Latest News

OBYEK WISATA DI SUMATERA UTARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Constiti.Com - Obyek Wisata Di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi - Pernahkah anda berlibur ke sumatera utara bersama keluarga? Sumatera utara (sumut) adalah salah satu provinsi di indonesia yang mempunyai banyak obyek wisata yang bisa menjadi alternatif liburan anda. Provinsi yang beribukota di medan ini mempunyai pesona alam yang sangat menawan dan merupakan salah satu kiblat wisata di pulau sumatera. 

Sumatera utara mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya dan menawan, belum lagi budaya dan karakteristik masyarakatnya yang unik dan khas. Banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang tak ragu untuk berkunjung ke daerah sumatera utara untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga dan kerabat. Provinsi yang meghasilkan kain ulos ini juga ramah untuk para wisatawan karena infrastruktur berupa penginapan dan hotel sudah cukup banyak dan relatif murah. 

Oke langsung saja backpacker, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai obyek wisata di sumatera utara yang wajib dikunjungi. Berikut ini obyek wisata di sumatera utara yang wajib anda kunjungi bersama keluaraga : 

1. Bukit Lawang
Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar obyek wisata yang satu ini. Bukit lawang merupakan salah satu ikon pariwisata di sumatera utara, tepatnya di kecamatan bahorok, kabupaten langkat. Bukit lawang berada di 68 km barat laut dari kota binjai dan 80 km di sebelah barat laut kota medan. Obyek wisata ini terkenal dengan berbagai trip yang menakjubkan, seperti orang utan di TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser), pemandangan alam pegunungan yang sejuk, serta arum jeram di sungai bahorok. Obyek wisata ini masih dikunjungi banyak wisatawan meskipun pernah hancur oleh banjir bandang sungai bahorok pada tanggal 02 November 2003. 

OBYEK WISATA DI SUMATERA UTARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Bukit Lawang


2. Danau Toba dan Pulau Somosir
Anda belum dikatakan berkunjung ke sumatera utara jika belum mengunjungi danau toba. Ini menunjukkan bahwa danau toba adalah salah sau obyek wisata di sumatera utara yang wajib anda kunjungi dan yang paling populer selain bukit lawang. Danau toba merupakan danau yang paling besar di indonesia dan asia tenggara. Panjangnya mencapai 100 km dan lebarnya 30 km dan terbentuk akibat letusan gunung sehingga danau toba disebut sebagai danau vulkanik. Danau ini terletak di beberapa kabupaten/kota di sumut seperti Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasundutan,Karo,  Dairi, Simalungun dan Tapanuli Utara. Yang sering menjadi tujuan wisata ke danau toba adalah daerah parapat di kabupaten simalungun. 
Sedangkan Pula samosir adalah pulau vulkanik yang terletak di tengah-tengan danau toba. Pula samosir berada di ketinggian 1.000 meter dpl. Di pulau samosir terdapat dua danau kecil yaitu danau aek dan danau sidihoni sehingga dijuluki danau di atas danau. Pulau ini begitu menawan sehingga wisatawan selalu berkunjung ke pulau dalam pulau ini. Untuk mencapai pulau samosir, anda bisa melalui dua jalur yakni jalur laut dan jalur darat. Jalur laut melalui tuktuk, sedangkan jalur darat melalui pangururan. 

OBYEK WISATA DI SUMATERA UTARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Danau Toba & Pulau Samosir


3. Berastagi
Obyek wisata di sumatera utara yang tak kalah menawan adalah berastagi. Berastagi adalah obyek wisata yang terletak di dataran tinggi karo, kecamatan berastagi, kabupaten karo. Obyek wisata di berastagi antara lain pemandian air panas, air terjun sikulikap, museum pusaka karo, rumah gugung (rumahadat karo), bukit gundaling, pasar buah, dan masih banyak lagi. Berastagi berada di antara gunung sinabung dan gunung sibayak dan berjarak 66 km dari pusat kota medan. Saat ini gunung sinabung sedang aktif dan terus mengeluarkan awan panas dan warga di lereng sinabung untuk sementara diungsikan. 

OBYEK WISATA DI SUMATERA UTARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Gundaling Di Berastagi


4. Hill Park Sibolangit
Inilah obyek wisata yang terkenal dan modern yang terletak di kota medan, ibukota provinsi sumatera utara. Hill park sibolangit merupakan taman/arena bermain yang terletak di sibolangit, medan. Di dalam hill park sibolangit ini ada 3 tema besar yaitu Toon town (bernuansa kartun dan dunia anak kecil), Heritage (bernuansa kastil megah), dan Lost City (bernuansa arsitektur kuno purbakala bebatuan dengan kerangka Dinosaurus). Wahana yang ada di hill park sibolangit antara lain 4D theatre, Roller Coaster (Gelegar), amphiteathre berkapasitas 1.200 penonton untuk pertunjukan dan konser, serta Ferries Wheel (Kincir raksasa). 

OBYEK WISATA DI SUMATERA UTARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Hill Park Sibolangit

5. Istana Maimun
Di antara sekian banyak obyek wisata di sumatera, mungkin istana maimun yang paling edukatif dan penuh nilai sejarah, khususnya sejarah keagamaan. Ya, istana maimun adalah sebuah istana yang dibangun oleh Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah pada 1888, dan diarsiteki oleh seorang arsitek dari italia. Memiliki sebanyak 30 ruangan dan luas keseluruhannya adalah 2.772 m2. Istana maimun memiliki desain interior yang sangat unik karena menggunakan perpaduan budaya melayu dengan gaya spanyol, india, dan islam. Isatana maimun terletak di kelurahan sukaraja, kecamatan medan maimun, kota medan sumatera utara. 

OBYEK WISATA DI SUMATERA UTARA YANG WAJIB DIKUNJUNGI
Istana Maimun

Sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata di sumatera utara yang bisa anda kunjungi, tetapi kelima obyek wisata di atas adalah yang paling populer dan banyak diminati. Jika anda berkunjung ke sumatera utara, jangan sampai anda melewatkan obyek wisata di atas untuk mengisi liburan anda bersama keluarga. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Obyek Wisata Di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.