Latest News

TIPS MEMILIH GITAR AKUSTIK YANG BERKUALITAS BAGUS

Tips Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas Bagus - Gitar adalah salah satu jenis alat musik yang banyak digemari oleh para peggemar musik. Di seluruh dunia, gitar adalah alat musik yang paling banyak dipelajari oleh semua orang. Gitar menurut difinisinya adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, dan biasanya menggunakan jari maupun plektrum. Secara umum gitar terbagi menjadi dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar listrik.  

Salah satu gitar yang paling banyak diminati adalah gitar akustik. Gitar akustik memiliki ciri khas yaitu bagian badan yang berlubang (hollow body) dan dapat menghasilkan bunyi atau suara yang indah. Bunyi dari gitar akustik dihasilkan dari getaran senar yang mengalir antara tulang leher (nut) dengan jembatan (brigde) yang kemudian diperkuat oleh bagian badan gitar yang bertindak sebagai lubang resonansi.

TIPS MEMILIH GITAR AKUSTIK YANG BERKUALITAS


Kualitas gitar akustik berbeda-beda, tergantung dari bahan dan keahlian pembuatnya. Gitar akustik yang bagus mempunyai beberapa bagian yang harus anda perhatikan. Agar anda tidak salah dalam memilih gitar akustik yang berkualitas bagus, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang cara memilih gitar akustik yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa cara memilih gitar akustik yang berkualitas bagus :

1. Body dan bahan gitar
Setiap gitar akustik mempunyai proyeksi suara dan tonasi yang berbeda-beda, tergantung berapa ukuran gitar tersebut. Gitar akustik terbagi atas beberapa ukuran, mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar. Untuk ukuran body gitar, sesuai dengan selera masing-masing. Pada gitar akustik juga ada yang terdapat cutaway dan tidak. Cutaway sendiri adalah adalah lekukan / potongan yang terletak antara bodi dan leher gitar, biasanya berbentuk cekung. Tujuan adanya cutaway selain untuk mempercantik tampilan gitar, juga mempermudah gitaris untuk memainkan nada tinggi karena dapat menjangkau fret tinggi. Namun ada juga yang mengatakan bahwa gitar akustik tanpa cutaway mempunyai suara yang lebih bagus. Ada tiga macam konstruksi bidy gitar, antara lain all laminated (berbahan triplek), laminated with solid top (berbahan kayu dan triplek), dan all solid (berbahan full kayu). Nah untuk kualitas yang bagus pastinya anda harus memilih yang berbahan full kayu, karena suaranya akan lebih bagus dan lebih berat.

2.  Neck gitar
Neck atau leher pada gitar adalah bagian yang memanjang dan lurus yang terdapat fret-fret. Nah untuk memilih gitar berkualitas bagus anda sebaiknya memilih neck gitar yang lurus dan tidak mudah bengkok. Neck yang bagus adalah neck yang lurus dan terdapat besi penyangga di dalamnya agar tidak mudah bengkok. Besi penyangga leher gitar ini disebut dengan truusord. Untuk kenyamanan anda dalam bermain gitar, usahakan anda memilih ukuran neck gitar yang sesuai dengan genggaman tangan anda.

3. Fret gitar
Fret atau grip gitar adalah strip kawat tipis berjarak pada interval yang sangat tepat sepanjang seluruh panjang fingerboard. Untuk bahan fretnya, sebaiknya memilih bahan yang stainless steel karena selain awet juga menghasilkan suara yang bagus. Jumlah fret setiap fret berbeda-beda, namun untuk gitar akustik idealnya adalah 12-14 fret. Untuk kebaikan anda, cobalah memainkan gitar tersebut apakah fals atau tidak. Anda perlu ketelitian dan pengetahuan yang cukup banyak saat memilih gitar akustik.

4. Pemilihan tuning peg
Tuning peg adalah alat yang berfungsi untuk menyetel atau menyetem senar gitar. Dalam pemilihan tuning peg ini anda harus cermat, terutama dalam akurasi dan fungsi tuning peg itu sendiri. Tuning peg yang tidak bagus biasanya tidak akurat menyetem senar, maka pilihlah akurasi tuning peg yang bagus. Untuk bahan tuning peg, lebih baik anda memilih tuning peg yang terbuat dari bahan stainless steel agar tidak mudah berkarat dan mengkilap. Untuk variasinya, tergantung pada selera anda masing-masing. Anda bisa mendapatkannya di toko gitar terpercaya.

5.Cek suara
Salah satu yang paling utama dalam memilih gitar akustik adalah feel anda dalam memainkan dan mengecek suara gitar tersebut. Bagian pada saat test sound gitar yang ditaksir, terutama pada middle low-end gitar klasik. Intonasi maksudnya adalah ketepatan nada yang dihasilkan saat kita berpindah fret sepanjang neck.Gitar dengan kualitas pembuatan yang kurang bagus biasanya di atas fret ke 12 intonasinya akan terdengar fals. Jadi anda harus benar-benar teliti.

Memilih gitar akustik yang berkualitas cukup sulit, karena memerlukan feel dan ketelitian. Untuk senar gitar,anda bisa menggunakan senar nylon atau senar steel. Sena rnylon lebih awet dan lentur tapi suaranya tidak begitu keras. Sedangkan senar steel memiliki suara yang lebih keras namun biasanya cepat rusak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.