Latest News

CARA MENGGOSOK GIGI YANG BENAR

Info Kesehatan - Cara Menggosok Gigi Yang Benar. Berapa kali anda menggosok gigi dalam sehari? Apakah cara menggosok gigi anda sudah benar? Menggosok gigi merupakan aktivitas wajib dan rutin yang dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan gigi dan menjaga menjaga kesehatan gigi. Cara menggosok gigi memang tidak diajarkan secara formal, sehingga banyak orang yang rajin menggosok gigi tetapi caranya kurang tepat. Nah kali ini kami akan berbagi tips cara menggosok gigi yang benar agar gigi selalu bersih dan tidak mudah sakit gigi. Menggosok gigi sangat penting untuk perawatan gigi anda. Dan ini sangat berkaitan dengan pasta gigi, sikat gigi, dan juga teknik menggosok gigi. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa menggosok gigi anda dengan benar.

CARA MENGGOSOK GIGI YANG BENAR

Cara menggosok gigi yang benar tidaklah sulit. Bahkan terlalu dianggap sepele. Padahal hal-hal sepele tersebut justru sangat menentukan manfaat menggosok gigi. Dengan gigi yang bersih, rapih, dan tidak berlubang tentu membuat anda lebih percaya diri tampil di hadapan publik dan teman-teman. Untuk itulah menggosok gigi harus dilakukan dengan benar agar sisa-sisa makanan tak lagi menempel di gigi dan sela-sela gigi. Gigi membutuhkan perawatan yang benar agar selalu terjaga kesehatannya. Kebiasaan tidak menggosok gigi sebelum tidur adalah blunder bagi kita, karena saat kita tidur bakteri dalam mulut akan bekerja merusak gigi kita. Mari biasakan gosok gigi 3 kali sehari dan dilakukan dengan cara yang benar. Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam menggosok gigi.

Cara Menggosok Gigi Yang Benar


1. Memilih sikat gigi
Sikat gigi adalah alat untuk menyikat gigi anda. Untuk itu pilihlah sikat gigi yang bagus dan lembut. Sikat gigi yang berbulu lembut tidak merusak gusi anda. Sebaliknya, bulu sikat yang kasar dan keras bisa merusak gusi anda. Dalam pemakaiannya, gantilah sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Karena setelah 3 bulan pemakaian sikat gigi akan berkurang manfaatnya.

2. Menggosok gigi dengan lembut
Menggosok atau menyikat gigi yang benar adalah menggosok gigi dengan lembut. Hindari menggosok gigi dengan keras dan kasar karena bisa menyebabkan gigi surut dan sensitif. Gosok lembut gigi anda di bagian gigi depan terlebih dahulu.

3. Penggunaan odol/pasta gigi
Penggunaan odol atau pasta gigi untuk menggosok gigi sebaiknya tidak terlalu banyak. Banyak orang menganggap bahwa menggunakan odol yang banyak bisa membuat gigi cepat bersih. Namun justru karena penggunaan odol yang terlalu banyak akan membuat kita cepat menyelesaikannya. Gunakan odol sebesar biji jagung saja.

4. Menggosok gigi secara vertikal
Teknik menggosok gigi yang benar adalah dengan cara menggosok vertikal. Maksudnya, gosoklah gigi ke atas dan ke bawah sampai sisa-sisa makanan di sela-sela gigi benar-benar hilang. Gosoklah semua bagian gigi, dari depan sampai belakang dengan teliti. Pastikan anda memeriksa gigi dan sela-selanya untuk mengecek kembali sisa-sisa makanan.

5. Menyikat gigi satu-persatu
Saat anda menyikat gigi, usahakan anda menyikat gigi satu-persatu selama 12 detik sampai gigi anda benar-benar bersih. Ini penting untuk anda lakukan agar tak ada sisa makanan yang terlewat setelah anda menggosok gigi.

6. Menyikat bagian dalam gigi
Bagian dalam gigi adalah bagian yang sulit untuk dibersihkan. Tak jarang, banyak orang mengabaikan menyikat gigi bagian dalam. Padahal gigi bagian dalam adalah sarang kuman danbanyak menyimpan sisa-sisa makanan. Gosok gigi bagian daam secara merata dan teliti agar sisa makanan ikut terangkat.

7. Menyikat lidah dan langit-langit mulut
Nah setelah anda sudah menggosok semua gigi anda, kini saatnya anda menggosok lidah dan langit-langit. Mengapa? Karena bakteri bisa saja bersarang di lidah dan langit-langit mulut anda. Gosok secara perlahan dan lembut agar tidak luka.

8. Penyegar mulut
Penyegar mulut atau mouthwash adalah cairan yang berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut. Juga bisa menyegarkan nafas anda. Dengan menggunakan penyegar mulut maka bakteri dalam mulut akan berkurang atau mati sehingga gigi tetap sehat dan nafas menjadi segar.

9. Menggosok gigi setelah mengkonsumsi soda
Nah jika anda minum atau mengkonsumsi soda, ada baiknya anda tidak langsung menggosok gigi. Mengapa? Karena soda bisa membuat gigi anda rapuh jika langsung menggosoknya. Soda mengandung asam, dan jika bercampur dengan odol maka bisa menyebabkan gigi rapuh dan berlubang. Jika anda mengkonsumsi soda, maka gosoklah gigi anda 45 menit setelahnya.

Dengan gigi sehat maka senyum pun menjadi indah. Untuk pemeriksaan medis di dokter gigi, periksakan gigi anda setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi yang menempel pada gigi anda. Hidup sehat dimulai dari hal sederhana, termasuk menyikat gigi yang benar. Selamat Mencoba.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menggosok gigi yang benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Baca juga yang ini : Tips Sukses Di Usia Muda

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.

Menggosok gigi yang benar