Latest News

CARA TERBAIK MENGATASI OBESITAS PADA ANAK

Cara Terbaik Mengatasi Obesitas Pada Anak - Anak yang terlalu gemuk membuat si anak berisiko terkena berbagai macam penyakit dan kelainan, misalnya masalah pernapasan, tidak leluasa bergerak, atau bahkan minder dengan teman-temannya. Masalah obesitas pada anak adalah masalah serius yang harus segera diatasi, tentunya oleh orang tua si anak. Orang tua harus memperhatikan kesehatan dan perkembangan sang anak sedini mungkin agar sang anak tumbuh sehat dan kuat. 

Pada dasarnya obesitas bukan masalah yang tidak bisa diatasi, tetapi obesitas bisa diatasi dengan cara-cara yang sederhana dan mudah. Obesitas lebih banyak dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup ana itu sendiri, jadi anda bisa merubahnya. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengatasi obesitas pada anak. 

Cara Terbaik Mengatasi Obesitas Pada Anak


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi obesitas pada anak anda :

1. Menyusun jadwal makan anak
Orang tua harus pandai-pandai dalam mengatur pola makan anaknya, karena pola makan yang tidak teratur dan berlebihan dapat memicu obesitas pada anak. Buatlah jadwan makan untuk anak anda dengan benar, misalnya 3 kali sehari. Ini berarti orang tua harus membatasi makan anak agar tidak berlebihan. Selain jadwal makan besar tersebut orang tua harus tetap mengawasi makanan yang dikonsumsi sang anak, dan hindarkan dari makanan cepat saji. 

2. Menjaga kualitas makanan
Kualitas makanan yang disajikan untuk anak-anak anda harus baik, dalam arti makanan tersebut terbebas dari kandungan-kandungan berbahaya, seperti bahan pengawet, pemanis buatan, lemak berlebih, serta kandungan berbahaya lain. Untuk melakukan hal itu alangkah baiknya jika anda memasaknya sendiri dengan pengolahan yang baik, dan jangan terlalu sering membeli makanan cepat saji / di luar karena kualitas makanannya belum terjamin. Sebaiknya anda memperkenalkan kepada anak anda dengan makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein. Meskipun terkadang sulit tetapi anda harus tetap berusaha dan pelan-pelan sampai anak terbiasa dan mau.

3. Berikan bekal makanan untuk anak
Saat anak memasuki usia sekolah, praktis anda tidak bisa mengawasinya secara penuh dalam hal konsumsi makanan. Nah untuk itu alangkah baiknya jika anda membekali anak anda dengan makanan hasil masakan anda sendiri yang telah terjamin kualitas dan kuantitasnya. Jika anak anda enggan sarapan sebelum berangkat sekolah maka anda bisa membekalinya dengan makanan untuk dibawa ke sekolah, agar anak tetap memakannya dan tidak jajan sembarangan. 

4. Mengajak anak beraktivitas di luar
Dunia anak adalah dunia bermain, jadi sudah sewajarnya jika anak anda lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Bermain selain dapat mengasah kreativitas dan ketrampilan, juga bisa membakar kalori dan lemak dalam tubuh anak anda sehingga terhindar dari obesitas. Ajaklah anak berlari-lari, bersepeda, bermain lompatan atau aktivitas lain yang membutuhkan banyak tenaga. Dengan begitu kalori akan terbakar dan anak anda menjadi sehat dan aktif.

5. Batasi aktivitas diam / duduk 
Anak mempunyai hak untuk bermain game, menonton TV, atau bermain komputer. Tetapi orang tua juga wajib membatasinya karena jika anak anda terlalu lama duduk karena nonton TV dan bermain game, maka kalori dalam tubuh tidak difungsikan sehingga akan menjadi lemak yang menumpuk dalam tubuh anak. Inilah yang menyebabkan obesitas. Batasilah kegiatan "malas" anak anda, dan bisa dialihkan pada aktivitas yang aktif bergerak. 

Anak yang sehat adalah idaman semua orang tua, dan untuk mencapai itu anda sebagai orang tua wajib mendidik dan menjaga anak anda untuk membiasakan pola hidup sehat. Lakukan cara-cara di atas untuk mengatasi kegemukan pada anak anda. Semoga bermanfaat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Penyebab Obesitas Pada Anak.