Latest News

TIPS SEHAT BERMAIN FUTSAL TERLENGKAP

Tips Sehat Bermain Futsal Terlengkap - Apakah anda suka sepakbola? Jika anda menyukai permainan sepakbola, tentu anda tidak asing lagi dengan futsal. Ya, futsal adalah salah satu jenis permainan bola oleh dua tim, dimana setiap tim hanya beranggotakan 5 pemain saja. Futsal diadakan di dalam ruangan, karena luas lapangannya tidak seperti lapangan sepakbola sesungguhnya. Lapangan futsal berukuran panjang 25-43 m x lebar 15-25 m. Asal kata futsal adalah dari bahasa spanyol atau portugis yaitu futbol dan sala. 

Futsal pertama kali diperkenalkan oleh warga Uruguay yaitu Juan Carlos Ceriani di Uruguay pada tahun 1930. Dalam permainan futsal yang menjadi perhatian dan daya tariknya adalah skill dari seorang pemain, karena dengan luas lapangan yang begitu sempit pemain harus bisa menunjukkan kemampuan olah bolanya dengan bagus agar bola tidak direbut oleh lawan. 

TIPS SEHAT BERMAIN FUTSAL TERLENGKAP


Namun tahukah anda, meskipun lapangan futsal hanya berukuran panjang 25-43 m x lebar 15-25 m namun justru akan sangat memacu jantung anda dan anda akan benar-benar berkeringat dan lelah, karena anda harus selalu bergerak dan berlari dan hampir tak ada waktu untuk beristirahat. Oleh karena itu tidak jarang pemain futsal yang masih amatir maupun profesional mengalami gagal jantung dan berujung kematian. Memang ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan dilakukan oleh siapa pun yang hendak bermain futsal agar tidak trjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama kematian. 

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips saat hendak bermain futsal maupun saat bermain futsal. Berikut ini tips sehat saat bermain futsal :

1. Lakukan pemanasan / warming up
Setiap olahraga membutuhkan pemanasan terlebih dahulu, begitu juga dengan futsal. Sebelum bermain futsal lakukanlah dulu pemanasan yang tujuannya untuk merenggangkan otot, adaptasi tubuh, dan terutama menghindari cedera. Jika anda bermain futsal tanpa pemanasan maka sangat berpotensi terkena ceera karena memang otot anda belum dipanaskan / terbiasa. Anda bisa melakukan pemanasan dengan cara lari-lari kecil mengelilingi lapangan, stretching, atau pemanasan lain agar otot anda lemas dan siap bermain futsal.

2. Jangan makan berat sebelum main futsal
Makan berat sebelum futsal idealnya dilakukan 2 atau 3 jam sebelum bermain, karena jika anda makan berat 30 menit atau bahkan 15 menit sebelum bermain maka dijamin anda akan lemas, perut terasa panas, dan nyeri di bagian pencernaan / perut kanan. Hindari juga minuman berenergi dan minuman yang mengandung kafein sebelum futsal karena jantung anda akan berdegup kencang dan membuat anda cepat lelah.

3. Gunakan sepatu khusus futsal
Untuk bermain futsal anda membutuhkan sepatu khusus yang dibuat untuk futsal. Biasanya ada tiga macam jenis bahan sepatu futsal, misalnya kulit, kain, dan bahan imitasi. Untuk solnya, pilihlah sepatu futsal yang lentur, agak tebal, dan harus keset / tidak licin. Tujuan penggunaan sol yang demikian adalah agar kaki terlindung dari benturan-benturan dan tidak mudah terpeleset, karena rumput sintesis dan beton cukup licin.

4. Lakukan pendinginan setelah bermain futsal
Ketika anda bermain futsal maka otot-otot anda dalam keadaan tegang, untuk itu anda wajib melakukan relaksasi agar otot kembali lemas. Jangan menekuk kaki setelah bermain futsal karena itu dapat memicu varises.

5. Jangan langsung mandi setelah bermain futsal
Kebiasaan buruk yang harus dihindari setelah berolahraga adalah langsung mandi setelah berolahraga / futsal, karena itu dapat menyebabkan sakit dan berujung pada kematian. Saat anda selesai berolahraga dan berkeringat maka saat itu tubuh anda dalam suhu yang panas dan pori-pori kulit terbuka untuk mengeluarkan panas tubuh. Nah jika anda mandi saat seperti itu makan panas tubuh tidak akan keluar dan kerja kelenjar keringat menjadi terganggu. Dampak yang dirasakan biasanya tubuh menjadi menggigil / merinding, pori-pori kulit melebar dan dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah.

6. Hindari minum air dingin setelah futsal
Setalah anda berkeringat dan haus, maka mungkin dalam pikiran anda hanyalah air dingin yang segar. Tapi jangan salah, minum air dingin setelah futsal justru dapat berbahaya bagi kesehatan anda.Hal ini sama saja dengan mandi setelah futsal, yang dapat menyebabkan anda menggigil dan terjadi penyempitan pembuluh darah. Itu artinya aliran oksigen ke jantung akan terhambat dan bisa menyebabkan jantung anda berhenti bekerja. Minumlah air yang bersuhu normal, atau yang agak hangat lebih baik agar sesuai dengan suhu tubuh anda.

7. Hindari merokok setelah futsal
Setiap jenis rokok mengandung nikotin yang dapat mengahambat aliran oksigen ke paru-paru dan jantung anda. Setelah bermain futsal jantung anda dalam keadaan berpacu dan sangat membutuhkan oksigen, dan jika anda merokok maka supali oksigen ke jantung dan paru-patru akan terhambat. Lalu apa risikonya? Tentu anda bisa menyimpulkannya sendiri.

8. Jaga kondisi tubuh
Sebelum anda bermain futsal tentunya anda bisa menilai kondisi tubuh anda sendiri, apakah fit atau sedang loyo. Nah di saat kondisi tubuh anda fit maka boleh saja bermain futsal, tetapi saat kondisi tubuh drop makan lebih baik anda menunda dulu keinginan untuk bermain futsal. Kondisi tubuh yang buruk akan membuat anda tidak maksimal dalam bermain dan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan anda sendiri.

Olahraga bertujuan menyehatkan badan, tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah maka bisa jadi justru bukan kesehatan yang anda dapatkan namun kesakitan. Silakan terapkan tips-tips di atas dengan benar agar terhindar dari hal yang merugikan anda. Nah demikian beberapa tips dari Constiti, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik. 

Para pembaca yang saya cintai, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat maka silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.