Latest News

INILAH MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN TUBUH KITA

Constiti.Com - Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenanmya matahari. Itulah pengertian sederhana dari puasa. Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Puasa merupakan salah satu ritual keagamaan yang ada dalam islam dan berhukum sunah dan wajib. Puasa sunah adalah puasa yang bila dilaksanakan akan mendapatkan pahala, dan jika ditinggalkan tidak apa-apa. Sedangkan puasa wajib adalah puasa yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim, dan jika ditinggalkan maka harus menggantinya di lain hari. Puasa sunah misalnya puasa senin kamis, puasa arafah, puasa syawal, dan lain-lain. Puasa wajib adalah puasa ramadhan yang sebentar lagi akan kita hadapi. 

MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN TUBUH
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


Apa saja manfaat puasa bagi tubuh kita? Bukankah kita akan merasa kelaparan jika tidak makan dan minum selama kurang lebih 15 jam? Nah, bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita, simak info berikut ini sampai akhir. Karena kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Dan bagi anda yang ingin berpuasa namun tetap sehat, silakan baca tips sehat saat berpuasa di sini. 

Berpuasa adalah ibadah yang sangat menguntungkan bagi kita semua. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, secara langsung kita juga akan diuntungkan dengan beberapa manfaat bagi kesehatan kita. 

Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh :


1. Mampu mengendalikan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan kadar gula dalam tubuh. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang hal ini, tapi kami yakin masih banyak yang belum tahu. Ya, dengan kita tidak makan selama sekitar 14 jam, maka asupan makanan dalam tubuh kita akan berkurang. Tetapi masalahnya banyak orang yang kelebihan nutrisi, kelebihan gula darah, dan kelebihan kolesterol. Untuk itu, pada dokter penyakit dalam justur mendukung orang yang menderita diabetes, hiperkolestrerol, dan hipertensi untuk berpuasa. Selain itu, puasa juga dapat menurunkan berat badan bagi penderita obesitas.

2. Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Saat kita berpuasa, secara tidak sadar maka kekebalan tubuh kita menjadi naik karena terjadinya peningkatan limfosit sebanyak 10 kali lipat. Hmmm, sungguh menakjubkan.Sel T dalam tubuh mengalami kenaikan sangat pesat, meskipun sel darah putihnya tidak berubah. Perubahan aksidental lipoprotein yang berkepadatan rendah (LDL), tanpa diikuti penambahan HDL. LDL merupakan lipoprotein yang berpengaruh stimulatif bagi respon imunitas tubuh kita. Jadi puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

3. Puasa dapat menjaga kesehatan pencernaan dan memperbaiki kinerja organ pencernaan. Saat tubuh tidak mengkonsumsi makanan selama puasa, maka kerja organ pencernaan akan sangat berkurang. Inilah yang membuat organ pencernaan bisa istirahat. Dengan begitu organ pencernaan kita akan terjaga kesehatannya. Jika organ pencernaannya sehat, maka kinerjanya juga akan semakin baik. 

4. Puasa dapat membersihkan usus, membersihkan tubuh dari sisa makanan, dan mengurangi lemak dalam tubuh. Puasa membuat kita terkurangi asupan makanannya, dan membuat usus menjadi kosong/bersih. Dengan begitu usus akan bersih dari sisa-sisa makanan yang menempel. Lemak dalam tubuh juga akan terkurangi karena kita tidak makan selama berpuasa. 

5. Meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. HDL adalah lemak baik dalam tubuh. Sedangkan LDL adalah lemak jahat dalam tubuh. Nah, saat kita berpuasa maka HDL dalam tubuh akan meningkat, sedangkan LDL akan turun. Menurut ilmu medis, peristiwa tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Puasa akan berdampak pada ritme penurunan distrbusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin, dan glisemia (sumber :chronobiological). 

6. Puasa dapat meningkatkan konsentrasi urine dalam ginjal dan meningkatkan osmosis urine sekitar 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Hal itu disebabkan karena kita berhenti minum selama berpuasa. Dengan begitu, fungsi ginjal akan terlindungi dengan baik. Bahkan saat kita dehidrasi (karena berpuasa), maka dapat meminimalkan volume air dalam darah kita. Sehingga, fungsi dan kinerja sel darah merah menjadi terpacu. Dan ini baik bagi kesehatan kita.

7. Puasa dapat memanjangkan umur seseorang. Mengapa bisa demikian? Ya, karena saat kita berbuka puasa akan membentuk pola makan yang rotatif. Dengan begitu, maka akan membebani asimilasi makanan dalam tubuh kita. Jika itu terjadi maka hormon sistem pencernaan dan insulin akan keluar dengan jumlah besar. Dan salah satu rahasia hidup jangka panjang adalah penurunan berbagai hormon dalam tubuh. Itu adalah hasil dari penelitian endokrinologi.

8. Puasa dapat memperbaik kinerja sel-sel dalam tubuh dan meremajakannya. Ketahuilah bahwa puasa ternyata dapat membuat kinerja sel-sel dalam tubuh menjadi lebih baik. 

9. Nilai puasa dapat menjaga kesehatan jantung. Saat kita berpuasa, kita dilarang untuk marah. Kita harus menjaga amarah. Dengan demikian, hati kita akan tenang, teduh, dan tidak diselimuti amarah. Ini sangat berdampak baik bagi kesehatan psikis dan jantung kita. Karena saat kita marah maka adrenalin dalam tubuh akan meningkat 30 kali lipat. Denga adrenalin yang meningkat saat kita marah maka akan menyempitkan pembuluh darah perifer, meluaskan pebuluh darah koroner, memperkecil kontraksi otot empedu, meningkatkan tekanan darah rterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Nah, jika kita sering marah maka risiko penyakit jantung akan semakin besar. Kita harus menahan amarah saat berpuasa. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? TIPS MAKAN MALAM TANPA BIKIN GEMUK