Latest News

PENYEBAB TELAPAK TANGAN BERKERINGAT

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat - Telapak tangan dan telapak kaki manusia mempunyai kontur kulit yang lebih tebal dari bagian kulit lainnya, karena kulit di bagian telapak tangan dan kaki lebih tebal dan lebih sedikit terdapat pori-pori daripada kulit di bagian tubuh. Untuk itulah telapak tangan dan telapak kaki jarang berkeringat. Gejala telapak tangan berkeringat disebut juga dengan hiperhidrosis palmar. Namun apakah telapak tangan dan telapak kaki anda sering berkeringat? 

Telapak tangan dan kaki pasti juga akan mengeluarkan keringat, namun intensitasnye lebih jarang dan kuantitasnya lebih sedikit. Jika anda mengalami gejala telapak tangan mengeluarkan keringat secara berlebih dan sering, mungkin ada beberapa penyebabnya, bahkan ada yang mengatakan itu adalah penyakit jantung. . Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang hal itu, agar anda tidak menduga-duga lagi. 

PENYEBAB TELAPAK TANGAN BERKERINGAT


Keringat yang sering keluar pada telapak tangan bukan hal yang biasa, lalu apakah benar itu merupakan gejala penyakit jantung? Menurut beberapa penelitian medis menyebutkan bahwa ada beberapa sebab kenapa telapak tangan sering berkeringat. Berikut adalah penyebab telapak tangan dan kaki berkeringat :

1. Kelebihan hormon tiroid
Gejala kelebihan hormon tiroid ini disebut juga dengan hipertioridism. Kelebihan hormon tiroid maksudnya adalah kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan, dan ini bisa mengakibatkan telapak tangan anda berkeringat. Kelenjar tiroid ini disebut juga kelenjar gondok yang terletak pada leher bagian depan, di dekat jakun. Jika anda mengalami kelebihan hormon tiroid ini, biasanya anda juga akan mengalami gejala-gejala lain seperti badan menjadi kurus, berat badan turun, gelisah, berdebar-debar, tangan tremor, gemetaran, tidur tidak nyenyak, otot lengan atas dan paha terasa melemah. Alangkah baiknya anda memeriksakan ke dokter jika mengalami gejala ini, dan jangan khawatir hipertiroidism ini bisa disembuhkan.

2. Cemas
Cemas atau kecemasan adalah respon emosional terhadap penilaian yang menggambarkan keadaan khawatir, gelisah, takut, tidak tentram disertai berbagai keluhan fisik. Sikap cemas inilah yang menyebabkan reaksi tubuh akan terjadi berulang-ulang seperti sesak nafas, jantung berdebar, sakit kepala, rasa ingin buang air, dan juga berkeringat. Pada saat cemas, telapak tangan anda juga pasti mengeluarkan keringat, sehingga ini bukan suatu hal yang berbahaya. 

3. Stres dan tertekan
Stres diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang tidak bersahabat dan juga bebean pikiran yang berat dan kita tidak bisa menghadapinya. Kondisi ini sangat berpengaruh pada keluarnya keringat, termasuk pada telapak tangan anda. Pada saat stres dan tertekan, sistem saraf tidak sadar tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan sinyal yang salah dikirim dari otak ke saraf keringat. 

Nah, pada dasarnya telapak tangan dan kaki yang berkeringat bukanlah sesuatu yang membahayakan asalkan tidak terjadi terus menerus atau tanpa sebab. Jika anda mengalami tiga gejala di atas maka anda tidak perlu khawatir jika telapak tangan anda berkeringat. Tetapi untuk lebih jelas dan pasti, periksakan diri anda ke dokter umum atau dokter spesialis jantung, untuk mengetahui apakah ada kaitannya dengan penyakit jantung. Jika detak jantung anda normal dan tidak mengalami gejala penyakit jantung maka itu adalah wajar. Ikutilah saran dari dokter untuk kebaikan anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Cuaca Panas.