Latest News

TIPS MEMILIH POWER BANK YANG BERKUALITAS BAGUS

Tips Memilih Power Bank Yang Berkualitas Bagus - Apakah anda pengguna smartphone, gadget, atau blackberry? Semakin canggih fitur sebuah gadget atau smartphone maka semakin boros pula baterainya, karena energi yang ada di dalam baterai akan selalu dipakai untuk menghidupi saat anda menjalankan aplikasi di smartphone / gadget anda.  Untuk kenyamanan pengguna gadget / smartphone agar tidak terganggu dalam menjalankan / memakai smartphone tersebut, maka dibuatlah power bank. Power bank secara bahasa berarti bank tenaga, yang mana fungsi utamanya adalah untuk menyimpan tenaga (dalam hal ini listrik) sehingga ketika gadget anda kehabisan baterai anda bisa mengisinya dengan power bank tersebut. 

Penjualan power bank linear dengan penjualan gadget atau smartphone, karena memang bagi pengguna handphone canggih tersebut ada konsekwensi tersendiri yaitu baterai yang lebih boros dari hp biasa. Selain harus cermat dalam memilih gadget atau smartphone, anda juga harus cermat dalam memilih power bank. Power bank yang berkulitas bagus akan sangat membantu anda dalam berbagai kegiatan yang menggunakan smartphone anda, tetapi jika anda salah memilih power bank maka justru akan merusak smartphone anda. 

TIPS MEMILIH POWER BANK YANG BERKUALITAS BAGUS

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara memilih power bank yang berkualitas bagus. Berikut adalah langkah-langkah memilih power bank yang bagus dan berkualitas :

1.  Mengetahui kapasitas / daya power bank
Power bank yang diperjualbelikan terdapat beberapa tipe kapasitas atau daya yang bisa ditampung oleh power bank tersebut, misalnya 3000 mAh, 500 mAh, 6800 mAh dan seterusnya. Ukuran mAh (milliampere-hour) menunjukan ukuran kapasitas baterai. Makin tinggi ukuran mAh menunjukkan kapasitas baterai semakin besar. Semakin besar kapasitas power bank tersebut maka biasanya harganya juga semakin tinggi. Tetapi alangkah baiknya jika anda mengujinya pada samsanug tab atau ipad. Sebagai patokan power bank 5600 mAh seharusnya dapat men-charge 53% - 60% baterai iPad2 yang berkapasitas 6500 mAh. Adanya sebagian daya yang hilang pada saat perpindahan adalah hal yang wajar.

2. Mengetahui kelengkapan power bank
Selain daya, yang wajib anda perhatikan adalah kelengkapan power bank. Kelengkapan power harus benar-benar ada saat anda hendak membelinya. Kelengkapan power bank di antaranya adalah kabel A/C, konektor, lampu indikator, baterai asli. Dianjurkan untuk membeli power bank yang baru saja, karena ini berhubungan daya tahan baterai.

3. Mengetahui tegangan out put
Kabel power bank yang dicolokkan ke gadget biasanya bertuliskan 1A dan 2A, itulah yang menunjukkan ampere. Sebagai contoh jika kita punya ponsel dengan baterai 1500 mAh, maka dengan menggunakan kabel colokan 1A berarti membutuhkan waktu pengisian selama 1,5 jam. Jika menggunakan kabel dengan tulisan 2A maka waktu pengisiannya hanya selama 45 menit. Jika anda memiliki gadget yang mahal dan buatan luar negeri, maka sebaiknya pakailah kabel asli bawaan gadget tersebut saat mengisi menggunakan power bank, karena kabel asli gadget lebih stabil dalam mengeluarkan output daripada kabel bawaan power bank.

4. Mengetahui fitur power bank
Power bank memiliki beberapa fitur yang bermacam-macam, tetapi pilihlah power bank yang memiliki fitur overcharge. Overcharge ini lebih aman anda gunakan jika anda lupa melepas power bank dari smartphone padahal masih dalam keadaan mengisi, karena secara otoamatis power bank akan berhenti mengisi atau meperlambat pengisian saat baterai anda penuh. Ini sangat aman karena bisa menghindarkan anda dari overheat, penggelembungan baterai, atau korsleting.

5. Mengetahui kualitas dan model power bank
Kualitas dan model power bank yang diperjualbelikan sangat beragam, tetapi anda harus cermat dalam menentukan pilihan. Sebaiknya anda memilih power bank dengan kualitas yang bagus, misalnya japan cell atau sanyo, karena kedua cell ini sudah terjamin kualitasnya. Atau bisa memilih merk / brand lain yang sudah teruji kualitasnya. Sedangkan untuk modelnya, alangkah lebih nyaman jika anda memilih model power bank yang ramping dan tidak terlalu besar, agar mudah dibawa pergi.

6. Mengetahui masa garansi power bank
Setiap membeli barang elektronik termasuk power bank, maka seharusnya anda akan mendapatkan garansi. Garansi merupakan jaminan dari penjual atas barang yang telah kita beli, karena barang-barang elektronik sangat rentan akan kerusakan maka anda wajib memperoleh garansi. Pilihlah garansi setidaknya satu tahun agar anda tidak perlu was-was jika power bank anda rusak. Ini juga bisa menjadi indikasi bagus tidaknya kualitas power bank anda.

7. Pertimbangkan kualitas dan harga
Pernahkah anda menjumpai barang murah berkualitas bagus? Rasanya sulit ditemukan, karena biasanya power bank yang berkualitas bagus akan dibanderol dengan harga yang sepadan. Ada harga ada kualitas, mungkin itulah yang harus anda perhatikan saat membeli power bank. Pilihlah power bank dengan harga yang mahal tetapi benar-benar berkualitas, agar smartphone anda awet. Karena jika menggunakan power bank murahan maka smartphone anda akan cepat rusak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.