Latest News

CARA MENGOBATI BATUK BERDAHAK SECARA ALAMI PALING EFEKTIF

Constiti.Com - Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami Paling Efektif - Batuk adalah salah satu penyakit yang sering kita alami baik di usia muda, dewasa, maupun masa tua. Batuk adalah sebuah reaksi pertahanan tubuh atas gangguan yang terjadi pada pernapasan. Batuk bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi lingkungan (khususnya udara), karena obat, penyakit asma, sinusitis, atau karena terkena flu/influenza. Batuk merupakan proses alamiah yang pasti dialami oleh setiap orang, jadi anda tidak perlu khawatir. Yang perlu diperhatikan adalah berapa lama batuk tersebut menjangkit anda. Ini sangat berkaitan dengan jenis batuknya dan pengobatannya. 

Batuk dapat dibedakan menjadi beberapa macam jika dilihat dari tingkatannya, mulai dari batuk ringan, batuk sedang, atau batuk berdahak. Sejatinya, jika anda terkena batuk maka harus segera diobati agar tidak menyebabkan gangguan-gangguan lain serta tidak mengganggu aktivitas anda. Tindakan penyembuhan selain dengan obat bisa anda lakukan, antara lain dengan cara minuma air putih yang cukup (8 gelas sehari), menghindari tempat/lingkungan yang berdebu dan kotor, menghindari tempat yang dingin, serta waktu istirahat yang cukup.  Dan itu akan lebih efektif jika anda juga melakukan pengobatan secara alami dengan bahan-bahan tradisional. 

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami Paling Efektif

Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengobati batuk berdahak secara alami paling efektif. Berikut ini beberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami paling efektif :

1. Jeruk nipis
Jeruk nipis sangat bermanfaat bagi tubuh manusia khususnya bagi kesehatan. Jeruk nipis mengandung berbagai macam vitamin dan zat yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan serta menyembuhkan beberapa penyakit termasuk batuk berdahak. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang manfaat jeruk nipis bagi kesehatan silakan baca di sini. Sedangkan untuk mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis, anda bisa lakukan langkah-langkah berikut :
  • Ambillah satu buah jeruk nipis segar
  • Belah menjadi 2 atau 4 bagian
  • Peras jeruk nipis dan air perasannya ditampung di sendok atau gelas. 
  • Campurkan kecap ke dalam air perasan jeruk nipis tersebut.
  • Jika tidak suka dengan kecap, anda bisa menggantinya dengan madu. 
  • Minumlah secara rutin 2-3 kali sehari sampai sembuh.

2. Jahe
Jahe adalah salah satu tanaman holtikultura yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Jahe mengandung zat yang bisa menghangatkan tubuh serta mengandung zat antibakteri. Jahe sangat baik diminum bagi penderita batuk berdahak karena kehangatannya. Saat ini juga sudah banyak minuman sari jahe yang dijual belikan di pasaran. Nah bagi anda yang ingin mengobati batuk berdahak secara alami dengan jahe, lakukan langkah-langkah berikut :
  • Siapkan satu buah jahe dan kencur.
  • Rebus keduanya dengan air, kira-kira 2 gelas air.
  • Rebus hingga mendidih dan debit air berkurang sampai sekitar 1 gelas.
  • Diamkan sejenak dan tuangkan air rebusan jahe dan kencur tersebut ke dalam gelas dengan ara disaring.
  • Minum air rebusan jahe dan kencur tersebut 2 kali sehari. 

3. Daun sirih
Daun sirih punya banyak manfaat bagi manusia dan dipercaya sangat efektif untuk mengobati beberapa penyakit seperti mata rabun dan batuk berdahak.  Jika anda belum sempat membaca artikel tentang cara mengobati mata rabun dengan daun sirih silakan anda baca di sini. Nah, bagi anda yang ingin mengobati batuk berdahak dengan daun sirih lakukan langkah-langkah berikut :
  • Petik beberapa lembar daun sirih.
  • Tambahkan juga potongan jahe.
  • Masukkan ke dalam 1 liter air. 
  • Rebus sampai mendidih
  • Diamkan sejenak dan tuangkan ke dalam gelas dengan cara disaring.
  • Lakukan minimal sekali dalam sehari. 

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami Paling Efektif

Cukup mudah bukan untuk mengobati batuk berdahak secara alami? Bahan-bahan alami punya manfaat yang beragam dan tidak menimbulkan efek samping. Tidak seperti obat kimia yang menimbulkan efek samping bagi kesehatan khsusunya berdampak pada kesehatan ginjal. Anda bisa melakukan tips-tips di atas jika anda terkena  batuk berdahak. Tetapi semoga saja anda selalu dalam keadaan sehat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami Paling Efektif, semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.