Latest News

PENYEBAB PUSING SAAT HAMIL

Constiti - Penyebab Pusing Saat Hamil. Hamil adalah saat yang paling dinanti oleh semua ibu muda atau semua ibu yang belum dikaruniai anak. Hamil adalah bagian dari regenerasi yang harus disykuri karena itu merupakan rahmat/anugerah dari Tuhan YME. Sebagai seorang ibu, tentu kondisinya akan berbeda saat tidak hamil dan saat sedang hamil. Ibu yang sedang mengandung pasti akan merasakan mual, pusing, dan mengalami perubahan hormon. Pada kesempatan sebelumnya kami sudah menyampaikan beberapa tips cara menghilangkan mual saat hamil. Dan kini anda sebaiknya mengetahui mengapa ibu hamil merasa pusing. Karena kami akan berbagi informasi mengenai penyebab pusing saat hamil.

PENYEBAB PUSING SAAT HAMIL

Penyebab pusing saat hamil bukan hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Karena saat hamil janin dalam rahim sangat mempengaruhi kita (ibu hamil) di hampir semua aktivitasnya. Mulai dari sering mual, pusing, badmood, nyidam, merasa gerah, dan lain sebagainya. Pusing pada saat hamil bisa saja terjadi beberapa saat saja, tetapi tidak jarang pusingnya semakin parah. Untuk itu anda harus mengetahui apa saja penyebab pusing saat hamil. Dilansir dari healthmeup.com, ada beberapa faktor yang menyebabkan rasa pusing pada saat hamil. Dan kami rangkum seperti berikut ini.

Penyebab Pusing Saat Hamil


1. Terjadi tekanan pada pembuluh darh
Rahim yang sudah terisi janin secara alamiah akan menekan pembuluh darah anda (ibu hamil). Pembulu darah ini disebut dengan vena kava. Semakin besar kehamilan seseorang maka semakin besar tekanan di pembuluh darah. Jenis vena ini termasuk vena besar yang bertugas membawa kembali darah dari tubuh bagian bawah ke jantung Anda. Dengan adanya tekanan pada vena kava, maka suplai darah ke otak berkurang sehingga menyebabkan pusing/sakit kepala.

2. Menurunnya gula darah dalam tubuh
Saat sedang hamil metabolisme akan terganggu yang disebabkan oleh beberapa aktivitas, seperti nafsu makan menurun, lemas. Dengan demikian maka sistem metabolisme akan mengalami perubahan. Dampaknya gula darah dalam tubuh akan menurun sehingga menyebabkan pusing/sakit kepala.

3. Penurunan tekanan darah dalam tubuh
Saat sedang mengandung janin dalam rahim, maka aliran darah ke janin akan meningkat. Dengan begitu maka tekanan darah anda akan mengalami penurunan. Lebih ringkasnya, tekanan darah anda menurun karena aliran darah ke janin meningkat. Secara alami sistem kardiovaskular dan saraf kita sudah siap dan merespon. Namun namun ada saat dimana aliran darah ke otak juga tidak mencukupi sehingga membuat pusing dan pingsan.

4. Pelebaran pembuluh darah
Terjadi pelebaran pembuluh darah pada saat hamil/mengandung. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal yang terjadi, dan menyebabkan pembuluh darah semakin melebar. Dampaknya, detak jantung akan meningkat beserta sistem kardiovaskularnya. Darah yang dipompa pun bisa meningkat hingga 50%. Akibatnya, tak jarang Anda pun sering merasa pusing.

Secara garis besar, itulah beberapa penyebab pusing saat hamil. Selama hamil memang akan terjadi perubahan hormonal dan metabolisme dalam tubuh. Namun selagi masih dalam taraf normal, anda tak perlu waswas. Dan jika terjadi gejala kelainan yang kontinyu, alangkah baiknya anda memeriksakan kandungan anda ke dokter kandungan yang terpercaya.

Sudahkah anda membaca ini?


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyebab pusing saat hamil. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.

Penyebab Pusing Saat Hamil