Latest News

CARA MEMBASMI KUTU RAMBUT DENGAN CEPAT DAN ALAMI

Constiti.Com - Cara Membasmi Kutu Rambut Dengan Cepat Dan Alami - Pernahkah anda punya masalah dengan kutu rambut/kutu kepala? Tentu rasanya sangat risih dan sangat mengganggu anda. Kutu rambut merupakan sejenis parasit pengganggu yang layak untuk dibasmi atau dihilangkan. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan jika terdapat kutu rambut/kutu kepala, dengan cara yang sederhana dan mudah.

Kutu kepala/kutu rambut termasuk parasit yang hidup di bagian kepala dan menghisap darah (sumber : wikipedia). Saat kutu rambut menghisap darah, kulit kepala akan terasa gatal. Kutu rambut betina mampu bertelur sebanyak 6 butir telur dalam sehri, dan dalam jangka waktu kurang dari 8 hari telur tersebut akan menetas. Telur kutu rambut melekat erat di rambut, sehingga sulit dihilangkan jika hanya menggunakan tangan kosong. Penyebaran kutu rambut dari satu kepala ke kepala lain sangat cepat, bisa melalui kontak langsung dengan rambut yang berkutu, lewat handuk, topi, sisir, atau bantal. 

CARA MEMBASMI KUTU RAMBUT DENGAN CEPAT DAN ALAMI

Lalu bagaimana cara membasmi kutu rambut dengan cepat dan alami? Para pembaca yang baik, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara membasmi kutu rambut dengan cepat ddan alami sehingga kepala dan rambut anda bebas dari gangguan kutu pengganggu ini. Berikut ini beberapa cara membasmi kutu rambut dengan cepat dan alami :

1. Minyak kelapa
Minayk kelapa aalah salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan kutu rambut dengan efektif. Minyak kelapa yang dalam bahasa jawa disebut dengan lengo klentik dapat membuat kutu mejadi dehidrasi dan lemas sehingga kutu rambtu akan mati. Penggunaan minyak kelapa ini sebaiknya anda lakukan di malam hari agar tidak mengganggu aktivitas anda. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan/menuangkan minyak kelapa ke kulit kepala secara merata kemudian dipijat secara perlahan untuk memastikan minyak kelapa meresap dan menyebar rata ke seluruh kulit kepala. Setelah itu bungkus dengan topi plastik agar tidak menodai bantal. Pada pagi harinya bilas dengan air bersih dan shampoo untuk menghilangkan minyak tersebut. Selesai keramas sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur dan kutu yang masih menempel di kulit kepala dan rambut. Cara ini bisa anda lakukan setiap malam selama 3-7 hari. 

2. Jeruk nipis dan minyak kayu putih
Menghilangkan kutu rambut juga bisa anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis dan minyak kayu putih. Caranya, campurkan air perasan jeruk nipis dengan beberapa sendok minyak kayu putih. Tuangkan campuran tersebut ke kulit kepala dan rambut secara merata, disertai dengan pijatan selama 10 menit untuk meratakannya ke kulit kepala anda. Tutup kepala anda dengan topi plastik dan diamkan selama sekitar 1 jam untuk menunggu reaksinya. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih dan shampoo untuk membersihkan kandungan air jeruk nipis dan minyak kayu putihnya dari kulit kepala. Setelah keramas sisir rambut anda dengan sisir khusus untuk membersihkan telur dan kutu yang masih menempel di kulit kepala dan rambut. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari sampai kutu rambut benar-benar hilang.

3. Bawang merah
Bawang merah mempunyai aroma yang pedih dan menyengat, dan dijamin kutu rambut tidak akan bisa bertahan jika diberi bawang merah. Caranya mudah, ambil 5-6 siung bawang merah dan haluskan sampai benar-benar halus. Oleskan bawang merah yang telah dihaluskan tadi ke kulit kepala secara merata, dan ke rambut dari ujung sampai pangkalnya. Pijatlah secara perlahan-lahan agar bawang merah meresap ke kulit kepala dan rambut agar kutu rambut benar-benar terkena bawang merah. Tunggu sekitar 15-30 menit. Setelah itu bilas dengan sampo agar bau bawang merah hilang dari rambut anda. Setelah keramas sisir rambut anda dengan sisir khusus untuk membersihkan telur dan kutu yang masih menempel di kulit kepala dan rambut. 

4. Cuka putih
Cara lain yang dapat anda lakukan untuk membasmi kutu rambut adalah dengan cuka putih. Memang cuka putih tidak bisa membunuh kutu di kepala, tetapi cuka putih dapat mensterilkan kulit kepala dan rambut dari telur dan kutu dengan cara melepaskan telur dari rambut dan menghambat menetasnya telur kutu rambut. Caranya, oleskan cuka putih merata ke kulit kepala dan rambut dari ujung sampai pangkalnya. Biarkan selama 30 menit-1 jam untuk bereaksi. Setelah itu sisir rambut anda dengan sisir khusus untuk membersihkan telur dan kutu yang masih menempel di kulit kepala dan rambut. Kemudian keramas dengan sampo untuk menghilangkan aroma cuka putih dan sisir kembali rambut anda. Lakukan cara ini sampai kutu rambut benar-benar hilang. 

5. Memangkas rambut
Mungkin inilah cara yang paling mudah untuk menghilangkan kutu rambut. Cukurlah/pangkaslah rambut anda sampai plontos agar kutu dan telur yang menempel di rambut hilang. Setelah memangkas rambut, keramaslah dengan sampo khusus pembasmi kutu untuk memastikan telur tidak menempel di kepala. Tetapi cara ini kurang cocok bagi kaum wanita, dan mungkin cocok bagi kaum laki-laki. Untuk wanita, kami sarankan mencoba 4 tips sebelumnya. 

Setelah kutu dan telurnya hilang dari kepala dan rambut anda, anda harus mencegah munculnya kembali kutu di kepala anda. Beberapa cara untuk mencegah munculnya kembali kutu rambut adalah sebagai berikut ini :
  • Tidak tidur berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut. 
  • Pastikan anggota keluarga anda juga terbebas dari kutu rambut. 
  • Cucilah handuk, topi, dan jilbab secara rutin.
  • Jemurlah bantal dan kasur secara berkala. 
  • Lakukan tips-tips membasmi kutu di atas sebulan sekali untuk mengatasi kemungkinan kutu datang lagi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membasmi kutu rambut dengan cepat dan alami, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.
Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Alami.