Latest News

MAKANAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOLESTEROL BAIK (HDL) DALAM TUBUH

Constiti.Com - Makanan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) Dalam Tubuh - Para pembaca yang baik? Tahukah anda apa itu kolesterol baik (HDL)? HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik adalah kolesterol yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Di dalam tubuh terdapat kolesterol, dan kolsterol ada yang baik (HDL) dan juga ada kolesterol jahat (LDL).

Manusia membutuhkan kolesterol di dalam tubuh untuk memelihara dinding sel dan beberapa fungsi fisiologis lain. Manusia membutuhkan 1.100 mg kolesterol setiap harinya, yang mana 200-300 mg dari totalnya berasal dari makanan, sedangkan sisanya berasal dari sintesis tubuh. Tingginya kolesterol jahat dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit seperti jantung dan penyakit stroke. Beberapa makanan yang menghasilkan kolseterol antara lain lemak jenuh, lemak trans,dan minyak yang terhidrogenasi. Gorengan seperti bakwan, tempe yang digoreng dengan minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung kolesterol yang tingi. 

MAKANAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KOLESTEROL BAIK (HDL) DALAM TUBUH

Nah untuk menjaga kadar kolesterol dalam agar tetap normal, maka diperlukan juga kolesterol baik (HDL). Berikut ini akan kami sampaikan tentang makanan yang efektif untuk meningkatkan koleseterol baik (HDL) dalam tubuh. Berikut ini makanan yang sebaiknya anda konsumsi setiap hari : 

1. Ikan
Ikan adalah makanan yang mengandung lemak baik bagi tubuh anda dan bermanfaat bagi kesehatan. Lemak pada ikan adalah asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk membantu proses perkembangan fungsi otak, membantu proses pertumbuhan, serta dapat mengurangi risiko penyakit cardiovascular. Beberapa ikan yang mengandung kolesterol/lemak baik adalah ikan herring, tuna, salmon, sarden, makarel, dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi ikan maka kolesterol baik (HDL) akan meningkat dan kolesterol jahat (LDL) akan tereduksi/berkurang. Dengan begitu maka risiko penyakit seperti kanker, jantung, peradangan,stroke, dan diabetes mellitus tipe 2 akan berkurang.

2. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi setiap hari karena dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Sebut saja kenari, almond, kacang merah, kacang tanah, adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung lemak omega-3 yang berfungsi untuk mengatur ritme jantung dan mencegah pembekuan darah. Menurut Harvard School of Public Health, orang yang makan kacang secara teratur berisiko lebih rendah untuk meninggal akibat serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang makan sedikit kacang. 

3. Minyak kelapa murni
Minyak kelapa yang masih murni sangat baik dikonsumsi setiap hari karena dapat mengurangi stress dan dapat membantu mengontrol berat badan. Minyak kelapa mengandung vitamin K dan E serta zat besi, dan bermanfaat sebagai antibakteri. Saat ini masih dilakukan penelitian lebih lanjut tentang minyak kelapa. Minyak kelapa biasanya dikonsumsi sebagai menu makanan penutup. 

4. Buah alpukat
Buah alpukat adalah buah yang biasanya dibuat jus. Tahukah anda bahwa ternyata alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi. Hanya saja lemak di dalam alpukat adalah lemak baik (HDL) yang bermanfaat sebagai antioksidan karena mengandung klorofil, dan mengandung lutein yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata anda. Hmmm, selain rasanya yang nikmat ternyata alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Makanan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL) Dalam Tubuh. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel berikut ini : Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap.