Latest News

CARA AGAR TIDUR NYENYAK DAN PULAS PALING EFEKTIF

Constiti.Com - Tidur adalah istirahat alami yang sangat baik bagi kesehatan kita. Tidur merupakan proses istirahat yang sekaligus menyegarkan tubuh, karena saat kita tidur kita berhenti dari aktivitas berat/ringan. Saat kita bangun, maka organ-organ tubuh akan kembali segar dan siap difungsikan lagi. Tetapi ini tidak berlaku jika tidur kita tidak berkualitas/tidak nyenyak. Mengapa? Karena tidur yang sehat adalah tidur yang nyenyak, pulas, dan tidak sering bangun. Tidur anda kurang nyenyak? Mari membaca tips tentang cara agar tidur nyenyak dan pulas berikut ini.

CARA AGAR TIDUR NYENYAK DAN PULAS


Tidur yang nyenyak dan berkualitas akan membuat tubuh kita menjadi segar dan bugar saat bangun. Di pagi hari, kita akan merasa fit dan siap untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, jika tidur kita tidak nyenyak maka dijamin tubuh kita akan lemas, wajah akan terlihat pucat, dan tidak bersemangat menjalani aktivitas. Untuk itu mari kita cari tahu bagaimana agar tidur kita menjadi nyenyak dan pulas dengan membaca artikel tentang cara agar tidur nyenyak dan pulas ini.

Tips dan cara agar tidur nyenyak dan pulas :


1. Menenangkan pikiran sebelum tidur
Tips pertama ini harus anda lakukan. Karena mustahil anda bisa tidur nyenyak jika keadaan pikiran anda sedang kacau, galau, bercabang, dan lain sebagainya. Pikiran yang kacau bisa disebabkan karena masalah pekerjaan, asmara, masalah rumah tangga, dan lain-lain. Untuk bisa tidur nyenyak pikiran anda harus tenang. Bagaimana cara menenangkan pikiran? Bisa dengan membaca buku, menonton komedi, berbincang dengan pasangan, atau sekedar relaksasi.

2. Jangan tidur di siang hari
Secara logika, orang yang tidur di siang hari akan lebih lama melek dan tertahan dari tidurnya di malam hari. Karena durasi tidur idela kita adalah antara 6-8 jam sehari semalam. Jadi jika anda tidur di siang hari dalam waktu yang lama, maka saat malam hari anda akan sulit tidur. Untuk itu, sebaiknya anda tidak tidur di siang hari terlalu lama agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Karena tidur yang paling sehat dan berkualitas adalah tidur di malam hari. 

3. Stop kafein/kopi
Cara agar tidur nyenyak dan pulas yang ketiga adalah dengan menghindari minum kopi atau minuman yang mengandung kafein. Mengapa? Karena kafein bisa menstimulasi pergerakan saraf sehingga mampu menimbulkan peningkatan energi ekstra, sehingga membuat anda susah tidur. Kalau pun minum kopi, sebaiknya 4 jam sebelum waktu tidur.

4. Jangan terlalu banyak minum
Minuman bersifat cair dan akan dibuang oleh tubuh melalui buang air kecil/pipis. Jadi jika kita minum terlalu banyak air putih maka saat tengah malam/saat tidur kita akan sering bangun untuk buang air kecil. Itu dapat menyebabkan tidur kita menjadi terganggu dan tidur kita menjadi tidak nyenyak. Minumlah air putih secukupnya.

Sebenarnya masih ada beberapa cara untuk membuat tidur kita nyenyak dan pulas. Tetapi cara-cara di atas bisa anda coba jika anda mengalami susah tidur, atau tidur yang kurang nyenyak. Selamat mencoba. Khusus bagi ibu hamil, silakan baca artikel tentang cara agar ibu hamil bisa tidur nyenyak di sini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara agar tidur nyenyak dan pulas. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? CARA AGAR AWET MUDA DAN PANJANG UMUR ALA ORANG CINA KUNO