Latest News

TIPS AMAN NAIK KENDARAAN UMUM TERLENGKAP

Tips Aman Naik Kendaraan Umum Terlengkap - Kendaraan umum merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari kita, terutama bagi anda yang bekerja atau bepergian. Kendaraan umum adalah solusi bagi kita yang ingin bepergian tanpa menggunakan kendaraan pribadi, karena mungkin ada kendala pada kendaraan pribadi kita. Kendaraan umum diperuntukkan bagi anda yang tidak bisa naik motor, atau tidak mempunyai kendaraan pribadi. Kendaraan umum adalah fasilitas publik yang berperan penting untuk lancarnya berbagai kegiatan, baik perdagangan, travelling, atau pekerjaan.

Kendaraan umum meliputi angkutan, bus, kereta api, pesawat, atau jenis kendaraan yang difungsikan sebagai alat bantu bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya. Sudah sepantasnya kita sebagai penumpang mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat naik kendaraan umum, karena kenyamanan dan keamanaan penumpang adalah prioritas yang harus diperhatikan oleh penyedia dan penumpang. Dengan pelayanan yang bagus dan baik, maka akan semakin banyak masyarakat yang bersedia naik kendaraan umum.

Tips Aman Naik Kendaraan Umum Terlengkap


Namun akhir-akhir ini banyak sekali perilaku kejahatan yang terjadi di kendaraan umum, seperti pemerkosaan (kepada wanita), perampasan, asusila, dan jenis kejahatan lain yang tentunya mengganggu perjalanan anda. Dengan banyaknya kasus kejahatan di angkutan umum tersebut pasti sebagai penumpang kita menjadi takut dan enggan naik kendaraan umum. Tetapi pada dasarnya, kita sebagai penumpang bisa menyiasati dan meminimalisir tindak kejahatan khususnya kepada kita dengan cara-cara yang mudah dan sederhana.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara aman naik kendaraan umum agar mengurangi risiko tindak kejahatan. Berikut adalah tips aman naik kendaraan umum :

1. Selektif memilih angkutan / bus
Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah selektif dalam memilih dan menaiki kendaraan / angkutan umum. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dari angkutan umum tersebut antara lain kondisi fisik angkutan / bus harus baik, plat nomor kendaraan, nomor trayek dan tujuan, sopir (harus berseragam dan mempunyai ID card), ada lampu penerangan di dalam. Ini sangat penting untuk anda perhatikan karena jika bus tidak memenuhi syarat-syarat tersebut maka sebaiknya anda tidak menaikinya. Jika perlu catatlah nomor kendaraan umum tersebut.

2. Dalam berpenampilan
Saat menaiki angkutan umum, sebaiknya anda sebagai penumpang sebaiknya menghindari beberapa hal, seperti berpakaian ketat dan minim karena bisa jadi perilaku kejahatan terjadi karena ada stimulus / sesuatu yang memancing. Pakailah pakaian yang sopan dan tertutup agar tidak memancing hawa nafsu dari orang di sekeliling anda. Selain itu, jangan memakai atau memperlihatkan perhiasan dan barang mewah seperti HP, kalung emas, cincin, anting, karena kejahatan dengan motif ekonomi juga sering terjadi. 

3. Jangan tidur dalam angkutan umum
Kebiasaan yang sulit dihilangkan oleh para penumpang (khususnya yang mendapatkan tempat duduk) adalah tidur dalam kendaraan umum. Sebaiknya anda tidak tidur dalam angkot, karena jika anda tertidur dalam angkutan umum maka peluang pelaku kejahatan untuk memperdayai anda semakin besar dan mudah. Jadi jaga mata anda untuk tetap siaga dan waspada agar tidak tertidur.

4. Waspada terhadap sekeliling
Waspada dalam angkutan umum wajib anda jaga, karena jika anda tidak waspada maka anda bisa menjadi korban kejahatan berikutnya. Waspadalah dan selektif dalam memilih tempat duduk, usahakan duduk bersama orang yang berperangai baik. Hindari duduk di dekat orang yang mencurigakan, dan jika anda merasa dan mencurigai gerak-gerik aneh seseorang, segera pindah atau turun dari angkutan umum. Pastikan tas dan barang berharga anda selalu dalam pengawasan mata anda, dan sebaiknya ditaruh di depan (didekap).

5. Mengajak teman dalam bepergian
Dalam bepergian dengan kendaraan umum,sebaiknya anda tidak sendirian melainkan ditemani oleh teman baik anda, karena jika anda pergi sendirian maka risiko menjadi korban kejahatan akan lebih besar. Ajaklah teman untuk menemani anda, namun jika terpaksa sendirian anda harus tetap waspada dan berhati-hati. Terutama bagi anda kaum wanita yang paling sering menjadi korban kejahatan di dalam angkot / kendaraan umum. Usahakan bepergian di siang hari, dan tidak malam hari. 

Selain faktor eksternal, kejahatan juga ditentukan oleh diri anda sendiri. Jadi sebaiknya anda memperhatikan tips-tips di atas saat naik kendaraan umum agar mengurangi risiko menjadi korban kejahatan. Kita tahu bahwa tindak kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat dari pelaku, tetapi juga karena ada kesempatan. Sekali lagi, tetap waspada dan berhati-hati. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.