Latest News

WISATA SOLO YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Wisata Solo Yang Wajib Dikunjungi adalah beberapa tempat wisata di Kota Solo atau Surakarta yang paling indah dan populer. Obyek wisata Kota Solo memang menawarkan banyak hal, misalnya wisata budaya karena di sana ada Keraton Kasunanan Surakarta. Dan juga ada wisata modern karena di Solo banyak wisata belanja dan lain sebagainya. Wisata Solo memang menjadi ikon Jawa Tengah. Solo adalah pusat perekonomian dan budaya Jawa Tengah. Obyek wisata di Solo juga tak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Wisata Solo sendiri ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Sebagai pusat budaya Jawa, Solo memang selalu berbenah agar semakin banyak wisatawan yang datang. Nah bagi anda yang ingin berkunjung ke Kota Solo alangkah baiknya anda membaca informasi wisata solo yang wajib dikunjungi dari kami berikut ini. Karena kami akan menyajikannya secara lengkap dan menarik.

WISATA SOLO YANG WAJIB DIKUNJUNGI

WISATA SOLO sebenarnya bukan hanya terletak di Kota Solo saja. Ada kota-kota di sekitar Solo yang masuk dalam paket wisata solo. Misalnya Karanganyar, Klaten, Sukoharjo,Sragen, dan Boyolali. Mengapa demikian? Karena kota-kota di sekitar Solo masuk dalam Karesidenan Surakarta. Obyek Wisata Solo memang sangat beragam dan menarik. Selain itu, tarif penginapan dan hotel di Kota Solo relatif terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya. Solo The Spirit Of Java, begitulah slogan untuk Kota Solo. Memang Solo sangat kental dengan budaya Jawa. Solo terkenal dengan kesederhanaan dan kesopanan yang menjadi karakter masyarakat Solo. Yuk langsung saja kita simak apa saja obyek wisata solo yang wajib dikunjungi. Tentunya obyek wisata yang paling indah.

Wisata Solo Yang Wajib Dikunjungi

1. Obyek Wisata Keraton Surakarta
Keraton Surakarta adalah magnet bagi para wisatawan dan backpacker yang berkunjung ke Kota Solo. Keraton Surakarta memiliki nilai historis dan nilai budaya yang tinggi. Anda bisa mengelilingi Keraton Surakarta hanya dengan membayar tiket masuk Rp10.000,-. Bahkan pada malam 1 Suro anda bisa melihat kerbau putih keraton yang diarak mengelilingi kota solo. Ada juga jamasan yaitu mencuci benda-benda pusaka kuno di keraton. Banyak benda kuno dan menarik yang bisa anda lihat di Keraton Surakarta, misalnya kereta kencana.

2. Obyek Wisata Taman Balekambang
Taman Balekambang adalah obyek wisata di Solo yang begitu terkenal. Terletak di dekat Stadion Manahan (Jl Ahmad Yani) dan menjadi destinasi para wisatawan maupun masyarakat solo yang ingin bersantai menikmati udara segar. Luas Taman Balekambang adalah 10 hektar, sehingga cukup luas untuk berwisata. Taman Balekambang terdapat dua lokasi yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Jangan lupa mampir ke Balekambang jika ke solo.

3. Obyek Wisata Pasar Klewer
Nah wisata Pasar Klewer adalah wisata belanja bagi anda semua. Pasar Klewer terkenal dengan baju-baju batik khas solo yang banyak diperjualbelikan di sana. Pasar Klewer adalah pusat tekstil dan terbesar di Solo. Aneka macam motif batik dan souvenir khas Solo siap menyambut anda saat masuk di Pasar Klewer. Ada sekitar 2000 pedangang yang berjualan di Ps Klewer. Terletak di sebelah Alun-Alun Utara Solo, pasar klewer begitu ramai dikunjungi wisawatan. Pasar Klewer semakin melegenda karena Didi Kempot dan Jokowi juga mempromosikannya.

4. Obyek Wisata Kampung Batik Kauman
Kauman adalah sebuah kampung yang terletak di area Keraton Kasunanan Surakarta. Sebagai pusat batik, Kampung Kauman memang mayoritas warganya membatik aneka motif. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Kauman untuk membeli batik di sana. Selain Kauman, ada juga Kampung Laweyan yang juga sebagai berpredikat sebagai kampung batik. Anda bisa membeli dan melihat proses pembuatan bati di sana.

