Latest News

KOLESTEROL TINGGI? INILAH SOLUSINYA UNTUK ANDA

Constiti.Com - Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak menimpa sebagian besar orang. Khususnya bagi orang yang gemuk, jarang berolahraga, dan hobi makan makanan berlemak. Ya, kolesterol tinggi datang dari pola hidup kita yang tidak sehat. Kolesterol tinggi dapat menghambat peredaran darah dan menyebabkan beberapa penyakit mematikan, seperti hipertensi, stroke dan jantung. Kolesterol tinggi tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Karena untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh kita harus cek kolesterol dengan alkes tertentu. Lalu bagaimana mengatasi kolesterol tinggi? Inilah solusinya untuk anda.

KOLESTEROL TINGGI? INILAH SOLUSINYA


Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol baik (HDL) dibutuhkan tubuh. Sedangkan kolesterol jahat (LDL) akan menyebabkan penyakit. Ada beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, baca di sini. Kolesterol jahat yang jumlahnya melebih batas akan menjadi bumerang bagi kita dan menyebabkan beberapa penyakit. Makanan cepat saja dan berlemak adalah makanan yang paling berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Kelebihan kolesterol akan membuatnya bercampur dengan darah dan menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah yang menyempit inilah yang dapat menyebabkan serangan jantung. Untuk itu kita harus waspada dalam bergaya hidup. Utamakan pola hidup sehat untuk mengurangi kolesterol. Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang kolesterol tinggi? Inilah solusinya. Mari kita simak apa saja yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan mudah dan efektif.

Cara Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh :


1. Menjaga berat badan ideal
Berat badan ideal seseorang adalah berat badan yang sesuai dengan tinggi badannya. Untuk ukuran dewasa, caranya tinggi badan dikurangi 110. Hasil dari pengurangan itulah berat badan ideal kita. Nah untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh anda bisa menurunkan berat badan anda jika anda terlalu gemuk. Karena orang yang gemuk (obesitas) sangat rawan memiliki kolesterol berlebih dalam tubuh. Diet secara sehat bisa menjadi alternatif untuk anda.

2. Kurangi makanan berlemak
Makanan berlemak memang rasanya enak dan nikmat. Tetapi anda juga harus tahu bahwa makanan berlemak seperti gorengan, makanan cepat saji, kacang tanah, mengandung kolesterol yang tinggi. Khusus untuk gorengan, akan sangat berbahaya jika minyak goreng yang digunakan berkualitas rendah. Minyak goreng sehat hanya boleh digunakan selama 3 kali menggoreng. Makanan gorengan seperti mendoan, bakwan, tempe goreng banyak mengandung lemak jahat yang buruk bagi kesehatan tubuh kita. Jadi jangan makan gorengan dulu, atau seterusnya (sedikit boleh).

3. Konsumsi makanan sehat
Apa saja makanan sehat itu? Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan makanan berserat lainnya adalah makanan yang tepat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Konsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Jeruk, alpukat, apel, pisang, jambu biji adalah beberapa contoh buah-buahan yang baik dikonsumsi saat kolesterol tinggi. 

4. Berolahraga
Tidak ada kata bosan untuk mengingatkan agar kita rajin berolahraga. Berolahraga sangat baik untuk kesehatan fisik kita, dan tentunya dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Olahraga secara rutin selama 40 menit setiap hari adalah hal mudah yang bisa anda lakukan. Bersepeda, jalan kaki, berenang, jogging, adalah olahraga mudah dan menyenangkan. Sekali lagi, jangan malas berolahraga karena dengan olahraga tubuh akan tetap sehat.

5. Pola hidup sehat
Hidup sehat dimulai dari diri kita sendiri. Jika anda perokok, maka berhentilah dari kebiasaan merokok. Jangan minum minuman beralkohol, minuman bersoda, minuman berkafein, untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kolesterol Tinggi? Inilah Solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? CARA PALING MUDAH MENJAGA DATA PONSEL AGAR AMAN