Latest News

CARA AGAR IBU HAMIL BISA TIDUR NYENYAK PALING AMPUH

Cara Agar Ibu Hamil Bisa Tidur Nyenyak Paling Ampuh - Salah satu fase terpenting bagi seorang ibu adalah saat ia sedang mengandung (hamil), karena di saat hamil tersebut seorang ibu akan mengalami hal-hal yang tidak biasa, atau belum pernah dialami sebelumnya, khususnya pada saat kehamilan pertama. Saat hamil muda sering mual, pusing, lemas, dan terasa malas. Sedangkan saat hamil tua kondisi fisik akan mudah lelah, berat, dan bahkan tidur pun tidak bisa nyenyak.

Ibu yang hamil tua (usia kehamilan 6-9 bulan) pasti akan memiliki badan yang besar (gemuk), dan perut juga semakin membesar. Tentunya hal ini akan membuat tidur anda kurang nyenyak karena beberapa kendala saat hamil. Namun ada baiknya anda mencoba melakukan beberapa usaha agar tidur anda nyenyak, karena jika tidur tidak nyenyak maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anda, dan secara otomatis akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan anda. 

Cara Agar Ibu Hamil Bisa Tidur Nyenyak Paling Ampuh


Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai beberapa cara agar ibu hamil bisa tidur nyenyak. Berikut adalah beberapa tipsnya :

1. Tempat tidur yang nyaman
Jika anda ingin tidur nyenyak maka hal pertama yang harus anda siapkan adalah tempat tidur yang nyaman. Nyaman di sini berarti bersih, tidak pengap, nyaman saat ditiduri, dan bebas dari hal-hal bising yang dapat mengganggu tidur anda. Buatlah desain kamar tidur anda sesuai dengan fantasi dan keinginan anda, sehingga anda pun akan merasa nyaman saat berada di dalamnya.

2. Mengatur suhu dalam kamar
Saat sedang hamil, tubuh akan cepat merasa lelah dan suhu tubuh akan naik sehingga badan menjadi panas dan gerah, dan tidur pun tidak akan bisa nyenayak. Oleh karena itu cobalah untuk mengatur suhu kamar anda disesuaikan dengan suhu tubuh anda, agar tidur anda tetap nyenyak dan berkualitas. Anda bisa menggunakan AC (pendingin ruangan) atau dengan cara membuka sedikit jendela kamar untuk ventilasi agar sirkulasi udara lancar, sehingga akan membuat anda sejuk dan tidak merasa gerah. 

3. Posisi tidur menyamping
Saat kandungan memasuki usia 6 bulan ke atas dan perut semakin membesar, maka posisi yang paling tepat untuk ibu hamil adalah tidur menyamping. Posisi tidur menyamping mempunyai beberapa manfaat, seperti melancarkan peredaran darah dan nutrisi ke janin, menghindari sakit punggung, pernapasan lancar, kandungan aman, dan tentunya membuat tidur anda menjadi nyenyak. Anda bisa merubah arah, dari menyamping kanan ke kiri jika merasa tidak nyaman.

4. Lampu dimatikan
Tidur dengan lampu padam baik bagi kesehatan anda dan juga otak anda, jadi sebaiknya anda matikan lampu saat tidur malam hari. Sebaliknya jika tidur dengan keadaan lampu menyala berpotensi menimbulkan kanker payudara, memperlambat pertumbuhan hormon melatonin, dan membuat tidur anda kurang nyenyak. Namun untuk hal ini setiap orang mempunyai kebiasaan masing-masing, tetapi saran dari kami adalah mematikan lampu saat tidur.

5. Aktivitas sebelum tidur
Ibu hamil sebaiknya menghindari aktivitas berat menjelang waktu tidur, karena akan membuat capai dan jika terlalu capai maka akan sulit tidur meskipun mengantuk. Lakukan aktivitas-aktivitas ringan sebelum tidur, seperti membaca buku, nonton TV, atau sekadar mendengarkan musik kesukaan. 

6. Penggunaan bantal
Saat tidur, ibu hamil tidak bisa seperti orang pada umumnya karena secara fisik kondisinya berbeda. Untuk kenyamanan dan tidur yang nyenyak, cobalah menggunakan beberapa bantal untuk ditindih di beberapa titik seperti di kepala dan badan dengan posisi tidur telentang. Tujuannya adalah membuat posisi badan lebih tinggi daripada tidur pada umumnya. Ini juga akan membantu diafragma, memperlancar pernapasan anda dan baik untuk janin anda. 

7. Hindari ngemil menjelang tidur
Ngemil memang asyik, apalagi jika makanannya adalah kesukaan anda. Tetapi jika anda ingin tidur anda nyenyak dan pulas, cobalah untuk menghindari ngemil menjelang waktu tidur. Karena jika anda ngemil biasanya akan terjaga dari tidur (susah tidur), dan membuat lemak dalam tubuh semakin meningkat. Usahakan tidak makan apa pun setidaknya 3 jam sebelum tidur agar perut tidak terasa panas.

Ibu hamil wajib menjaga kondisi tubuhnya dan juga janinnya, salah satunya dengan istirahat (tidur) yang berkualitas. Cobalah tips-tips di atas jika anda mengalami susah tidur nyenyak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Terbaik Mengatasi Obesitas Pada Anak.