Latest News

APA PENYEBAB GUSI BERDARAH?

Apa Penyebab Gusi Berdarah? Tahukah anda apa fungsi gusi bagi gigi? Gusi atau gingiva merupakan pelindung akar gigi yang terdiri dari jaringan mucosa yang menutupi tulang rahang. Gusi yang sehat akan membuat mulut tidak berbau dan akar gigi semakin kuat. Namun jika gusi tersebut tidak sehat maka akan berdampak pada gigi anda dan mulut anda.

Bau mulut ditentukan oleh faktor makanan, kondisi ggi, dan juga kondisi gusi. Gusi yang tidak sehat biasanya membengkak, berwarna merah, putih, dan menggembung atau bulat. Kesehatan gusi bisa dilihat dari warnanya, karena warna asli gusi adalah coral pink. Salah satu penyakit yang harus segera ditangani adalah pendarahan pada gusi. Pendarahan pada gusi akan membuat akar gigi melemah dan tentunya membuat anda enggan tersenyum. 
Apa penyebab gusi berdarah
Ilustrasi gusi berdarah

Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai penyebab gusi berdarah. Berikut ini adalah beberapa penyebab gusi berdarah :

1. Peradangan gusi
Gusi juga bisa mengalami peradangan (inflamasi) yang membuat gusi tersebut membengkak dan mengeluarkan darah, rasanya pun akan sakit dan perih. Penyakit radang gusi ini dalam dunia medis disebut dengan gingivitas (radang gusi), dan sangat berbahaya bila tidak segera ditangani. Radang gusi disebabkan oleh plak bertekstur keras yang dihasilkan oleh bakteri, lendir, atau sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan karang gigi. Untuk itu jagalah kebersihan mulut dan gigi anda setiap hari agar terhindar dari radang gusi. 

2. Gangguan pendarahan
Pendarahan bisa diakibatkan oleh kadar gula yang tinggi dalam tubuh manusia. Penderita diabetes sangat risak terkena masalah dalam rongga mulutnya, salah satunya adalah pendarahan gusi. Gusi berdarah merupakan salah satu gejala dari diabetes, karena penderita diabetes darahnya sulit membeku dan gusi dan mulut seringkali menjadi tempat pertama di mana gejala itu muncul. Gangguan pendarahan juga bisa disebabkan karena Idiopatik trombositopenia purpura (ITP), yaitu kelainan yang berupa gangguan autoimun yang mengakibatkan trombositopenia oleh karena adanya penghancuran trombosit secara dini dalam sistem retikuloendotel akibat adanya autoantibody terhadap trombosit yang biasanya berasal dari Immunoglobulin G.

3. Kebersihan mulut yang buruk
Seperti yang terurai di poin pertama, bahwa kebersihan mulut sangat menentukan kesehatan gigi dan gusi anda. Gusi yang berdarah merupakan dampak dari mulut yang tidak bersih, sehingga bakteri dan kuman dalam mulut akan menyerang semua komponen dalam rongga mulut, terutama gigi dan gusi. Mungkin anda berpikir cukup dengan menggosok gigi sehari 3 kali saja mulut sudah  bersih, tetapi pasti ada plak atau sisa-sisa makanan yang tidak bisa terjangkau oleh sikat gigi anda. Cobalah untuk rutin membersihkan mulut dan gigi ke dokter gigi terdekat, atau bisa menggunakan cairan kumur seperti listerine atau produk lain agar kebersihan mulut dan kesehatan gusi anda tetap terjaga.

4. Perubahan hormon
Penyebab gusi berdarah yang satu ini adalah sebab yang normal, karena pada umumnya dialami oleh wanita yang hamil. Pada saat hamil, wanita cenderung rentan terhadap infeksi dan virus sehingga mudah sakit. Selain itu wanita yang hamil juga mengalami gusi yang sensitif atau disebut dengan gingivitas kehamilan. Gusi sesnsitif ini disebabkan oleh perubahan dan fluktuasi hormon sehingga meningkatkan aliran darah ke gusi atau jaringan tubuh lain. Jadi saat anda hamil dan mengalami gusi berdarah, mungkin itu karena faktor hormonal. 

5. Periodontal
Periodontal merupakan masalah serius, karena penyakit ini menyerang jaringan pendukung gigi, yaitu gusi dan jaringan periodontal. Penyebab dari munculnya penyakit periodontal salah satunya adalah radang gusi yang tidak ditangan dengan baik sehingga akan terakumulasi dan menimbulkan penyakit periodontal. Penyakit periodontal tidak hanya menyerang gusi saja, tetapi menyerang ke berbagai jaringan dan tulang yang berkaitan dengan gigi. Ciri-cirinya adalah gusi mengeluarkan darah disertai dengan nanah. Bahkan jika tidak segera diobati akan membuat gigi tanggal karena akar gigi yang semakin melemah.

Kebersihan gigi, gusi, dan mulut anda adalah hal yang wajib anda perhatikan dan prioritaskan. Berbagai cara mudah bisa anda lakukan, termasuk dengan menyikat gigi setiap selesai makan dan menjelang tidur, serta periksa ke dokter gigi secara rutin. Ini akan membantu anda dalam menghindari gusi berdarah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.