Latest News

TIPS SUKSES MELAMAR KERJA DI LUAR NEGERI

Constiti.Com - Anda ingin bekerja di luar negeri? Bekerja di luar negeri memang menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian orang. Wajar, karena dengan bekerja di luar negeri pengalaman kita akan semakin banyak dan tentunya berpenghasilan besar. Namun tidak semua negara di luar indonesia menggaji karyawannya lebih besar daripada indonesia. Sebut saja negara seperti amerika, inggris, australia, UEA, qatar, dan negara-negara maju lain memang memiliki magnet bagi para pekerja karena gaji yang diberikan cukup besar. Inilah alasan kami berbagi tips sukses lemara kerja di luar negeri. Khususnya bagi anda yang ingin bekerja di luar negeri.

TIPS SUKSES MELAMAR KERJA DI LUAR NEGERI


Untuk bekerja di luar negeri dibutuhkan persiapan fisik, mental, dan finansial yang cukup. Secara fisik, kita akan jauh dari keluarga dan teman-teman. Secara mental, kita dituntut untuk mandiri dan hidup sendiri jauh dari keluarga. Dan soal finansial, kita membutuhkan visa, paspor, uang saku, dan uang transport yang tidak sedikit. Tetapi yakinlah bahwa anda tidak akan rugi bekerja di luar negeri. Ada banyak hal-hal menarik dan menguntungkan bagi anda jika bekerja di luar negeri. Untuk itu simak tips sukses melamar kerja di luar negeri berikut ini.

Tips Sukses Melamar Kerja Di Luar Negeri :


1. Browsing/informasi di internet
Intrnet adalah salah satu cara paling mudah untuk mencari pekerjaan di luar negeri. Anda tinggal mencari website atau situs yang menyediakan informasi pekerjaan di luar negeri. Misalnya situs seperti www.catererglobal.com yang menyediakan banyak lowongan pekerjaan. Misalnya lowongan kerja di Hotel dan kapal pesiar. Dan kebanyakan penempatannya di United Arab Emirates seperti Dubai, Abu Dhabi dan lain-lain. Di situs tersebut juga ada banyak macam profesi yang mungkin anda minati.

2. Mempersiapkan data diri/curriculum vitae yang lengkap
Saat ini melamar pekerjaan tidak harus secara manual. Karena saat ini banyak perusahan di luar negeri lebih memilih menggunakan email untuk menyeleksi dan membuka lowongan pekerjaannya. Untuk itu bagi anda yang ingin bekerja di luar negeri, siapkan curriculum vitae (CV) diri anda dengan lengkap. Jangan lupa untuk menulisnya dalam bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Cantumkan data diri anda secara lengkap, misalnya no HP, email, skype id, pengalaman bekerja (jika ada), dan hal-hal penting lainnya. Jika perusahaan yang anda lamar berminat, maka anda akan dihubungi oleh pihak perusahaan lewat telepon atau email. Dan wawancara bisa dilakukan melalui skype.

3. Mempelajari bahasa inggris dasar
Bagi anda yang belum bisa berbahasa inggris dengan lancar, jangan menyerah untuk belajar. Karena untuk bekerja di luar negeri anda harus menguasai bahasa inggris secara aktif dan pasif. Pelajarilah bahsa inggris dasar terlebih dahulu, misalnya kursus di english course, atau cara lain. Tetapi jika anda melamar kerja di korea atau jepang, maka jangan lupa juga untuk mempelajari bahasa kedua negara tersebut. 

4. Mencari informasiperusahaan yang akan anda lamar
Anda harus mencari tahu tentang perusahaan yang akan anda lamar. Setidaknya anda memiliki wawasan yang cukup tentang perusahaan dan negara perusahaan tersebut. Karena biasanya anda akan ditanya motivasi anda bekerja, apa yang anda tahu tentang perusahaan, dan apa yang anda tahu tentang negara tersebut. Jangan sampai anda tidak tahu dan bengong saat ditanya tentang hal-hal mendasar tersebut. Jawablah dengan tegas dan tepat agar mereka yakin bahwa anda adalah sosok yang berkarakter dan bermotivasi tinggi untuk bekerja di situ. Bagi anda yang sedang atau akan menjalani tes kesehatan di sebuah perusahaan, baca tips sukses menghadapi tes kesehatan di sini.

5. Persiapan mental
Mental yang kuat adalah mental yang bisa bertahan dalam situasi apa pun. Misalnnya, anda harus kuat saat anda melamar kerja di luar negeri namun ditolak. Atau jika anda diterima, maka anda harus siap mental untuk hijrah dan merantau ke negeri orang. Jika anda gagal/belum diterima, jangan menyerah untuk mencoba lagi. Masih banyak perusahaan-perusahaan lain yang mungkin mau menerima anda. Jika anda ditolak karena kemampuan yang masih kurang, maka teruslah asah kemampuan dan kapasitas anda dalam bidang pekerjaan yang anda minati. Intinya, jangan menyerah untuk maju dan bekerja di luar negeri.

Bekerja di luar negeri memang menyenangkan dan terlihat keren. Jadi, kalau anda ingin bekerja di luar negeri maka anda bisa melakukan tips-tips di atas agar diterima dan sukses. Selamat mencoba, semoga sukses.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips sukses melamar kerja di luar negeri. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Sudah membaca artikel bermanfaat ini? TIPS MEMILIH TEMPAT TINGGAL YANG NYAMAN