Latest News

TIPS AMAN BERKENDARA SAAT HUJAN

Tips Oke-Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Musim hujan adalah musim yang secara periodik terjadi di Indonesia. Saat musim hujan, banyak daerah di Indonesia yang kebanjiran karena banyak sebab. Bagi pengendara motor dan mobil, musim hujan adalah saat dimana mereka (pengendara) menyiapkan jas hujan/mantol di jog mereka. Kecuali bagi pendendara mobil. Namun apakah hanya jas hujan saja yang diepersiapkan? Tentu saja tidak. Karena berkendara saat hujan juga membutuhkan waspada yang ekstra. Karena banyak kasus kecelakaan terjadi saat hujan turun. Misalnya karena jalan yang licin, jalan berlubang yang tertutup air, atau karena jarak pandang yang berkurang. Nah itulah mengapa kami akan memberikan tips aman berkendara saat hujan. 

TIPS AMAN BERKENDARA SAAT HUJAN

Tips Aman Berkendara Saat Hujan memang wajib anda perhatikan. Hujan yang turun membuat pandangan mata kita semakin buruk karena rintikan hujan dan angin. Belum lagi jalan yang licin, terlebih saat hujan pertama kali. Berkendara saat hujan sebenarnya sangat berbahaya. Namun karena berbagai alasan (kerja, sekolah, kuliah, touring) maka berkendara saat hujan terpaksa dilakukan. Tapi anda pun bisa naik kendaraan umum. Yup, bagi anda yang ingin aman berkendara saat hujan turun, baca tips berikut. Karena kami akan berbagi tips aman berkendara saat musim hujan untuk anda.

Tips Aman Berkendara Saat Hujan


1. Jangan lupa cek ban
Ban adalah komponen kendaraan bermotor/mobil yang langsung bersentuhan dengan jalan/aspal. Jadi pastikan anda mengecek dulu tekanan ban anda. Pastikan tekanan udaranya pas. Jangan sampai kurang atau berlebihan. Jangan lupa juga cek kedalaman tapak ban anda. Tapak yang baik akan melindungi anda dari tergelincir/slip dan aquaplaning/genangan/banjir.

2. Jangan ngebut
Memacu kendaraan bermotor/mobil dalam kondisi hujan sangatlah berbahaya. Karena kondisi aspal/jalan yang terguyur hujan cenderung licin dan membuat anda mudah terjatuh. Apalagi saat hujan pertama kali. Hujan pertama membuat sulit mengemudi, karena tanah, minyak dari jalan bercampur dengan air dan membentuk lapisan yang licin. Untuk itu, jangan ngebut. Paculah kendaraan anda perlahan dan tetap berhati-hati.

3. Ikuti kendaraan di depan anda
Saat hujan turun, pandangan akan berkurang karena cuaca mendung dan angin. Untuk itu selalu berhati-hatilah saat berkendara. Bila perlu, ikuti jalur kendaraan di depan anda. Dan jangan sampai anda mengerem secara mendadak. Melainkan kurangilah gas kendaraan anda perlahan. Karena mengerem mendadak saat hujan jelas berbahaya dan membuat anda terpeleset/terjatuh.

4. Jaga jarak
Menjaga jarak kendaran anda dengan kendaraan lain sangat dianjurkan. Karena sebagai antisipasi jika ada kecelakaan atau insiden yang menimpa kendaraan di depan/belakang anda. Pastikan ada jarak yang cukup jauh dengan kendaraan anda.

5. Nyalakan lampu utama
Saat hujan tentu lebih gelap dan mengurangi jarak pandang kita. Untuk itu berilah sinyal dengan cara menghidupkan lampu utama. Selain memperjelas pandangan kita, juga bisa memberikan sinyal untuk orang lain. Jika lampu menyala, maka kendaraan lain bisa melihat kita.

6. Berhenti bila hujan deras
Saat hujan turun dengan sangat deras disertai angin kencang, sebaiknya anda berhenti. Kenapa? Karena hujan deras jelas membuat kita berkendara dengan tidak nyaman dan berbahaya. Berteduh dan istirahatlah di tempat yang aman. Hindari berlindung di bawah pohon-pohon besar dan tua karena bisa saja ambruk dan menimpa kita. Pilihlah tempat berteduh yang kuat dan aman. Semua tergantung dari bagaimana usaha kita.

7. Istirahat bila lelah
Memaksakan mengemudi dalam keadaan mengantuk dan lelah tentu sangat berbahaya bagi keselamatan kita dan orang lain. Jika anda merasa lelah atau ngantuk, jangan tunda untuk istirahat dan tidur. Itu lebih baik daripada memaksakan berkendara dalam kondisi kurang fit.

Berkendara saat hujan memang harus lebih berhati-hati. Kondisi jalan dan cuaca yang tidak kondusif membuat kita harus ekstra waspada. Jangan lupa untuk safety riding saat berkendara. Hindari mengebut dan selalu nyalakan lampu utama anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips aman berkendara saat hujan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.

Baca juga yang ini : Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga

Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.

Tips Aman Berkendara Saat Hujan