Latest News

CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG PALING AMPUH

Cara Mengatasi Perut Kembung Paling Ampuh -  Pernahkah anda mengalami perut kembung? Kembung adalah kondisi dimana terdapat terlalu banyak gas di dalam saluran cerna, kerongkongan , perut lambung, usus kecil, atau usus besar. Kondisi ini dapat menyebabkan perut terasa kembung bersendawa dan kentut. Biasanya orang yang kentut 10-22 kali dalam sehari. Gas tersebut bisa dikeluarkan melalui tiga cara, yaitu bersendawa, kentut, dan diserap ke dalam darah dan dikeluarkan melalui paru-paru.

Perut kembung bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah makan dan minum terlalu cepat, merokok, konsumsi minuman berkarbonasi, terlambat makan, tidur tanpa alas di lantai pada malam hari, dan masih banyak lagi penyebab perut kembung. Pada saat perut kembung, maka kita akan merasa perut menjadi keras dan ketika dipukul pelan dengan jari tangan maka akan berbunyi. Ini menunjukkan terdapat gas / udara berlebihan dalam perut.



Perut kembung harus segera diatasi karena perut kembung bisa menyebabkan serangan jantung dan masalah pernapasan. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi perut kembung paling ampuh. Berikut adalah tips-tipsnya :

1.Minuman hangat
Minuman hangat dipercaya dapat mengatasi perut kembung karena akan menenangkan perut dan membuang gas berlebihan dalam perut. Minuman hangat yang dianjurkan antara lain teh hangat, susu hangat, wedang jahe, atau minuman yang biasa disajikan dalam keadaan hangat. 

2. Kompres perut
Mengatasi perut kembung juga bisa diatasi dengan cara mengompres perut dengan botol yang telah diberi air panas, sampai anda merasa lega karena kentut. Atau bisa juga dengan alat kompres listrik seperti bantal pemanas yang berisi rempah-rempah, anda bisa mendapatkannya di Surya Medya Yogyakarta, Jl. Kaliurang Gang Ungaran No B-06 Kentungan Yogyakarta).Bantal ini sangat efektif menghilangkan perut kembung dan pegal-pegal. Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat Bantal Kesehatan Surya Medya, silakan anda baca di sini.

3. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih biasa digunakan untuk menghangatkan badan atau saat anda pusing dan mabuk perjalanan. Minyak kayu putih bisa juga digunakan untuk menghilangkan perut kembung dengan cara dioleskan merata ke bagian perut sambil digosok-gosok. 

4. Makan
Makan adalah ememasukkan makanan ke dalam tubuh mulut untuk kemudian dicerna di salam sistem pencernaan. Nah, agar udara cepat hilang maka anda sebaiknya segera makan untuk mengisi perut anda yang kosong. Namun saat makan kunyahlah pelan-pelan sampai halus baru kemudian ditelan, jangan sampai makan terlalu cepat karena akan semakin banyak udara yang masuk ke dalam perut. Hindarilah sementara makanan yang mengandung gas seperti brokoli, buncis, lobak, durian, nangka, ubi jalar, singkong, kacang-kacangan, makanan pedas es krim dan minuman bersoda. 

5. Daun jarak
Daun jarak banyak ditemui di pedesaan dan manfaatnya cukup banyak, salah satunya adalah untuk menghilangkan kembung. Caranya cukup mudah, cukup gunakan daun jarak, banyaknya daun jarak yang akan digunakan sesuai dengan ukuran perut yang sakit, lalu daun jarak diolesi minyak kelapa, dan dihangatkan dengan api, kemudian tempelkan daun jarak tersebut di perut. Lakukan cara ini sampai anda merasa lega, yang ditandai dengan kentut atau bersendawa. 

Nah semoga cara-cara tersebut dapat membantu anda mengatasi perut kembung yang mengganggu aktivitas anda dan mengurangi nafsu makan anda. Cara-cara alami di atas tidak berefek samping, jadi aman untuk dilakukan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.