5. Obyek Wisata Taman Sriwedari
Wisata Solo selanjutnya adalah taman sriwedari. Taman ini adaah tempat pertunjukan wayang orang (wayang wong) yang bertajuk Mahabarata dan Ramayana di Gedung Wayang Wong. Di dalam taman sriwedari juga ada berbagai macam permainan anak yang menarik. Di malam hari, taman sriwedari sering digunakan untuk panggung seni dangdut, koesplus, dan lain sebagainya. 

6. Obyek Wisata Pandawa Water World
Dilihat dari namanya saja anda tahu bahwa ini adalah wisata air. terletak di kawasan Solo Baru yang begitu ramai dikunjungi. Ada berbagai macam aneka wahana permainan air yang bisa anda nikmati di sana. Untuk masuk ke Pandawa Water World, anda cukup merogoh kocek Rp50.000 di hari biasa dan Rp100.000 di akhir pekan. Dengan begitu anda bisa menikmati segala permainan air yang begitu menyenangkan bersama keluarga.

7. Obyek Wisata Museum Manusia Purba Sangiran
Jika anda ingin lebih mengetahui sejarah dan fosil-fosil manusia purba, maka Museum Manusia Purba Sangiran adalah pilihan yang paling tepat. Anak-anak anda akan diberikan wisata edukasi dan pengetahuan seputar manusia purba. Di sangiran, ada banyak koleksi fosil-fosil manusia purba. Fosil manusia purba ini ada yang berumur lebih dari 2 juta tahun, hingga yang berumur 200,000 tahun. Bahkan Museum Sangiran adalah museum manusia purba terlengkap di Asia. Ada puluhan ribu koleksi fosil manusia purba yang bisa anda lihat secara langsung.

8. Obyek Wisata Air Terjun Jumog
Wisata air yang ada di Karanganyar ini dikenal dengan Grojogan Sewu Jumog. Berjarak sekitar 40 km dari pusat kota solo, Jumog menawarkan wisata alam yang sangat indah. Untuk masuk ke lokasi wisata Jumog, anda hanya wajib membayar Rp5.000 saja. Anda bisa bermain dan menikmati air terjun jumog.

9. Obyek Wisata Gorjogan Sewu Tawangmangu (TW)
Grojogan Sewu Tawangmangu sangat terkenal, karena memang memiliki keindahan pemandangan yang sangat indah. Anda akan menyusuri tangga sebelum mencapai air terjun tersebut. Grojogan sewu adalah bahasa jawa yang berarti Air Terjun Seribu. Udara yang segar adalah bonus untuk anda yang pergi ke sana. Harga tiket masuk Tawangmangu adalah Rp18.000 per orang. Tawangmangu masih terletak di Kabupaten Karanganyar (37 km dari kota solo). Anda sekeluarga bisa berlibur di Tawangmangu untuk melepas penat bersama keluarga.

10. Obyek Wisata Umbul Ponggok
Umbul ponggok terletak di Kabupaten Klaten. Berada tak jauh dari Kota Solo, umbul ponggok adalah wisata air yang sangat asli. Anda bisa berenang dan diving air tawar di umbul ponggok. Banyak wisatawan dan diver yang mengnjungi umbul ponggok untuk merasakan keindahannya. Harga tiket umbul ponggok adalah Rp5.000 di hari biasa dan Rp7.000 di akhir pekan. Nah bagi anda yang ingin mengetahui secara jelas dan lengkap tentang umbul ponggok, silakan baca di sini.

Sebenarnya masih banyak wisata solo yang lain, seperti Museum Radyapustaka, Candi Sukuh, Candi Cetho, Wisata Kuliner Galabo, dan masih banyak lagi. Anda bisa sekalian berkunjung saat berada di Kota Solo. Happy Travelling.!!!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.
Jangan lupa membaca artikel ini : Cara Memakai Jilbab Pashmina Modern
                                                       Wisata Bogor Paling Indah
                                                       Wisata Bahari Lamongan
Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.

Wisata Solo