Latest News

PENYEBAB OBESITAS PADA ANAK

Penyebab Obesitas Pada Anak - Anak merupakan anugerah dan harta yang paling berharga bagi orang tua, dan dalam kondisi apa pun orang tua akan mendidik dan merawat anaknya dengan penuh kasih sayang. Tentunya setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh sehat, kuat, pintar, dan berbakti kepada orang tua. Untuk itu sebagai orang tua kita harus menjaga kesehatan anak kita dengan sebaik-baiknya dan itu harus dilakukan sedini mungkin. Salah satu masalah serius pada anak adalah masalah kegemukan (obesitas).

Pengertian obesitas adalah sebuah kondisi dimana lemak dalam tubuh yang berlebih dan terakumulasi. Obesitas tidak baik bagi kesehatan, karena orang dengan obesitas lebih berisiko terkena berbagai macam penyakit dan bahkan berpotensi mempercepat kematian. Begitu juga dengan anak-anak anda, jika anak-anak anda mengalami masalah kegemukan yang tidak wajar maka sebaiknya anda mengambil langkah untuk mengatasinya. Obesitas pada anak membuat si anak mengalami berbagai masalah, seperti rasa minder karena diejek teman-teman, terkena penyakit pernapasan, diabetes, sulit bergerak dan beraktivitas, dan berbagai masalah lain.

Penyebab Obesitas Pada Anak


Lalu apa sebabnya anak bisa mengalami masalah kegemukan / obesitas? Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi megenai penyebab obesitas pada anak. Berikut ini adalah beberapa penyebab obesitas pada anak :

1. Faktor makanan
Penyebab munculnya masalah kegemukan pada anak salah satunya adalah faktor makanan yang dikonsumsi. Anak-anak cenderung gemar mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji yang mengandung lemak tinggi dan juga kadar gula yang tinggi pula, belum lagi bahan-bahan lain yang tidak baik bagi tumbuhkembang anak. Makanan cepat saji misalnya, burger, junk food, makanan ringan, atau makanan yang manis dengan gula yang tidak murni (sakarin). Selain makanan, banyak juga minuman jenis soft drink yang kian marak beredar, padahal di dalam soft drink tersebut banyak mengandung pemanis buatan. Makanan-makanan yang demikian memicu obesitas pada anak dan juga menghambat pertumbuhan otak anak. Jadi sebagai orang tua anda sebaiknya menghindarkan anak-anak anda dari makanan-makanan tersebut. 

2. Faktor pola makan yang tidak teratur
Pola makan yang tidak teratur juga bisa menyebabkan obesitas pada anak. Pola makan yang tidak teratur di sini maksudnya adalah konsumsi makanan yang berlebih (dengan porsi besar) dan dilakukan lebih dari tiga kali setiap hari. Tentunya ini membuat anak akan menjadi kegemukan karena energi yang tidak dikeluarkan tidak sebanyak makanan yang masuk ke dalam tubuh, akibatnya sisa makanan dalam tubuh akan berubah menjadi lemak yang menumpuk dan membuat gemuk. Idealnya anak makan 3 kali sehari, dengan porsi yang sedang serta menu makanan yang sehat untuk menghindari masalah obesitas.

3. Faktor genetika
Salah satu faktor yang sulit untuk dihindari adalah faktor genetika (keturunan). Umumnya, orang tua yang memiliki tubuh gemuk akan melahirkan anak dengan tubuh yang gemuk pula. Ini berarti bahwa kegemukan bisa saja diakibatkan oleh faktor keturunan, sama halnya dengan penyakit. Tetapi orang tua bisa meminimalisir risiko tersebut dengan perhatian dan seleksi makanan dan pola makan yang baik agar tidak semakin memperparah kondisi anak. 

4. Faktor penyakit
Kegemukan pada anak bisa juga terjadi karena penyakit, seperti hipotiroidisme, sindrom cushing, defisiensi hormon pertumbuhan, atau masalah psikis anak. Anak yang tidak memiliki masalah dengan psikisnya cenderung tumbuh normal, sedangkan anak dengan masalah psikis mempunyai potensi obesitas lebih besar.

5. Faktor aktivitas
Anak boleh saja makan dengan porsi yang besar asalkan si anak aktif bergerak. Bergerak di sini maksudnya adalah berlari, melompat, bersepeda, atau aktivitas lain yang membutuhkan energi. Aktivitas yang demikian akan membakar kalori dalam tubuh dan mencegah obesitas. Ini berarti bahwa jika anak yang kurang bergerak secara aktif lebih berpotensi mengalami obesitas. Anak yang terlalu banyak diam dan duduk cenderung lebih gemuk dibanding dengan anak yang aktif bergerak. Anak yang gemar menonton TV sampai berjam-jam, atau bermain game (sambil duduk) seharian, berpotensi terkena masalah obesitas, apalagi jika anak yang kurang gerak tersebut makan dengan porsi besar sehingga lemak akan menumpuk dalam tubuh. 

Faktor-faktor penyebab kegemukan pada anak tersebut di atas saling berkaitan, sehingga alangkah baiknya jika anak dihindarkan dari hal-hal tersebut agar anak anda tumbuh sehat, aktif, dan cerdas. Orang tua harus mencari cara untuk mengatasi kegemukan pada anak. Untuk cara mengatasi kegemukan anak baca Di Sini. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh.