Latest News

STRATEGI JITU BERBISNIS KULINER DAN SUKSES

Constiti.Com - Anda gemar memasak dan ingin membuka bisnis kuliner? Mengapa tidak anda lakukan? Banyak yang memiliki kemampuan memasak atau berbisnis kuliner. Hanya saja banyak yang takut dan bingung dengan apa yang harus dilakukan. Bagaimana cara promosi, bagaimana cara agar banyak pembeli, dan lain sebagainya. Itu bukan untuk anda pikirkan, tetapi menjadi hal yang harus anda selesaikan. Anda harus tahu strategi untuk promosikan bisnis kuliner anda. Berikut ini kami sajikan strategi jitu berbisnis kuliner dan sukses.

STRATEGI JITU BERBISNIS KULINER DAN SUKSES


Berbisnis kuliner memang sangat menjanjikan dilihat dari labanya. Bayangkan saja, makanan adalah sesuatu yang dikonsumsi oleh orang setiap hari. Jadi anda bisa mengkalkulasikan berapa jumlah makanan yang harus ada setiap hari. Nah bagi anda yang punya kemampuan memasak dan membuat makan enak, tetapi bingung dalam memulai dan mempromosikannya, silakan baca artikel tentang strategi jitu berbisnis kuliner dan sukses berikut ini. Kami akan berbagi cara-cara promosi yang baik, efektif, dan membuat bisnis kuliner anda maju dan sukses.

Strategi Jitu Berbisnis Kuliner Dan Sukses :


1. Menyebar brosur dan stiker tentang bisnis kuliner anda
Menyebar brosur dan stiker masih menjadi sarana promosi yang paling diminati. Karena dengan menyebarkan brosur para calon konsumen akan tahu dan mencoba bisnis kuliner anda. Tetapi penyebaran brosur dan stiker akan sia-sia jika tidak tepat sasaran. Anda bisa mendesain brosur tersebut dengan desain unik dan menarik. Jangan lupa sertakan resep masakan, manfaat makanan sehat, dan hal-hal menarik lain yang berhubungan dengan bisnis kuliner anda. Selain itu, tonjolkan nilai plus dari bisnis kuliner anda. Misalnya, dibuat dengan cara yang higienis dan dijamin halal, dibuat dari bahan yang rendah lemak, dibuat dari bahan baku yang segar, dan lain-lain. Bisa juga dengan menonjolkan menu andalan bisnis kuliner anda. Dan yang tidak boleh anda lupa adalah menginformasikan lokasi bisnis kuliner anda. Dengan peta dan lokasi yang jelas akan mempermudah pelanggan untuk datang ke toko anda. Buatlah peta/denah lokasi jika toko anda kurang strategis. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita berusaha keras.

2. Promosi online
Promosi secara online memiliki beberapa kelebihan diantaranya tidak hanya lingkungan terdekat yang dapat dijangkau. Promosikan bisnis kuliner anda melalui facebook, twitter, google +, atau berbagai media sosial lain. Jangan lupa untuk memposting testimoni dari pelanggan tentang masakan anda dan kualitas pelayanan bisnis kuliner anda. Ini akan sangat membantu anda agar orang-orang terpengaruh untuk mencoba produk kuliner anda.

3. Promosi saat ada momen-momen besar
Momen atau peristiwa besar tentunya mendatangkan perhatian dari banyak orang. Inilah kesempatan anda untuk promosi bisnis kuliner anda. Momen besar seperti pasar malam, bazar, pameran, pengajian, peringatan hari-hari besar bisa menjadi lahan empuk untuk anda untuk berpromosi. Ingat, buatlah paket promosi dan brosur atau stiker yang menarik untuk dibaca orang. 

4. Bekerjasama dengan pihak lain
Selain langsung ke konsumen, anda juga bisa mencoba bekerjasama dengan beberapa pihak seperti departemen dan dinas-dinas tertentu. Sebut saja dinas pariwisata, agen bus wisata, biro perjalanan, dan pihak yang masih berkaitan dengan usaha kuliner anda. UKM dan koperasi bisa jadi alternatif anda dalam mempromosikan bisnis kuliner anda. 

5. Buatlah nama dan brand yang unik
Brand atau merek dagang yang unik akan mudah dihafalkan dan bisa menjadi buah bibir para konsumen. Tentunya dibarengi dengan kualitas makanan yang anda jual. Nama/merek yang unik akan mempermudah anda dalam berpromosi pada orang-orang. 

6. Diskon menarik
Diskon sebagai cara promosi dan mendatangkan konsumen dengan cepat. Diskon bisa anda lakukan di saat ada momen-momen penting seperti hari-hari besar. Diskon bisa sangat efektif jika dibarengi kualitas yang selalu terjaga. Jangan terlalu sering mengadakan diskon jika anda tak mau rugi.

7. Menjaga kualitas produk kuliner anda
Dalam berbisnis makanan/kuliner, rasa adalah segalanya. Kenikmatan masakan dan rasa dari produk anda menjadi daya tarik utama bagi para konsumen. Untuk itu pastikan makanan yang anda jual mempunyai cita rasa yang lezat dan nikmat. Dan jangan sampai anda mengurangi kualitas produk anda jika tidak ingin ditinggalkan konsumen setia anda. Biarkan konsumen nyaman dengan menu kita dan pertahankan.

Itulah beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kuliner anda. Jangan takut untuk mencoba, tapi cobalah untuk maju. Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang tips memulai usaha, silakan anda baca di sini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang strategi jitu berbisnis kuliner dan sukses. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? TIPS SUKSES MELAMAR KERJA DI LUAR NEGERI