Latest News

TIPS MERAWAT KUCING PERSIA YANG BENAR

Tips Merawat Kucing Persia Yang Benar - Kucing persia merupakan salah satu jenis kucing yang paling digemari oleh sebagian besar orang, karena memiliki keindahan dan kecantikan bulu-bulunya. Selain itu kucing persia memiliki sifat-sifat unik lain yang membuat kita seakan ingin memeliharanya. Beberapa keunikan sifat kucing persia antara lain sifatnya yang manja, tidak terlalu agresif, tenang, dan bulunya yang cantik. Mungkin inilah alasan utama di balik kepopuleran kucing persia.

Kucing peria terbagi menjadi dua macam menurut jenis bulunya, yaitu bulu panjang (long hair persian) dan bulu pendek (exotic short air). Sedangkan menurut variasi warnanya, kucing persia dibedakan menjadi tujuh macam, yaitu Bicolor Division, Himalayan Division, Silver and Golden Division, Solid color, Bicolor Division, Particolor Division, Shaded and Smoke Division. 

Tips merawat kucing persia yang benar


Bagi anda yang memelihara kucing persia, tentu anda harus memperhatikan segala kebutuhan si kucing cantik tersebut agar tetap sehat, indah, dan nyaman tinggal di rumah anda. Pada kesempatan ini kami akan berbagai tips tentang cara merawat kucing persia yang benar agar kucing anda tetap sehat dan anggun. Berikut ini adalah beberapa langkah yang sebaiknya anda lakukan dalam merawat kucing persia :

1. Pemberian  makan
Kucing persia membutuhkan makanan yang teratur dan sesuai dengan kebutuhannya. Dalam memberi makan kucing persia anda, sebaiknya cukup diberi makan 2-3 kali saja dengan porsi yang tidak terlalu banyak, agar tidak menyebabkan obesitas. Kucing persia memiliki tubuh yang padat, sehingga anda sebaiknya tidak memberi makan terlalu banyak. Untuk makanannya, gunakan cat food saja dan sebaiknya tidak memberi daging atau ikan. Karena menurut pengalaman, pemberian daging dan ikan akan mengganggu pertumbuhan bulunya. Dan jangan sampai makan keco, karena bisa menyebabkan kematian. Selalu sediakan air untuk minum. 

2. Vaksinasi
Kucing membutuhkan vaksinasi seperti halnya manusia, termasuk juga kucing persia. Dengan pemberian vaksin tersrbut maka akan dapat menghindarkan kucing dari berbagai jenis penyakit mematikan, di antaranya adalah Feline Viral rhinotracheitis, Calcivirus, Panleukopenia (Feline Distemper). Untuk kucing persia, pemberian vaksin sebaiknya dilakukan oleh dokter yang telah berpengalaman dan sudah terampil dalam menangani kucing persia. Biasanya, pemberian vaksin pada kucing persia dilakukan sejak kucing berusia 3 bulan dan dilakukan 3 kali dalam setahun. Karena pada usia tersebut kucing sudah disapih dari induknya sehingga antibodinya berkurang.

3. Menyisir bulu kucing
Bagi anda penggemar kucing persia, tentu ingin memiliki kucing persia yang berbulu indah dan bersih. Nah, yang harus anda lakukan adalah menyisir bulu-bulunya secara rutin. Sebaiknya anda menyisir bulu kucing persia anda sehari sekali agar bulu-bulunya tetap indah dan bersih. Bisa dilakukan pada pagi atau sore hari.

4. Memandikan kucing
Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing persia yang anda pelihara, sebaiknya anda memandikannya setiap dua minggu sekali. Namun aapabila kucing persia anda sering keluar rumah, maka kotoran yang menempel juga pasti lebih banyak, jadi sebaiknya dimandikan setiap satu minggu sekali. Pada dasarnya tidak ada aturan berapa kali memandikan kucing, tetapi jika sudah kelihatan kotor maka sebaiknya segera dimandikan agar tidak membuat bulu-bulunya rontok. Anda bisa menggunakan sabun khusus kucing yang tersedia di toko-toko hewan peliharaan. Hal yang tidak kalah penting adalah, jika kucing persia anda mengeluarkan kotoran mata setiap pagi sebaiknya segera anda bersihkan menggunakan tisu mata. Karena jika kotoran tersebut jatuh ke bagian hidung dan mengering, maka akan menyebabkan gangguan pernapasan.

5. Membersihkan kandang kucing
Kandang kucing perlu dijaga kebersihannya agar kucing anda nyaman dan sehat. Karena kandang yang kotor akan menyebabkan berbagai macam penyakit karena adanya bakteri. Bersihkan kandang kucing setiap hari agar terjaga kebersihannya. Selain itu, cucilah kandang kucing setiap seminggu sekali. Untuk penempatan kandang, usahakan kandang kucing diletakkan pada ruangan yang terpisah dan sedikit terbuka agar sinar matahari bisa masuk sehingga kucing persia bisa berjemur.

Kucing persia memang memiliki keindahan dan pesona yang menawan, tetapi jika tidak dirawat dan dipelihara dengan baik maka keindahannya akan segera sirna, bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu rawatlah kucing anda dengan baik dan telaten, meskipun agak ribet. Tetapi yakinlah bahwa kucing persia yang bagus dan indah akan membuat anda selalu tersenyum dan semakin menyayanginya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.