Latest News

MANFAAT BERENANG BAGI KESEHATAN TUBUH TERLENGKAP

Constiti.Com - Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap - Apakah anda suka berenang? Apakah anda bisa berenang? Mungkin itu adalah pertanyaan mendasar yang dilontarkan kepada kita sewaktu kita berada di kolam renang. Banyak orang yang suka dan bisa berenang, tetapi tidak sedikit pula yang tidak suka berenang dan tidak bisa berenang. Orang yang tidak suka berenang biasanya takut kulitnya hitam/gelap, dan ada juga yang beralasan karena tidak bisa berenang. 

Berenang secara bahasa berarti gerakan sewaktu bergerak di air (wikipedia). Berenang adalah salah satu olahraga yang banyak disukai orang karena selain menyenangkan, berenang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Berenang adalah olahraga yang menuntut kita untuk menggerakkan seluruh badan agar kita tidak tenggelam di air. Dengan begitu secara langsung dan tidak langsung tubuh kita akan menjadi sehat. 

MANFAAT BERENANG BAGI KESEHATAN TUBUH TERLENGKAP

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami sampaikan tentang manfaat berenang bagi kesehatan tubuh terlengkap :

1. Bermanfaat untuk pernapasan
Berenang di dalam air sangat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru kita dan dapat melatih pernapasan yang tepat dan teratur. Saat berenang kita harus mengatur pernapasan kita agar bisa tetap bernapas tanpa ada air yang masuk. Dengan begitu maka volume paru-paru kita akan meningkat dan kita akan terlatih untuk bernapas dengan tepat dan benar. Bagi penderita asma, berenang juga dapat mengurangi gejala asma yang diderita. Asma biasa dirasakan setelah berolahraga di luar (outdoor). Tetapi dengan berenang dapat mengurangi gejala asma karena kelembaban saat di dalam air. 

2. Mengurangi gejala artritis
Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Dengan berenang maka dapat mengurangi gejala artritis tersebut karena saat tubuh berada di dalam air maka anda hanya akan menanggung 50% saja dari berat tubuh anda. Bahkan jika anda berada di dalam air sampai seleher, maka anda hanya akan menanggung 10% dari berat tubuh anda sedangkan 90% berat tubuh anda dipikul oleh air. Dengan begitu air dapat menyediakan tempat yang ideal mengurangi gejala artritis karena otot dan sendi yang kaku akan lebih mudah bekerja. Apalagi jika anda berenang di dalam air hangat, maka dapat melonggarkan sendi-sendi yang kaku dan mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. Bagi wanita yang sudah menopause juga akan meningkat kekuatan tulangnya jika rutin berenang.

3. Menyehatkan jantung
Beranang dapat menyehatkan jantung anda, bagaimana bisa? Karena beranang adalah salah satu aerobik yang bermanfaat untuk menguatkan otot-otot jantung dan mengefektifkan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh anda. Dengan berenang 30 menit setiap hari maka akan mengurangi risiko terkena jantung koroner 30-40%. Selain manfaat tersebut berenang juga dapat mengencangkan otot dada (pectoralis), otot paha depan, dan otot trisep. Begitu banyaknya manfaat berenang seharusnya membuat anda lebih semangat lagi untuk berenang.

MANFAAT BERENANG BAGI KESEHATAN TUBUH TERLENGKAP


4. Menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh
Berenang dapat menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Hal ini bisa terjadi karena berenang adalah aerobik yang telah terbukti dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Dengan meningkatnya HDL dalam tubuh 1% saja akan dapat mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung sebanyak 3,5%. Hmmm, masihkah anda enggan berenang? 

5. Mengurangi risiko diabetes mellitus
Diabetes melllitus adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Dengan berenang, maka risiko terkena diabetes mellitus akan menurun. Faktanya adalah, dengan 3 kali seminggu anda berenang masing-masing 30 menit saja dapat membakar kalori dalam tubuh sebanyak 900 kal. Dengan begitu maka dapat mengurangi risiko DM tipe 2 sebanyak lebih dari 10%. Bagi anda penderita DM tipe 1, jangan ragu untuk berenang karena dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dula darah dalam tubuh lebih terkontrol. Selain berenang, jalan kaki juga efektif menjaga kadar gula dalam tubuh. Bagi anda yang belum sempat membaca artikel tentang manfaat jalan kaki bagi kesehatan, silakan baca di sini.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap

6. Menghilangkan stress dan meningkatkan samangat
Tahukah anda bahwa berenang dapat menghilangkan stress dan dapat membuat anda bahagia? Saat kita berenang maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Maka tak heran jika dari anak-anak sampai orang tua suka berenang karena memang dapat membuat bahagia dan melupakan sejenak masalah. Berenang juga dapat membuat peregangan yang konstan serta relaksasi otot sehingga membuat tubuh menjadi rileks. 

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap

7. Menurunkan berat badan
Ada beberapa gaya dalam berenang, dan setiap gaya dapat membakar kalori dalam tubuh yang berbeda-beda. Gaya dada dapat membakar kalori sebesar 6o kalori, gaya kupu-kupu dapat membakar kalori sebanyak 150 kalori. Sedangkan untuk gaya bebas dan gaya punggung masing-masing dapat membakar kalori sebesar 100 dan 80 kalori. Dengan berenang secara rutin 3 kali seminggu maka akan dapat menjaga berat badan anda tetap ideal dan bagi yang obesitas akan dapat menurunkan berat badan. Sungguh manfaat yang tak terduga dari berenang. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.