Latest News

CARA PALING MUDAH MENJAGA DATA PONSEL AGAR AMAN

Constiti.Com - Kecanggihan alat komunikasi dan teknologi seperi smartphone, blackberry, nokia, android, gadget, tablet memang memudahkan kita dalam berekpresi. Berbagai hal bisa kita lakukan dengan mudah dan praktis. Sms, telepon, chatting, browsing, membuat video, foto selfie, dan masih banyak lagi fitur-fitur keren yang ada di ponsel pintar saat ini. Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat ini menjadi berkah buat kita, namun juga bisa menjadi musibah buat kita. Mengapa? Karena beberapa kasus menunjukkan beredarnya data-data pribadi pemilik ponsel ke publik yang bisa membuat kita malu dan geram. Entah itu yang bersifat rahasia atau pun sangat rahasia. Tentu anda tidak ingin data-data pribadi dalam ponsel anda beredar di publik, bukan? Maka dari itu mari kita baca tips tentang cara menjaga data ponsel agar aman berikut ini.

CARA MENJAGA DATA PONSEL AGAR AMAN


Data pribadi adalah data yang seharusnya hanya dimiliki oleh satu orang. Dan jika sampai data-data pribadi anda seperti foto dan video beredar di publik karena keteledoran anda, maka anda tidak akan bisa tenang. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam menggunakan ponsel dan selalu menjaga keamanan ponsel anda. Jangan sampai orang lain melihat dan mengetahui data-data anda yang sangat rahasia, agar tidak disalahgunakan. Tapi bagaimana cara menjaga data ponsel agar aman? Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal yang wajib anda lakukan untuk melindungi data-data pribadi di ponsel anda. Simak sampai akhir ya.

Inilah Cara Menjaga Data Ponsel Agar Aman :


1. Mem-backup data penting yang ada di ponsel
Data penting di ponsel anda akan lebih aman jika di backup di komputer atau laptop. Mengapa? Karena jika ponsel anda hilang/rusak, sedangkan anda membutuhkan file/data tersebut maka anda sudah punya data cadangan. Tetapi pastikan laptop dan komputer anda aman dari kemungkinan-kemungkinan buruk sehingga data-data anda terjamin keamanannya. Backup bisa anda lakukan secara periodik setiap seminggu sekali atau sebulan sekali.

2. Hati-hati meminjamkan ponsel
Memiliki teman baik atau sahabat adalah berkah untuk anda. Kita bisa sharing dan curhat kepada sahabat kita. Tetapi semua ada batasnya. Namun untuk keamanan data-data pribadi anda yang sangat penting dan rahasia, sebaiknya anda tidak meminjamkan ponsel atau hp anda ke orang lain. Karena segala kemungkinan bisa saja terjadi. Ponsel yang berisi foto atau video pribadi jangan dipinjamkan ke orang lain agar keamanannya benar-benar terjamin. Kawan bisa jadi lawan, dan lawan bisa jadi kawan. Jadi kita harus tetap berhati-hati.

3. Cabut memori ponsel saat akan diservis
Saat ponsel atau hp anda rusak dan harus diservis, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencabut kartu memori (memory card) dari ponsel anda terlebih dahulu. Karena jika anda lupa tidak mencabut kartu memori, maka data-data pribadi anda akan dengan mudah diambil/dicuri. Jadi pastikan anda mencabut menyimpan memory card anda terlebih dahulu sebelum dibawa ke tukang servis. 

4. Hati-hati menggunakan ponsel
Ponsel anda adalah ponsel anda, dan anda berhak menggunakannya sesuai kemauan anda. Namun untuk mengantisipasi hal-hal buruk, sebaiknya anda tidak menggunakan fitur-fitur di ponsel seperti kamera foto dan video untuk hal-hal yang vulgar dan macam-macam. Sangat riskan sekali data-data anda akan dicuri atau diambil orang lain, mungkin karena kita lupa atau karena situasi yang mendesak. Jadi sebaiknya hindari pemakaian ponsel untuk hal-hal yang "negatif."

5. Gunakan fitur pengaman pada ponsel
Fitur ponsel yang canggih juga menyediakan alat pengaman bagi kita. Biasanya dalam ponsel canggih disediakan phone security untuk mejaga privasi pada ponsel anda. Bisa dengan password, PIN (Personal Identification Number), atau PUK (Personal Unblocking Key. Gunakan fitur-fitur keamanan tersebut untuk menjaga data-data pribadi yang ada di ponsel anda. 

6. Membuat koneksi aman
Koneksi yang ada di ponsel seperti bluetooth bisa membocorkan data-data pribadi anda. Untuk keamanan data, pastikan anda mematikan bluetooth setelah selesai menggunakannya. Karena dengan bluetooth kemungkinan orang lain membajak data ponsel anda sangat besar. Anda juga bisa mematikan data jika sedang tidak digunakan.

Banyak hal untuk menjaga kemanan data-data pribadi dalam ponsel anda. Tetapi enam langkah di atas sudah cukup untuk melindungi privasi anda. Jangan teledor menggunakan dan meletakkan hp/ponsel agar tidak menyesal di kemudian hari. Tetap berhati-hati yaa. Mungkin anda juga harus membaca bahaya radiasi hp bagi kesehatan dan cara menghindari radiasi hp dengan mudah. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menjaga data ponsel agar aman. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? CARA AGAR BATERAI HP / PONSEL TAHAN LAMA