Latest News

CARA HIDUP SEHAT UNTUK MENGGEMUKKAN BADAN

Constiti.Com - Cara Hidup Sehat Untuk Menggemukkan Badan - Berapa berat badan anda saat ini? Apakah berat badan anda ideal? Jika anda belum memiliki berat badan ideal, berarti anda sebaiknya melakukan cara hidup sehat untuk menggemukkan badan agar berat badan ideal. Memiliki berat badan ideal adalah kebaikan bagi anda sendiri karena jika anda terlalu gemuk maka akan semakin banyak lemak di badan anda dan berisiko mendatangkan banyak penyakit. Begitu juga jika berat badan anda kurang dari ideal, maka berisiko terkena beberapa penyakit. Untuk itu berat badan ideal adalah yang paling tepat untuk dimiliki.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara hidup sehat untuk menggemukkan badan? Setelah pada kesempatan sebelumnya kami telah berbagi tips mengenai cara menurunkan berat badan, maka pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai bagaimana cara menggemukkan badan. Bagi anda yang ingin menggemukkan badan, silakan baa artikel ini sampai akhir agar lebih jelas.

Cara hidup sehat untuk menggemukkan badan

Menggemukkan badan pada dasarnya mudah untuk dilakukan, hanya membutuhkan niat dan keseriusan anda. Berikut ini beberapa cara untuk menggemukkan badan dengan cara dan pola hidup sehat :

1. Pola makan
Untuk menggemukkan badan, pola makan anda pun juga berpengaruh. Pola makan yang baik agar makanan yang anda makan menjadi "daging" adalah pola makan yang teratur. Teratur di sini artinya waktu makan anda. Misalnya sarapan pada jam 7 pagi, makan siang pada jam 1 siang, dan makan malam pada jam 7 malam. Nah, usahakan waktu makan anda teratur sesuai dengan kebiasaan anda. Makan terlambat tidak baik bagi kesehatan anda. Jadi usahakan anda rutin makan besar pada jam yang sama. Di sela-sela jam makan, anda bisa mengkonsumsi buah-buahan yang baik bagi kesehatan anda. Tetapi ingat, jangan sampai anda berlebihan karena itu akan membuat lemak semakin banyak menumpuk di dalam tubuh anda. 

2. Saat makan
Cara yang pertama adalah tata cara anda makan (mengunyah) makanan yang anda makan. Saat makan, sebaiknya anda mengunyah makanan sampai benar-benar halus sebelum anda menelannya. Tujuannya adalah agar tubuh dapat mencerna makanan yang masuk dengan maksimal sehingga sari-sari makanan bisa teresap baik oleh tubuh anda. Cara ini akan membantu anda untuk menggemukkan badan. Jadi, jangan lupa untuk mengunyah makanan sampai halus sebelum anda menelannya. 

3. Pola olahraga
Olahraga selain berguna untuk menurunkan berat badan anda, ternyata baik juga untuk menambah berat badan. Dengan berolahraga maka tubuh anda akan membakar kalori dan lemak dalam tubuh, dan hanya menyisakan sari-sari makanan di dalm tubuh. Sari-sari makanan seperti karbohidrat, protein, dan vitamin berguna bagi kesehatan anda dan bisa menambah berat badan anda. Ada yang bilang bahwa olahraga hanya untuk menurunkan berat badan, dan itu adalah salah besar. Pola makan dan hidup yang teratur serta olahraga rutin justru bisa menambah berat badan anda. Lakukan olahraga secara rutin setiap hari, atau 3 kali seminggu, atau minimal sekali dalam seminggu. Bisa dengan jogging, bersepeda, berenang, fitness, atau olahraga lain. 

4. Pola istirahat
Istirahat yang cukup di sini konteksnya adalah tidur, bukan hanya berhenti beraktivitas berat. Pola tidur yang sehat dan teratur dapat membantu anda menaikkan berat badan anda. Tidur yang paling baik adalah di malam hari, untuk orang dewasa selama 6-8 jam setiap malam. Istirahat teratur dapat memulihkan dan memperbaiki fungsi-fungsi organ tubuh anda sehingga dapat mencerna makanan dalam tubuh anda dengan maksimal. Kurangi atau berhentilah begadang karena begadang itu tidak menyehatkan badan, kecuali ada hal yang begitu mendesak. 

5. Minum air putih
Nah, untuk lebih efektif dalam menaikkan berat badan anda, jangan sampai anda melewatkan minum air putih yang cukup. Minum air putih yang ideal adalah 8 gelas sehari bagi orang dewasa, dan perlu lebih banyak lagi bagi anda yang sering beraktivitas di luar yang rentan dehidrasi. Air putih berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh atas makanan yang kita konsumsi, sehingga kandungan nutrisi akan terserap dengan baik oleh tubuh kita.

6. Minum susu
Susu mengandung protein yang cukup tinggi dan baik diminum untuk menaikkan berat badan serta menjaga kesehatan anda. Minum susu setiap hari (1 gelas) dapat menaikkan berat badan anda. Sebagai saran, susu full cream lebih efektif menggemukkan badan anda. 

7. Berhenti merokok
Mungkin ini hal tersulit yang harus dilakukan, apalagi bagi para kaum lelaki. Ketergantungan terhadap rokok sulit dihilangkan dalam sekejap, perlu beberapa minggu bahkan bulan untuk lepas dari rokok. Merokok dapat membuat nafsu makan kita menurun, sehingga jika terjadi dalam jangka waktu lama maka akan membuat kita menjadi kurus. Bukan hanya itu, merokok dapat menyebabkan penyakti berbahaya lain seperti impotensi, gangguan kehamilan, dan serangan jantung. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara hidup sehat untuk menggemukkan badan, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel berikut ini : Cara Mencegah Diabetes Mellitus Tanpa Menyiksa.