Latest News

TIPS SEHAT MAKAN DURIAN TERBAIK

Tips Sehat Makan Durian Terbaik - Durian adalah salah satu buah yang paling disukai oleh banyak orang, karena selain rasanya yang super lezat durian juga memiliki aroma dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini mempunyai tekstur kulit yang tajam dan berlekuk seperti duri. Namun demikian banyak juga orang yang tidak menyukai durian karena baunya yang wangi nan menyengat, tetapi ada juga yang menghindari durian karena takut terkena penyakit darah tinggi (hipertensi). 

Menurut penelitian, durian memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga akan menaikkan tekanan darah. Tetapi jika anda makan durian tidak terlalu banyak anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Dalam 100 g salut biji durian mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

Tips Sehat Makan Durian Terbaik


Nah bagi anda yang ingin makan durian tetapi takut dengan efek sampingnya, simaklah tips sehat makan durian berikut ini. Berikut ini adalah tips sehat makan durian :

1. Memilih durian
Sebelum anda makan durian, anda sebaiknya memilih durian yang tidak terlalu masak, karena durian yang terlalu masak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga membuat anda cepat pusing dan hipertensi. Pilihlah durian yang masak tetapi masih berwarna hijau, karena kandungan kolesterolnya lebih sedikit. 

2. Makan durian
Dalam konsumsi durian, sebaiknya anda tidak berlebihan karena durian mengandung lemak yang cukup tinggi. Kelebihan makan durian akan membuat suhu badan anda naik, karena tekanan darah akan meningkat. Jika anda makan durian, cukup makan 3-5 biji saja agar tidak menyebabkan darah tinggi dan pusing. Durian memiliki sifat yang panas, sehingga bagi anda yang sedang hamil dan penderita diabetes sebaiknya tidak makan durian. 

3. Setelah makan durian
Setelah makan durian, sebaiknya anda tidak minum minuman beralkohol atau minuman bersoda karena sangat berbahaya bagi anda. Alkohol dan soda mengandung gas dan bersifat panas, jika bercampur durian dalam tubuh maka akan membuat suhu tubuh anda semakin panas dan merusak organ-organ tubuh anda. Durian bersifat panas dan bisa memabukkan. Hal ini bisa menyebabkan kematian. 

4. Menetralisir durian
Banyak orang yang percaya, jika setelah makan durian sebaiknya makan buah manggis agar tubuh menjadi netral. Pada dasarnya, durian adalah buah yang panas karena mengandung lemak cukup tinggi sehingga tubuh akan terasa panas setelah makan durian. Sedangkan manggis adalah buah yang bersifat dingin, sehingga buah manggis dapat mentralisir panas durian dalam tubuh. 

5. Manfaatkan getah durian
Setelah makan durian anda bisa melakukan hal ini untuk membuat perut anda nyaman dan menghilangkan aroma durian yang menyengat. Caramya adalah dengan menuangkan air putih ke dalam kulit durian bagian dalam yang berisi da­ging durian yang telah dimakan. Kemudi­an, minum air putih tadi. Ge­tah pada kulit durian yang su­dah dibelah itu memiliki zat yang disebut anti-dotum. Zat inilah yang bermanfaat membuat pe­rut tetap nyaman serta meng­hilangkan aroma durian. 

Meskipun durian tidak bersahabat dengan ibu hamil dan penderita diabetes, tetapi durian juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jangan takut makan durian, asalkan anda bisa mengontrol diri anda dan cobalah tips-tips di atas agar tetap sehat setelah makan durian. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.