Latest News

CARA MENCEGAH DIABETES MELLITUS TANPA MENYIKSA

Constiti.Com - Cara Mencegah Diabetes Mellitus Tanpa Menyiksa - Tahukah anda tentang penyakit diabetes mellitus? Diabetes mellitus atau biasa disebut kencing manis adalah salah satu penyakit mematikan selain jantung dan stroke. Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit yang terjadi karena kenaikan kadar gula dalam tubuh. Nah, bagi anda yang ingin tahu lebih jelas mengenai apa itu diabetes mellitus, bagaimana gejalanya, dan bagaimana diabetes mellitus bisa menyerang manusia,baca selengkapnya di sini.

Pada dasarnya, setiap orang bisa saja terkena diabetes jika pola hidupnya memicu datangnya penyakit ini. Artinya, diabetes bisa menyerang siapa pun yang melakukan aktivitas/kebiasaan yang menjadi penyebab diabetes mellitus. Tetapi diabetes pun juga bisa dicegah, asalkan kita mau melakukan beberapa hal yang dapat menghindarkan diabetes mellitus dari tubuh kita. Oleh karena itulah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mencegah diabetes mellitus tanpa menyiksa. Tetapi bagi anda yang belum tahu tentang tipe-tipe diabetes mellitus anda bisa membacanya di sini.

Cara Mencegah Diabetes Mellitus Tanpa Menyiksa

Oke langsung saja constitian, berikut ini adalah beberapa cara mencegah diabetes mellitus tanpa menyiksa :

1. Pola makan yang sehat
Pola kakan yang sehat buka berarti menyiksa, karena pola makan yang sehat untuk mencegah diabetes mellitus cukup mudah dan pastinya bisa anda lakukan setiap hari. Menurut asosiasi diabetes internasional, pola makan yang sehat adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Beberapa contoh makanan yang sebaiknya anda konsumsi antara lain kacang-kacangan, bayam, brokoli, aneka macam sayuran, dan buah-buahan. Alasannya adalah, makanan yang berserat tinggi dapat mengurangi risiko terkena diabetes mellitus, membuat kita merasa kenyang lebih lama, dan juga dapat membantu berat badan ideal. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak trans. Asam lemak trans banyak terdapat di dalam makanan cepat saji dan beberapa produk olahan. Untuk itu, jangan lupa untuk menyertakan makanan tersebut di atas dalam menu makan anda setiap hari agar tubuh terhindar dari diabetes mellitus. 

2. Melakukan aktivitas fisik yang cukup
Nah, cara kedua yang bisa mencegah diabetes mellitus menjangkit anda adalah dengan cara melakukan aktivitas fisik yang cukup. Ada banyak cara dalam melakukan aktivitas fisik, di antaranya adalah bersepeda, joging, berenang, badminton, basket, dan olahraga-olahraga lain yang membuat anda berkeringat. Manfaat dari olahraga/aktivitas fisik tersebut adalah meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam tubuh. Itu artinya, akan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. Anda bisa melakukan aktivitas/olahraga fisik sebanyak 3-4 kali dalam seminggu atau setiap hari akan lebih baik. Bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari.

3. Menghindari/berhenti merokok
Rokok dapat memicu datangnya diabetes mellitus ke tubuh anda karena merokok menurunkan kemampuan tubuh kita dalam memanfaatkan hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, merokok juga bisa memicu serangan jantung, kanker paru-paru, gangguan kehamilan/janin, dan impotensi. Jadi segera tinggalkan rokok dan mulailah hidup sehat dari sekarang sebelum terlambat. 

4. Menjaga berat badan ideal
Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan ciri dari penderita diabetes, meskipun tidak semua orang gemuk menderita diabetes. yang jelas, sebanyak 80% penderita diabetes mengalami obesitas. Menurut beberapa penelitian, dengan mengurangi 1 kg berat tubuh kita maka itu dapat mengurangi 16% risiko terkena diabetes. Dapat disimpulkan bahwa dengan berat badan ideal maka anda memiliki risiko diabetes yang kecil. Untuk itu jika anda mempunyai berat badan yang tidak normal (kegemukan) alangkah baiknya jika anda menguranginya dengan cara menjaga pola makan dan memperbanyak olahraga/aktivitas yang bisa membakar lemak seperti pada poin kedua di atas. 

5. Rutin cek kesehatan
Apakah sulit bagi anda menyisihkan waktu sekali dalam sebulan untuk cek kesehatan atau medical check up? Tentu tidak akan sulit bagi anda. Karena dengan mengecek kondisi kesehatan kita maka kita akan tahu apa yang sedang dialami oleh tubuh kita, dan kita bisa melakukan antisipasi dan tindakan agar kondisi tubuh kembali normal. Medical check up biasanya meliputi cek gula darah, cek tekanan darah, atau cek kolesterol. Sebaiknya lakukan cek kesehatan minimal sekali dalam sebulan agar tubuh terhindar dari diabetes mellitus. 

Nah, cukup mudah bukan cara mencegah diabetes mellitus? Semua poin di atas bukan hal yang sulit asalkan anda mempunyai keinginan yang kuat untuk mencegah diabetes mellitus datang ke tubuh anda. Mulailah hidup sehat dan menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan bebas penyakit. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mencegah diabetes mellitus tanpa menyiksa, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.
Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.