Latest News

CARA MERAWAT MOTOR BEKAS AGAR AWET

Constiti.Com - Anda baru saja membeli motor bekas/seken? Motor bekas memang menjadi alternatif bagi orang yang memiliki uang pas-pasan karena harganya yang lebih murah daripada motor baru. Motor bekas atau seken adalah motor yang sudah dipakai/tidak baru lagi. Dan kondisi motor bekas pun bermacam-macam. Ada yang masih bagus, tapi ada juga kondisinya yang sudah rusak/tidak normal. Nah bagi anda yang baru saja membeli motor bekas atau biasa membeli motor bekas, baca tips tentang cara merawat motor bekas agar awet berikut ini. 

CARA MERAWAT MOTOR BEKAS AGAR AWET


Kondisi motor bekas yang baru anda beli hendaknya dicek dengan teliti. Karena besar kemungkinan ada beberapa bagian yang sudah rusak. Selain itu anda juga tidak akan menyesal setelah tahu kondisi motor tersebut. Nah, perawatan motor bekas juga harus anda lakukan agar motor tetap awet dan nyaman untuk dikendarai. Oke langsung saja, berikut ini beberapa tips bermanfaat tentang cara merawat motor bekas agar awet untuk anda semua. Simak artikel ini sampai akhir.

Cara Merawat Motor Bekas Agar Awet


1. Rutin memeriksan kabel koil dan busi
Kabel koil adalah koabel yang menghubungkan arus listrik ke busi. Kabel koil harus segera diganti jika kondisinya sudah rusak. seperti adanya pengerasan pada kabel, sudah retak, atau sudah aus. Ini sangat penting untuk anda lakukan. Selain itu, kondisi busi juga harus tetap bagus. Busi sangat berperan penting dalam kelancaran mesin motor anda. Busi membuat mesin anda macet dan sulit menyala jika sudah usang. Segera ganti busi jika sudah tak ada percikan lagi saat motor diengkol.

2. Rutin memeriksa kelistrikan pada motor anda
Cara mudah memeriksa kelistrikan motor bekas adalah dengan cara menyalakan lampu depan, lampu belakang, klakson, lampu sein, double starter, dan lain-lain. Jika semuanya berfungsi maka kelistrikannya normal. Untuk antisipasi, periksa hal-hal tersebut setiap hari. Dan jika ada yang tidak berfungsi, maka segera diganti.

3. Rutin memeriksa aki/accu
Accu/aki adalah komponen utama dalam motor. Accu adalah sumber listrik pada motor, dan harus selalu dalam kondisi oke. Perawatan aki bisa anda lakukan setiap hari melihat air aki (jika aki basah). Jangan sampai aki melewati batas minimum dan maksimum. Dan jika baterei atau accu tersebut sudah melemah maka secepatnya diganti. Sebab jika dipaksakan, selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), dan korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya. Otomatis, arus listrik yang dihantarkan tidaklah sempurna sehingga menyebabkan kerusakan pada switc lampu, kontak mesin, atau dinamo. Dan jika motor anda tidak mau menyala, jangan dipaksakan untuk menyalakan dengan mendorongnya karena dapat merusak  gigi transmisi motor anda.

4. Rutin memeriksa oli mesin
Oli mesin ibarat air yang mengaliri motor anda. Oli mesin berguna untuk melumasi komponen-komponen motor, seperti stang klep, stang seher, saher, ring seher, kruk as, dan noken as. Jika kondisi oli sudah terlihat pekat dan menghitam, segera ganti oli anda dengan yang baru. Karena oli yang sudah pekat tidak mampu melumasi mesin secara maksimal. Oli sebaiknya rutin diganti/ditap setiap sebulan sekali.

5. Rutin membersihkan karburator/karburasi motor
Karburasi sangat berhubungan dengan kenyamanan motor anda. Karburasi yang kotor biasanya ditandai dengan suara mesin yang kasar dan tidak halus. Untuk itu bersihkan karburasi secara rutin setiap sebulan sekali. Jika anda punya waktu luang, pergilah ke bengkel motor terpercaya untuk servis karburasi. 

6. Rutin memeriksa selang bensin motor
Selang bensin pada motor harus selalu dalam keadaan baik. Ciri-ciri selang bensin yang rusak/wajib ganti adalah terdapat retakan-retakan atau pengerasan pada selang. Jika selang sudah retak, maka bagian-bagian kecil dari selang akan terbawa masuk ke karburator. Hasilnya, suplai bensin akan terhambat dan mengganggu sistem pembakaran.

7. Rutin menggunakan spare part orisinil/asli
Spare part atau onderdil motor sebaiknya menggunakan yang asli. Mengapa? Karena dari segi kualitas, spare part orisinil/asli lebih awet dan tahan lama. Selain itu, kemanan dan kenyamanan anda saat berkendara motor pun juga terjamin. Jangan menggunakan spare part imitasi/palsu karena sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan kenyamanan anda. 

8. Rutin mengecek kondisi motor secara umum
Misalnya menyetel rantai motor yang terlalu kencang/terlalu kendor ke setelan normal, memeriksa tekanan angin pada ban, dan jangan lupa memanaskan mesin sebelum digunakan selama 1 menit. Pemanasan bertujuan untuk memberi waktu oli dalam melumasi komponen-komponen mesin dalam motor. Jangan terlalu lama memanasi mesin motor.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat motor bekas agar awet. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? CARA AGAR TIDUR NYENYAK DAN PULAS PALING EFEKTIF