Latest News

PENYEBAB UTAMA BADAN KURUS

Constiti.Com - Penyebab Utama Badan Kurus - Siapakah di antara anda yang berbadan kurus? Mempunyai badan yang kurus (baca : terlalu kurus) bisa jadi adalah sebuah kekurangan yang bisa membuat anda tidak tampil pede di hadapan banyak orang. Badan yang terlalu kurus seakan menunjukkan bahwa kita kurang gizi, kurang makan, dan berpenyakit. Meskipun pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. 

Pada dasarnya kurus ataupun gemuk bukanlah halangan bagi siapa pun untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Tetapi bagi sebagian orang ada yang takut jika terlalu kurus karena mengurangi kepercayaan dirinya. Nah bagi anda yang ingin mempunyai badan gemuk dengan cara yang sehat, silakan baca di sini. 

Penyebab Utama Badan Kurus

Lalu mengapa kita bisa kurus? Apa yang menyebabkan seseorang kurus, padahal makannya sudah cukup banyak? Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa penyebab utama badan kurus. Untuk lebih memahami isi artikel ini, sebaiknya baca sampai akhir tulisan ini agar tidak menimbulkan kerancuan. 

Berikut ini beberapa penyebab utama badan kurus :

1. Faktor keturunan/genetika
Faktor genetika merupakan salah satu penyebab utama badan kurus. Yang dimaksud faktor genetika adalah gen dari orang tua atau silsilah keluarga anda. Gen merupakan penentu sifat yang diturunkan dari kedua orang tua, baik itu yang resesif ataupun yang dominan. Faktor gentika ada dua macam, yaitu gen dominan dan resesif. Gen dominan adalah gen yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya langsung. Misalnya Andi kurus karena kedua orang tuanya juga kurus. Sedangkan gen resesif adalah gen yang diturunkan secara tidak langsung. Misalnya Andi kurus, sedangkan orang tuanya kurus, tetapi kakek atau neneknya kurus. Jadi gen kakek andi menurun kepada andi./ 

2. Masalah asupan gizi
Tidak bisa dipungkiri bahwa asupan gizi sangat berpengaruh pada berat badan seseorang. Orang yang asupan gizinya cukup, mayoritas mempunyai berat badan yang ideal/tdak terlalu kurus. Sedangkan orang yang kurang asupan gizinya, kebanyakan memiliki badan yang kurus. Tetapi sekali lagi, hal itu tidaklah mutlak karena tidak sedikit orang yang kecukupan asupan gizinya justru berbadan kurus. Sedangkan orang yang kekurangan asupan gizi ada juga yang berbadan gemuk. Yang pasti, kekurangan asupan gizi bisa menyebabkan badan menjadi kurus karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna agar asupan gizi cukup dan berat badan tubuh ideal dan sehat. 

3. Stress
Stress merupakan beban pikiran yang tidak bisa diatasi sehingga mengganggu aktivitas seseorang, misalnya nafsu makan menurun, hidup tidak teratur, dan lain sebagainya. Untuk berpikir kita membutuhkan tenaga, dan jika kita tidak bisa memecahkannya maka akan menimbulkan stress. Stress berat dapat membuat orang menjadi kurus, pusing, dan mudah sakit. Berpikir harus diimbangi dengan pola makan sehat dan teratur, serta istirahat yang cukup. Untuk mengatasi stress, bisa dengan curhat dengan teman/pasangan anda agar lebih cepat ditemukan solusinya. 

4. Kurang istirahat
Seperti yang telah kami informasikan pada artikel sebelumnya, kurang istirahat dapat menyebabkan badan menjadi kurus karena pola hidup yang tidak teratur. Kurang istirahat karena sering begadang membuat wajah menjadi pucat, tubuh lemas, dan nafsu makan berkurang. Meskipun ada sebagian orang yang merasa semakin gemuk karena begadang. Tetapi pendapat itu tidak logis jika dikaji secara ilmiah. Tubuh membutuhkan istirahat untuk mencerna dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Dan jika kita sering begadang dan kurang istirahat maka nutrisi dalam tubuh akan habis sehingga tubuh menjadi kurus. 

5. Kurangnya minum air putih
Air putih mengandung mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Air putih dapat memperlancar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Air adalah bagian utama dalam tubuh, karena mayoritas kandungan dalam tubuh manusia adalah air. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas sehari untuk menjaga proses pencernaan agar bekerja dengan baik. Air juga mencegah dehidrasi yang bisa membuat anda lemah dan lesu. Mungkin itulah beberapa penyebab utama badan kurus, meskipun ada beberapa penyebab lainnya seperti minum alkohol, kurang berolahraga. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab utama badan kurus, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel berikut ini : Cara Hidup Sehat Untuk Menggemukkan Badan.