Latest News

MANFAAT SARAPAN BAGI KESEHATAN TUBUH

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh - Sarapan adalah mengkonsumsi makanan di pagi hari antara pukul 06.00 s/d 10.00 dan sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Apakah anda selalu sarapan sebelum memulai aktivitas di pagi hari? Jika anda selalu sarapan sebelum beraktivitas, maka itu adalah hal positif bagi anda. Tetapi jika anda sering melewatkan sarapan maka anda perlu membaca artikel tentang manfaat sarapan berikut ini. 

Sarapan sangat dianjurkan untuk anda lakukan setiap hari karena dengan sarapan maka akan menjaga kesehatan pencernaan anda. Menu yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan yang berserat tinggi dan mengandung protein, dan low fat (rendah lemak). Sarapan disinyalir sebagai waktu makan yang paling penting di antara waktu makan lain (makan siang dan makan malam) dengan alasan kesehatan. 

Inilah Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda, bahkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Ada yang mengatakan bahwa saat sedang diet maka jangan sampai sarapan karena akan menggagalkan diet. Padahal jika anda sarapan (makan di pagi hari) secara teratur dan benar maka akan membuat tubuh anda selalu sehat. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh anda :

1. Memberikan nutrisi bagi otak
Manfaat pertama dari sarapan adalah memberikan nutrisi bagi otak anda sehingga kerja otak menjadi optimal. Sarapan dengan menu yang bergizi tinggi mampu membuat otak anda bekerja maksimal, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan otak dalam memecahkan masalah, dan menjaga otak anda menjadi lebih fokus. Jadi bagi anda para karyawan, pelajar, mahasiswa, atau pekerjaan lain yang bertumpu pada kinerja otak, sebaiknya sarapan dengan menu yang sehat seperti telur, keju, sedikit karbohidrat (nasi), dan buah-buahan. 

2. Meningkatkan imunitas tubuh
Ketahanan tubuh(imunitas) setiap orang berbeda-beda, tetapi yang jelas sarapan dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit atau virus. Mengkonsumsi makanan sehat di pagi hari akan membuat tubuh anda sehat dan fit, sehingga akan lebih kuat menagkal berbagai penyakit yang menyerang, seperti flu, stroke, penyakit jantung, atau berbagai penyakit berbahaya lainnya. Konsumsilah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya, seperti protein, serat, vitamin C, karbohidrat, dan makanan sehat lainnya.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Pencernaan yang sehat akan menghasilkan metabolisme yang lancar dan akan berdampak positif bagi kesehatan anda. Salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan sarapan secara rutin dan teratur, karena pada pagi hari sistem pencernaan kita akan mulai bekerja. Pencernaan dalam tubuh membutuhkan stimulus (rangsangan) yaitu berupa makanan yang kita konsumsi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan sarapan tersebut maka akan merangsang kerja peristaltik usus untuk mengeluarkan makanan yang lama dan merangsang pengeluaran enzim di dalam pencernaan. Setelah makanan yang baru telah masuk, maka makanan yang lama akan dikeluarkan dalam bentuk kotoran sebagai bagian dari proses detoksifikasi tubuh kita. Jika anda tidak sarapan maka akan muncul masalah pada pencernaan dan lambung anda. Jadi jangan sampai melewatkan makan di pagi hari.

4. Meningkatkan energi tubuh
Saat anda mengkonsumsi makanan di pagi hari, maka makanan tersebut akan diolah menjadi energi atau kekuatan yang anda butuhkan untuk menjalani aktivitas sehar-hari. Nah, oleh karenanya sarapan sangat penting anda lakukan agar anda tidak lemas dan lesu, karena makanan yang anda konsumsi akan dikonversi menjadi tenaga. Saat malam hari tubuh kehilangan banyak energi, dan gula darah akan turun di pagi harinya. Glukosa adalah salah satu unsur terpenting untuk meningkatkan kekuatan tubuh / tenaga, jadi minumlah teh manis di setiap sarapan.

5. Mempermudah program diet
Bagi anda yang sedang diet, jangan takut untuk sarapan karena justru dengan sarapan itulah akan mempermudah program diet anda. Karena dengan sarapan maka proses metabolisme menjadi lancar dan meningkatkan kinerja tubuh dalam membakar lemak. Analoginya, jika anda sarapan di pagi hari dengan menu makanan sehat dan tidak berlebihan maka anda akan mampu menahan rasa lapar di siang hari. Tetapi jika anda tidak sarapan maka anda akan merasa sangat lapar, dan biasanya akan ngemil atau makan siang dengan porsi yang besar. Ngemil dan makan dengan porsi besar itulah yang menggagalkan diet anda karena mengandung banyak lemak dan kolesterol jahat. 

Sarapan bagi sebagian orang memang tidak terlalu penting, tetapi yang pasti adalah sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh anda. Kesimpulannya, jika anda ingin memili tubuh yang sehat dan bugar maka sebaiknya anda sarapan setiap hari dengan menu yang sehat dan bergizi tinggi, serta rendah lemak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.