiap bulannya. Jika pertumbuhannya kurang lancar maka dapat menyebabkan kerontokan. Berilah nutrisi untuk rambut agar pertumbuhannya lancar dan mencegah kerontokan. Namun berhati-hatilah dalam memilih nutrisi rambut, pastikan yang terpercaya dan telah terbukti.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Mengatasi Rambut Rontok Termudah Terlengkap.