Latest News

CARA MENYIMPAN MADU YANG BENAR UNTUK MENJAGA KUALITASNYA

Constiti.Com - Cara Menyimpan Madu Yang Benar Untuk Menjaga Kualitasnya - Madu adalah salah satu komoditi yang bagus untuk kesehatan anda dan harganya pun stabil. Madu sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda dengan cara meminumnya setiap hari. Madu mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Madu juga bisa digunakan sebagai media untuk kecantikan.

Sebagai pembeli seharusnya anda lebih jeli dalam memilih madu yang asli, karena banyak pedagang nakal yang sengaja menjual madu palsu tetapi mengatakan madu tersebut asli. Padahal kandungan dalam madu palsu jelas berbeda dari madu asli, dan tentunya madu palsu tidak bermanfaat bagi kesehatan. Nah bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang cara membedakan madu asli dan madu palsu, silakan baca di sini.

CARA MENYIMPAN MADU YANG BENAR UNTUK MENJAGA KUALITASNYA

Untuk menjaga kualitas madu yang anda beli, anda sebaiknya menyimpannya di tempat yang benar. Karena sebaik apa pun madu anda jika disimpan di tempat yang salah maka akan menurunkan kualitas madunya. Berikut ini kami akan berbagi tips mengenai cara menyimpan madu yang benar untuk menjaga kualitasnya :

1. Jangan terkena sinar matahari
Sinar matahari dapat menurunkan kualitas madu karena jika madu terpapar oleh sinar matahari madu akan berubah warna menjadi hitam. Hal itu disebabkan oleh oksidasi karena paparan sinar matahari. Untuk menjaga kualitas dan warna madu, sebaiknya anda menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapt dan terhindar dari sinar matahari. 

2. Menyimpan madu di kulkas
Menyimpan madu di dalam kulkas/refrigerator adalah salah satu cara yang direkomendasikan. Karena jika madu disimpan di dalam kulkas maka dapat mencegah munculnya organisme yang dapat mengurangi kualitas madu. Menyimpan madu di dalam kulkas juga membuat madu bisa bertahan lebih lama, termasuk madu yang sudah digunakan/dibuka. 

Penyimpanan madu di tempat yang benar akan membuat madu lebih awet tanpa mengurangi manfaat dan kandungannya. Untuk itu jika anda punya madu maka simpanlah di tempat yang tersebut di atas. Selain temat penyimpanan, anda juga harus waspada dalam menggunakan sendok/alat yang dituangi madu. Demi kesehatan anda, gunakan sendok berbahan plastik saat anda meminum madu. Hindarilah penggunaan sendok berbahan logam karena dapat menyebabkan reaksi mineral dalam madu dengan mineral dari sendok logam tersebut. Untuk pembuktiannya, anda bisa mencoba merendam sendok logam di dalam madu selama satu malam saja. Pada pagi harinya madu akan berubah warna menjadi kehitaman sebagai akibat dari reaksi mineral dalam amdu dengan mineral dari sendok logam tersebut. 

Madu memang berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda, tetapi anda juga harus menyimpanya di tempat yan aman. Penggunaan sendok lebih baik yang berbahan plastik daripada sendok dari logam. Jaga kesehatan anda sekeluarga dengan meminum madu setiap hari. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menyimpan Madu Yang Benar Untuk Menjaga Kualitasnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.