Latest News

TIPS MENGHILANGKAN RASA PENAT TERMUDAH TERBAIK

Tips Menghilangkan Rasa Penat Termudah Terbaik - Rasa penat dan jenuh pasti pernah dialami oleh siapa pun dan disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda, misalnya penat karena rutinitas pekerjaan yang menumpuk, penat karena jenuh dengan lingkungan yang monoton, atau penat karena putus cinta. Penat adalah gejala psikologi yang secara bahasa berarti merasa letih setelah melakukan aktivitas atau pekerjaan. 

Pada dasarnya penat datang bukan hanya karena faktor dari dalam diri anda saja, tetapi bisa juga karena faktor dari luar. Penat bisa saja diartikan dengan rasa jenuh, bosan, jengah, dan semua itu adalah hal yang harus anda atasi, karena jika rasa penat selalu menghantui anda makan akan berdampak buruk pada kehidupan anda, baik dalam hal pekerjaan, pola hidup, dan sikap atau perilaku.

Tips Menghilangkan Rasa Penat Termudah Terbaik


Orang yang merasa penat cenderung malas dan enggan beraktivitas, yang ada hanyalah lemas dan hanya ingin tiduran saja, kreativitas menurun dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan agar rasa penat tersebut hilang dan membuat anda kembali bersemangat dalam melakukan aktivitas. Berikut beberapa tips menghilangkan rasa penat :

1. Berlibur / Rekreasi
Apakah anda pernah berlibur? Berlibur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa penat anda, apalagi jika anda berlibur bersama orang-orang yang anda sayangi, mungkin keluarga, kerabat, atau pasangan anda. Berlibur bisa anda lakukan saat akhir pekan, dan sebaiknya anda berlibur ke lingkungan yang baru sehingga dapat merefresh otak anda, misalnya berlibur ke pantai, pegunungan, atau obyek wisata alam lainnya. Saat liburan hendaknya anda memilih tempat-tempat yang sejuk, udara yang bersih, dan jauh dari hiruk pikuk. Menurut beberapa penelitian, jika mata memandang obyek yang berwarna hijau akan membuat anda tenang dan damai, dan otak secara otomatis akan merespon perasaan senang anda dengan positif, sehingga anda pn akan kembali segar dan bugar kembali.

2. Memancing
Memancing bagi sebagian orang dianggap sebagai suatu aktivitas yang sia-sia, namun tahukah anda bahwa memancing bisa menghilangkan rasa penat anda. Memancing itu mengasyikkan, apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terdekat anda. Memancing bisa anda lakukan di sungai yang asri, atau di kolam pemancingan. Dengan memancing maka anda bisa melupakan masalah anda, menghilangkan rasa jenuh anda terhadap rutinitas, dan menghilangkan rasa penat anda. Memancing juga bisa melatih konsentrasi anda, karena saat memancing anda harus fokus.

3. Menonton Film
Menonton film bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa penat anda, karena dengan anda melihat film anda akan hanyut dalam alunan cerita film tersebut sehingga masalah-masalah anda terlupakan. Untuk lebih efektif lagi, tontonlah film yang bergenre komedi / humor, karena anda akan tertawa dan ternyata tertawa bisa membuat anda rileks dan menyehatkan. Anda bisa menonton film di bioskop, atau di rumah saja bersama dengan keluarga. 

4. Bermain Game
Bagi anda para gamers, mungkin ngegame adalah sarana yang baik untuk menghilangkan penat anda. Bermain game membuat anda hanyut dalam permainan dan melupakan masalah anda, dan anda akan kembali fresh untuk melakukan aktivitas dan rutinitas anda.

5. Mendengarkan Musik
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Dengan mendengarkan musik otak anda akan merespon dengan positif dari apa yang anda dengarkan, terlebih jika musik tersebut adalah musik yang anda sukai. Anda bisa menggunakan earphone agar anda bisa mendengarkan musik dengan fokus tanpa gangguan suara dari luar. Cobalah untuk melakukannya agar anda bebas dari rasa penat.

6. Meditasi dan Relaksasi
Meditasi adalah aktivitas relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Meditasi dianggap sebagai salah satu pelepas beban hidup, karena dengan meditasi pikiran anda akan fokus dan melupakan rutinitas dan masalah anda. Selain meditasi anda juga bisa melakukan hal sejenis yang sifatnya relaksasi, misalnya yoga dan pilates. Menghela nafas dengan tenang dan teratur akan membuat otak anda kembali segar karena oksigen akan masuk ke tubuh dengan maksimal. 

7. Pijat
Pijat bagi sebagian orang bisa menghilangkan rasa penat anda. Karena mungkin rasa penat anda muncul akibat kelelahan, sehingga dengan pijat anda otot dan syaraf anda yang tegang akan kembali kendor dan rileks. Tubuh yang lelah akan berdampak pada kinerja otak anda menjadi pasif dan malas, sehingga persepsi anda akan negatif terhadap sesuatu. Cobalah untuk memanjakan tubuh anda dengan pijat agar anda kembali segar dan bugar, dan bersemangat menjalani aktivitas. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Obyek Wisata Di Malang Yang Wajib Dikunjungi.