Latest News

TIPS SEHAT MELAKUKAN KARDIO TERLENGKAP

Tips Sehat Melakukan Kardio Terlengkap - Anda ingin mempunyai tubuh yang berotot dan kekar? Jika iya, maka olahraga kardio adalah salah satu sarana yang tepat untuk mewujudkannya. Cardio adalah olahraga yang melibatkan otot besar dalam tubuh, atau bisa juga disebut dengan olahraga yang gerakannya bertujuan untuk memacu detak jantung dan membakar kalori. Beberapa contoh kardio antara lain lari, jalan cepat, bersepeda, futsal, basket, renang, senam aerobik, dan olahraga yang memacu jantung lainnya. Olahraga ini mampu memacu jantung sekitar 60%-85% dari keadaan normal. 

Kardio sangat efektif membakar kalori dalam tubuh anda, jadi bagi anda yang ingin melangsingkan tubuh dengan cara berolahraga maka kardio adalah yang paling tepat. Kardio dapat dengan cepat membakar lemak dalam tubuh anda, kardio menguras tenaga dan energi tetapi oksigen yang masuk ke dalam tubuh juga sangat banyak sehingga sangat baik untuk kesehatan anda. Namun dalam melakukan kardio anda harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus anda lakukan, agar kardio berdampak positif, bukan menjadi musibah bagi anda.

Tips Sehat Melakukan Kardio Terlengkap


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai hal-hal penting saat melakkan kardio. Berikut adalah beberapa hal yang wajib anda perhatikan saat melakukan kardio :

1. Durasi kardio
Melakukan kardio membutuhkan penyesuaian dari tubuh anda, jadi anda tidak boleh serta merta melakukan kardio tanpa aturan. Bagi para pemula, cukup dengan 10 menit untuk setiap sesi, dan durasinya bisa ditambah jika anda sudah terbiasa dan nyaman melakukannya. Umumnya, kardio bagi orang yang telah terbiasa dilakukan selama 20-60 menit untuk satu sesi. 

2. Frekuensi kardio
Kardio adalah olahraga yang menguras banyak tenaga dan melelahkan, jadi sebaiknya anda membuat jadwal yang tepat untuk melakukannya. Pada umumnya, bagi anda para pemula cukup 3 kali seminggu melakukan kardio, dan frekuensinya bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Namun bagi yang mempunyai masalah obesitas berat, bisa melakukan kardio 5 kali seminggu atau bahkan setiap hari. Yang wajib anda perhatikan adalah pastikan tubuh anda fit untuk melakukan kardio ini.

3. Menu makanan
Sebelum melakukan kardio, hendaknya anda menghindari makan besar karena itu akan menghambat anda dalam melakukan kardio, mungkin anda kehilangan power, atau bahkan sakit perut. Cukup dengan mengkonsumsi makanan berprotein seperti telur rebus. Makanlah telur rebus 30 menit sebelum melakukan kardio untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Melakukan pemanasan dan pendinginan
Kardio adalahkegiatan yang menguras banyak keringat sehingga mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh anda. Jadi, saat hendak melakukan kardio anda harus melakukan pemanasan / warming up terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya cedera yang sangat mungkin terjadi. Begitu juga setelah melakukan kardio, anda harus melakukan pendinginan yang bertujuan untuk melemaskan otot-otot anda yang kaku dan tegang agar kembali kendor / rileks. Pendinginan sangat berguna untuk menjaga anda dari serangan jantung yang bisa terjadi setelah seseorang melakukan aktivitas berat, karena saat anda berhenti kardio maka darah menggumpal dalam otot. Untuk itu lakukanlah pendinginan setelah kardio. Jika haus maka minumlah air putih yang netral, artinya tidak dingin dan mudah menetralisir suhu tubuh. 

5. Lakukan kardio secara bervariasi
Kardio bisa anda lakukan di dalam ruangan, misalnya di gym atau pusat kebugaran. Tetapi anda sebaiknya sesekali mencoba melakukan kardio di luar ruangan dengan jenis olahraga yang berbeda dari biasanya, misalnya bersepeda, lari, mendayung, dan lain-lain. Ini akan membuat anda terhindar dari rasa jenuh dan monoton. Akan lebih menyenangkan lagi jika anda lakukan bersama dengan teman-teman anda.

Sayangi tubuh anda dengan berolahraga karena olahraga dapat menyehatkan tubuh anda. Kesehatan tidak akan datang dengan cuma-cuma tanpa adanya usaha dari anda sendiri. Kardio merupakan pilihan tepat untuk menjaga kebugaran tubuh anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.