Latest News

SAKIT TIFUS, PENYEBAB DAN GEJALANYA

Constiti.Com - Sakit Tifus, Penyebab Dan Gejalanya - Tahukah anda tentang penyakit tifus? Tifus dalam dunia kedokteran dikenal sebagai penyakit ang cukup kronis karena bisa membahayakan keselamatan jiwa pasien jika tidak segera ditangani. Tifus/thypus/tipes dalam dunia medis dikenal dengan istilah typhoid atau thypus abdominalis yaitu sebuah penyakit yang disebabkan infeksi bakteri pada usus halus atau bisa juga pada aliran darah yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi datau salmonella paratyphi jenis A, B, dan C. 

Setelah bakteri masuk melalui saluran pencernaan, kemudian masuk ke usus menuju saluran limfa. Sedangkan untuk masuk ke pembuluh darah dibutuhkan waktu 24-72 jam, barulah kemudian penderita merasakan gejala-gejala tifus. Penderita tifus jika diuji laboratorium akan memiliki tanda-tanda sebagai berikut :
  • Trombosit menurun
  • Anemia karena pendarahan usus
  • Penurunan sel darah putih (leukosit).
  • Terjadi peningkatan titer widal
  • Terdapat bakteri salmonella typhi/typhoa dalam darah, urine, dan kotoran. 

SAKIT TIFUS, PENYEBAB DAN GEJALANYA

Penderita tifus bisa saja dideteksi dengan beberapa gejala tifus, karena penyakit tifus memiliki ciri khas tersendiri yang bisa dideteksi. Berikut ini beberapa gejala dan tanda penyakit tifus :

  1. Panas tinggi disertai demam. Biasanya akan menurun di pagi sampai siang hari dan kembali panas saat sore dan malam hari. Panas dan demam ini biasanya terjadi selama 7-10 hari.
  2. Lidah berwarna putih, bau mulut, dan bibir pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena penderita tifus biasanya tidak mau makan.
  3. Sakit kepala, lemah dan lesu, serta infeksi tenggorokan.
  4. Susah buang air besar (sembelit).
  5. Diare.
  6. Jika tidak segera ditangani penderita akan mengalami penurunan kesadaran.

Penyakit tifus bisa saja menjangkit setiap orang, apalagi bagi orang yang pernah trjangkit tifus sebelumnya. Pada dasarnya, tifus disebabkan oleh bakteri salmonella thyposa yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi. Untuk itu, sebagai pencegahan anda sebaiknya melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak steril, karena bisa jadi ada banyak bakteri yang bersarang di makanan dan akan menimbulkan penyakit bagi anda, termasuk penyakit typhus/tifus.
  2. Menjaga kebersihan diri, rumah, dan lingkungan di sekitar anda.
  3. Menjaga pola makan secara normal, idealnya 3 kali sehari dan sebaiknya jangan terlambat makan.
  4. Menghindari kelelahan, khususnya bagi orang yang pernah terjangkit tifus.
  5. Istirahat yang cukup dalam bentuk tidur yang cukup. Idealnya tidur malam berkisar antara 6-8 jam. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang sakit tifus, penyebab dan gejalanya, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel berikut ini  : Profil Lengkap Surya Paloh Ketua Umum Nasdem.