Latest News

CARA MERAWAT HP LAYAR SENTUH/TOUCH SCREEN AGAR AWET

Constiti.Com - Saat ini teknologi semakin canggih dan membuat penggunanya semakin dimanjakan. Salah satunya adalah hp dengan teknologi layar sentuh/touch screen. Ya, hp touch screen memang saat ini menjadi pilihan para konsumen. Karena selain lebih mudah dan praktis, juga terlihat lebih keren. Hp layar sentuh/touch screen menggunakan sensor untuk menangkap tekanan dari luar. Tetapi hp layar sentuh/touch screen juga mudah rusak jika salah menggunakannya. Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat hp layar sentuh/touch screen agar awet.

CARA MERAWAT HP LAYAR SENTUH/TOUCH SCREEN AGAR AWET


Hp layar sentuh memang sangat diminati oleh konsumen. Namun banyak yang mengeluh karena touch screennya sudah tidak responsif lagi. Ada juga yang mengeluh karena tidak ada respon saat disentuh. Beberapa keluhan tersebut bisa jadi disebabkan oleh penggunaan yang keliru. Untuk itu ada baiknya anda menyimak tips berikut ini tentang cara merawat hp layar sentuh/touch screen agar awet. Simak tipsnya sampai akhir kata.

Cara Merawat HP layar sentuh/touch screen agar awet :


1. Gunakan screen guard/layar anti gores
Screen guard atau antigores wajib anda gunakan jika anda ingin hp anda awet. Screen guard berfungsi untuk menahan tekanan atau goresan yang terlalu keras yang dapat merusak sistem sensor pada hp touch screen. Saat ini screen guard sudah ada di setiap toko hp di sekitar kita. 

2. Jangan menekan terlalu keras
Menekan hp layar sentuh terlalu keras juga dapat merusak sistem layar sentuh di hp anda. Saat anda mengetik/menulis sms sebaiknya tidak menekannya terlalu keras. Gunakan pengaturan sentuhan di hp tersebut agar kita bisa mengukur seberapa kuat kita menyentuh.menekannya. 

3. Jangan dikantongi di celana ketat
Celana ketat seperti pencil, atau yang berbahan jeans yang ketat dapat merusak hp layar sentuh anda. Misalnya anda mengantongi hp layar sentuh di celana. Sudah pasti hp anda akan tertekan terlalu keras dan lama yang dapat merusak sistem sensornya. Untuk itu, simpanlah hp di celana yang agak longgar agar tidak tertekan. Selain merusak hp, juga dapat membahayakan kesehatan anda. Baca cara menggunakan hp yang sehat di sini. Dan inilah bahaya radiasi hp bagi kesehatan.

4. Jauhkan dari magnet
Kutub pada magnet dapat merusak hp layar sentuh anda. Pada awalnya mungkin tidak apa-apa, tapi jika terus-menerus maka dijamin hp layar sentuh anda akan rusak/tidak berfungsi. Kutub magnet dapat merusak sensor hp layar sentuh.

5. Jauhkan dari sinar matahari dan suhu tinggi/panas
HP layar sentuh menggunakan LCD atau sensor, dan sangat rawan jika didekatkan dengan suhu panas. Misalnya di dekat TV, kompor, microwave atau barang yang berusuhu panas lain. Sinar matahari juga dapat merusak hp layar sentuh anda, karena LCD layar sentuh bersifat liquid dan sinar matahari akan mempengaruhi kualitas dan kinerja layar sentuh hp tersebut.

6. Bersihkan hp secara rutin
Membersihkan hp layar sentuh wajib anda lakukan minimal saat sudah terlihat kotor. Gunakan cutton bud atau kapas yang bertekstur halus untuk membersihkannya. Jangan gunakan benda keras untuk membersihkan hp touch screen.

7. Jangan menyentuh Hp layar sentuh jika tangan basah karena air dan keringat.
8. Hindari memutar musik dengan volume maksimal.
9. Jauhkan dari anak-anak karena bisa saja dibanting/dipukul dan rusak.

Itulah beberapa tips penggunaan hp layar sentuh agar awet dan tahan lama. Daripada cepat rusak dan membeli lagi, lebih baik digunakan dan dirawat dengan baik. Selamat mencoba.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat hp layar sentuh/touch screen agar awet. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? TIPS SUKES MENGHADAPI TES KESEHATAN DAN LULUS