Latest News

TIPS MERAWAT GIGI PALSU TERMUDAH TERLENGKAP

Tips Merawat Gigi Palsu Termudah Terlengkap - Gigi palsu adalah salah satu media yang digunakan untuk menutupi / menggantikan gigi asli yang telah tanggal dan tidak tumbuh lagi. Karena kebanyakan orang enggan bergigi ompong, maka gigi palsu menjadi solusi yang paling tepat untuk digunakan. Gigi palsu yang baik sulit dibedakan dengan gigi asli jika hanya dilihat, karena memang dibuat menyerupai gigi. 

Gigi palsu membutuhkan perawatan-perawatan khusus namun sangat mudah, karena jika tidak dibersihkan dan dirawat maka akan membuatnya cepat rusak dan usang. Jika anda memiliki gigi palsu maka sebaiknya anda perhatikan beberapa tips merawat gigi palsu pada artikel berikut ini.

Tips Merawat Gigi Palsu Termudah Terlengkap


Berikut ini beberapa tips / cara merawat gigi palsu dengan mudah :

1. Membersihkan gigi palsu
Dalam merawat gigi palsu, anda harus membersihkannya setiap hari secara rutin. Tujuannya adalah menghilangkan sisa makanan atau partikel lain yang menempel pada gigi palsu anda. Gunakan pembersih gigi palsu dengan sikat gigi dengan bulu halus atau sikat khusus untuk gigi palsu. Sikat dan gosok dengan pelan dan lembut untuk menghindari kerusakan gigi palsu. Pemberisih gigi palsu hendaknya mengandung sodium polyphosphate yang bekerja sebagai deterjen, dapat memecah dan membersihkan kotoran. 

2. Melepas gigi palsu pada malam hari sebelum tidur
Saat tidur, gerakan kita tidak beraturan dan tanpa sadar sehingga jika anda tetap memakai gigi palsu dikhawatirkan akan membuat gigi palsu anda tertekan / rusak. Untuk itu lepaslah gigi palsu anda setiap akan tidur, karena jaringan lunak pada mulut juga membutuhkan waktu beristirahat karena tertekan oleh gigi palsu sepanjang hari. 

3. Merendam gigi palsu
Gigi palsu saat dilepas tidak boleh dibiarkan begitu saja sehingga mengering. Hal ini dilarang karena jika gigi palsu diletakkan bagitu saja maka kuman dan bakteri akan menempel. Untuk itu saat gigi palsu dilepas, rendamlah dengan air hangat atau dalam cairan khusus gigi palsu agar terlindung dari kuman. 

4. Ukuran gigi palsu
Untuk ukuran gigi palsu, sesuaikan dengan ukuran mulut anda karena jika terlalu besar maka akan membuat mulut menjadi tertekan dan sakit. Itu juga bisa membuat anda tidak nyaman dan gigi palsu cepat rusak.

5. Memeriksakan ke dokter gigi
Bagi anda pengguna gigi palsu,ada baiknya anda memeriksakan gigi anda setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kondisi mulut dan gigi palsu anda. Untuk pengguna gigi palsu yang menderita diabetes dan osteoporosis disarankan agar lebih sering memeriksakan giginya, yaitu sekitar 3 bulan sekali.

6. Mengganti gigi palsu
Gigi palsu pasti akan mengalami masa aus / sudah tidak layak dipakai, untuk itu hendaknya anda mengganti gigi palsu setiap 5 tahun sekali agar kualitas gigi palsu anda tetap terjamin. Penggunaan gigi palsu terlalu lama akan menjadi bumerang bagi anda sendiri, jadi lebih baik lakukan apa yang disarankan oleh dokter anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Apa Penyebab Gusi Berdarah?