Latest News

TIPS SEHAT MEMELIHARA KUCING DI RUMAH

Constiti.Com - Tips Sehat Memelihara Kucing Di Rumah - Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang terbukti mempunyai kesetiaan terhadap majikannya. Kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup menyenangkan, karena kucing bisa bercanda dan taat terhadap perintah majikannya. Karena sifat dan kesetiaannya itulah maka banyak orang yang suka dengan kucing dan memeliharanya. Ada banyak jenis kucing yang suka dipelihara, seperti kucing persia, kucing angora, dan banyak lagi. Tetapi tahukah anda bagaimana cara sehat memelihara kucing di rumah agar anda terhindari dari berbagai penyakit? Nah untuk lebih jelasnya silakan baca artikel berikut ini dengan saksama sampai akhir.

Kucing adalah hewan yang bisa memicu datangnya beberapa penyakit seperti toksoplasma, alergi, dan asma. Bulu kucing yang rontok dan beterbangan membuat kita bersin-bersin, sehingga menyebabkan alergi dan asma. Hal itu disebabkan oleh kotoran dan debu yang menyebar melalui udara. Sedangkan toksoplasma adalah virus yang dikeluarkan bersama dengan kotoran kucing, tetapi tidak setiap saat. Virus toksoplasma bisa berkembang biak di dalam tubuh kucing dan bisa menular ke orang-orang di sekelilingnya. 

Tips sehat memelihara kucing di rumah

Bagi anda yang suka dengan kucing dan mungkin saja sudah memeliharanya di rumah, alangkah baiknya anda membaca tips sehat memelihara kucing di rumah berikut ini dengan baik. Mungkin saja bermanfaat bagi anda agar terhindari dari berbagai penyakit. Berikut ini beberapa tips sehat memelihara kucing di rumah :
  1. Pastikan kucing anda tidak mengkonsumsi makanan mentah seperti tikus atau binatang lain yang mungkin saja terjangkit penyakit berbahaya. 
  2. Berikan makanan yang masak untuk kucing anda, bisa dengan makanan khusus kucing atau makanan lain. Sebaiknya tidak memberi makan kucing dengan daging mentah atau ikan mentah. 
  3. Rutin memandikan kucing setidaknya satu kali dalam seminggu menggunakan sabun khusus untuk membersihkan kotoran/bakteri yang menempel pada kucing. Setelah dimandikan, keringkan bulu-bulunya sampai benar-benar kering. 
  4. Berikan vaksin kepada kucing sesuai dengan usia kucing setiap tahun sekali. Beberapa vaksin yang biasa diberikan adalah vaksin rabies dan vaksin tokso untuk mencegah penyakit rabies dan toksoplasma.
  5. Hindari kontak langsung dengan kotoran kucing dan selalu gunakan sarung tangan saat membersihkannya.
  6. Bersihkan tempat kotoran kucing dua kali sehari, bisa dengan pasir khusus untuk kotoran kucing. 
  7. Bersihkan kandang kucing setiap hari untuk mencegah datangnya bakteri/virus. 
  8. Jika anda bermain/kontak fisik dengan kucing anda, sebaiknya cuci tangan setelahnya dengan sabun.
  9. Hindari memberikan susu yang tidak dipasteurisasi kepada kucing kesayangan anda. 
  10. Sebaiknya anda tidak tidur bersama/berdekatan dengan kucing kesayangan anda. Berikan tempat khusus untuk tidur kucing. 

Pada dasarnya memelihara kucing tidak berbahaya, selama anda bisa menjamin kebersihan dan kesehatan kucing anda. Kucing yang sehat tidak berbahaya bagi anda, sebaliknya jika kucing membawa penyakit/virus maka kemungkinan bisa menular kepada anda sekeluarga. Utamakan kesehatan keluarga anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips sehat memelihara kucing di rumah, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.