Latest News

CARA MENGOBATI RADANG TENGGOROKAN PALING AMPUH

Constiti.Com - Cara Mengobati Radang Tenggorokan Paling Ampuh - Anda sedang mengalami radang tenggorokan? Pasti tenggorokan rasanya sakit untuk menelan, batuk, suara menjadi serak, gatal, dan membuat badan kita panas dingin. Ya itulah radang tenggorokan. Radang tenggorokan adalah infeksi pada tenggorokan yang terjadi akibat bakteri Streptococcus Pyogenes atau streptokokus A. Bakteri ini bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Penybarannya melalui udara ketika ada orang bersin dan batuk. Juga bisa menyebar melalui makanan dan minuman, atau segala sesuatu yang sudah terjangkit bakteri ini. Adakah cara untuk mengobati radang tenggorokan yang ampuh? Simak artikel berikut ini.

CARA MENGOBATI RADANG TENGGOROKAN

Cara mengobati radang tenggorokan bisa anda lakukan dengan berbagai cara-cara alami. Meskipun ada juga obat untuk radang tenggorokan, namun obat alami adalah pilihan terbaik untuk anda. Karena obat alami tidak berbahaya dan ampuh mengobat radang tenggorokan. Tetapi sebelum itu, ada baiknya anda harus tahu apa saja sih gejala radang tenggorokan? Berikut ini adalah kondisi/gejala radang tenggorokan :
  • Tenggorokan terasa sakit.
  • Kelenjar getah bening di leher membengkak/membesar.
  • Suli/sakit saat  menelan. Bahkan menelan air/ludh pun terasa sakit.
  • Amandel berwarna merah dan bengkak.
  • Bisa juga terdapat bercak putih pada permukaan amandel. Bercak putih itu mirip seperti sariawan.
  • Mengalami sakit kepala.
  • Badan demam dengan suhu  lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit).
  • Badan terasa lemas dan lelah.
  • Ada ruam-ruam.
  • Terdapat bntik-bintik merah di langit-langit mulut.
  • Sakit perut dan muntah.
  • Sendi-sendir terasa nyeri.

Dilihat dari gejalanya, mungkin ada kemiripan dengan gejala tifus/tipes. Tetapi yang pasti tenggorokan sakit dan sulit untuk menelan dan ada gejala-gejala yang berhubungan dengan tenggorokan anda. Nah setelah mengetahui gejala radang tenggorokan, mari kita baca tips cara mengobati radang tenggorokan paling ampuh berikut ini.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan :


1. Berkumur-kumur
Berkumur-kumur di sini bukan hanya dengan air saja, tetapi dengan kombinasi kunyit dan garam. Caranya, campurkan 1 sdt garam dan sepotong kunyit ke dalam 200 ml air hangat. Dan digunakan untuk berkumur sebanyak 3-4 kali sehari. Cara ini sangat efektif menyembuhkan sakit radang tenggorokan.

2. Dengan madu dan lemon
Cara kedua adalah dengan dengan minum air hangat yang dicampur dengan madu dan lemon. Caranya, siapkan 1 gelas air putih hangat. Lalu campurkan 1 sdm madu dan 1 sdm lemon. Setelah itu diminum secara rutin. Cara ini juga ampuh mengobati radang tenggorokan karena madu mengandung antibiotik. Namun madu sebaiknya jangan diberikan untuk anak di bawah usia 2 tahun. Tanpa lemon pun, anda bisa menggunakan madu saja.

3. Jus lemon tanpa gula
Masih dengan lemon, kali ini dengan minum jus lemon tanpa gula. Caranya, peras buah lemon kemudian ambil air perasannya sebanyak 2 sdm. Lalu campurkan dengan air putih hangat satu gelas. Lalu diminum 1 jam sebelum makan.

4. Minum jus belimbing
Buah belimbing mengandung banyak vitamin C. Dan untuk mengobati radang tenggorokan anda bisa minum jus belimbing. Caranya sangat mudah, cukup blender buah belimbing lalu diminum. Belimbing mengandung zat anti-radang yang biasa digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

5. Minm teh chamomile hangat
Anda tahu teh chamomile? Teh ini sangat ampuh mengobati radang tenggorokan karena memang ampuh menyembuhkan peradangan/inflamasi. Caranya dengan menyeduh 2 kantung teh chamomile dengan segelas air putih hangat dna diampur 1 sdm madu. Minum sebanyak 2 kali sehari secara rutin.
Atau jika anda tak punya teh chamomile, anda bisa menggunakan teh biasa yang ditambah dengan satui inci jahe memar. Anda bisa mendapatkan teh jahe ini di warung-warung tradisional.

6. Makan sup ayam
Sup ayam dengan rasa yang asam dapat menambah nutrisi untuk menyembuhkan raang tenggorokan. Selain itu, sup ayam juga mudah ditelan dan tak perlu dikunyah lama. Sup ayam hangat bisa menjadi solusi bagi anda penderita radang tenggorokan.

7. Konsumsi bawang putih
Mungkin kedengarannya aneh dan tidak enak. Memang tidak enak, tetapi cara ini efektif mengobati radang tenggorokan. Tetapi anda harus tahu bahwa bawang putih mengandung zat allicin, yaitu zat pembunuh bakteri. Kunyah bawang putih agar zat allicinnya keluar dan menyembuhkan radang tenggorokan yang anda alami.

8. Dengan daun kemangi
Daun kemangi memiliki banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Daun kemangi bisa menyembuhkan radang tenggorokan.Caranya, rebus daun kemangi dan air secukupnya. Lalu minum air rebusan daun kemangi tersebut. Atau jika anda tidak doyan, maka bisa untuk berkumur-kumur saja.

9. Dengan uap panas
Cara ini cukup ekstrem dan kuno, tetapi masih banyak orang yang melakukannya untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

Masih ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengobati radang tenggorokan. Tetapi dengan cara-cara di atas radang tenggorokan yang anda alami bisa segera sembuh dan membaik. Cara di atas akan lebih baik hasilnya jika anda istirahat yang cukup, banyak minum air putih yang banyak, dan jangan merokok. Namun jika dalam beberapa hari radang tenggorokan tak kunjung sembuh, maka periksalah ke dokter. Karena bisa jadi ada penyakit lain dalam tubuh anda. Salam Sehat.!!!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips cara mengobati radang tenggorokan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : Cara Memakai Jilbab Segi Empat Yang Benar dan Mudah