Latest News

AKIBAT KURANG TIDUR YANG HARUS ANDA TAHU

Info kesehatan-Akibat Kurang Tidur Yang Harus Anda Tahu. Tidur adalah kebutuhan yang tidak boleh tidak terpenuhi oleh makhluk hidup, termasuk kita (manusia). Tidur merupakan aktivitas keadaan istirahat alami. Jika kurang tidur, maka akan ada beberapa dampak/bahaya yang bisa anda alami. Akibat kurang tidur bisa sangat beragam dan tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Apa saja akibat kurang tidur bagi tubuh kita? Berikut ini adalah akibat kurang tidur yang harus anda tahu.

AKIBAT KURANG TIDUR YANG HARUS ANDA TAHU

Akibat Kurang Tidur. Kurang tidur bisa disebabkan karena berbagai alasan. Misalnya lembur bekerja, insomnia, gelisah/sedih karena masalah, atau karena sengaja begadang. Nah jika anda kurang tidur dalam beberapa malam saja anda sudah akan merasakan akibatnya. Jadi sebaiknya jangan sampai menyepelekan tidur. Karena tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental anda. Berikut ini kami sajikan informasi akibat kurang tidur untuk anda.

Akibat Kurang Tidur


Ada beberapa akibat/dampak kurang tidur, antara lain sebagai berikut :

1. Mata bengkak dan berkantung
Kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkan dan berkantung. Kurang tidur membuat kadar hormon stress dalam tubuh (kortisol) meningkat. Dan di saat hormon kortisol naik, maka tubuh akan menahan kadar air. Lalu kenapa mata bisa bengkak dan berkantung? Karena kelopak mata memiliki kulit yang tipis, sehingga mudah bengkak dan berkantung. Kurang tidur bisa mengganggu kesehatan mata.

2. Timbulnya jerawat
Jerawat? Oh No. Jerawat menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sebagian orang, khususnya wanita. Jerawat adalah pembengkakan dan peradangan kulit. Ada jerawat batu, jerawat bernanah, dan lain-lain. Mengapa kurang tidur menyebabkan jerawat? Karena kadar hormon kortisol meningkat tajam. Sehingga meningkat pula risiko peradangan dan pembengkakan kulit dan berakibat timbulnya jerawat. Baca : Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Cepat.

3. Kulit kering dan kusam
Kurang tidur juga bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Hal ini disebabkan karena kelembaban alami kulit akan berkurang di saat anda kurang tidur. Akibatnya, kulit menjadi kering dan kusam serta mudah mengelupas.

4. Menimbulkan guratan pada kulit
Guratan pada kulit bisa berbentuk garis atau keriput. Kurang tidur bisa menyebabkan keriput dan guratan pada kulit. Karena kurang tidur menyebabkan tubuh kekurangan matanonin, sehingga terjadi radikal bebas. Radikal bebas ini menyebabkan garis-garis pada kulit, keriput, atau lipatan pada kulit.

5. Menambah berat badan
Berat badan naik membuat kita lebih gemuk dari sebelumnya. Dan ternyata, kurang tidur bisa membuat gemuk. Karena disaat tubuh kurang tidur maka akan banyak melepas ghrelin. Ghrelin adalah hormon yang membuat kita lapar. Dan biasanya ketika kita tidak tidur akan merasa lapar dan ingin sekali makan. Inilah dampak nyata dari kurang tidur untuk berat badan anda.

Banyak orang menganggap tidur sebagai hal yang sepele. Namun ternyata tidur sangat penting untuk kesehatan kita. Yang penting adalah jangan terlalu banyak tidur, apalagi saai bekerja di kantor atau belajar di kelas. Hehe.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang akibat kurang tidur. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Baca juga yang ini : Tips Make Up Agar Tahan Lama

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.

Akibat Kurang Tidur