Latest News

CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL SECARA EFEKTIF

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Efektif. Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Ginjal memiliki banyak fungsi untuk tubuh kita. Antara lain menjaga kadar gula dalam darah, menyaring darah, dan mengeluarkan racun dalam tubuh kita. Begitu besarnya fungsi dan manfaat ginjal, maka kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal. Cara menjaga kesehatan ginjal bisa kita mulai dari hal yang paling sederhana. Sebagai informasi, penyakit ginjal seperti gagal ginjal adalah penyakit kronis dan mahal. Kenapa mahal? Karena gagal ginjal harus diganti dengan ginjal baru yang lebih sehat/donor ginjal. Dan harga ginjal sangatlah mahal. Untuk itu alangkah baiknya mencegah daripada terlanjur. Mari kita jaga kesehatan ginjal dengan cara yang akan kami sampaikan berikut ini.

CARA MENJAGA KESEHATAN GINJAL SECARA EFEKTIF


Cara menjaga kesehatan ginjal harus kita pahami dan lakukan. Karena fakta menunjukkan bahwa penderita gagal ginjal kronis semakin meningkat dari tahun ke tahun. Menurut data dari Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), ada sekitar 100.000 pasien penderita penyakit ginjal. Kenaikan jumlah pasien penyakit ginjal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga ginjal mereka. Maka dibutuhkan edukasi akan hal itu. Kesadaran masyarakat akan pentingnya ginjal juga harus ditingkatkan untuk mengurangi kasus penyakit ginjal. Sekali lagi, penyakit ginjal sangat berbahaya. Dan juga akan berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat karena pengobatannya sangat mahal. Untuk mencegah penyakit ginjal, maka kita harus menjaga kesehatan ginjal. Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk itu. Dan berikut ini sudah kami rangkum untuk anda semua.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Efektif

1. Tidak merokok
Berhentilah merokok sesegera mungkin untuk mengurangi risiko penyakit ginjal. Karena merokok dapat merusak fungsi ginjal dan menyebabkan berbagai penyakit mematikan lainnya.

2. Minum air putih yang cukup setiap hari, minimal 2 liter/hari
Air putih sangat baik untuk tubuh kita, termasuk kesehatan ginjal. Usahakan selalu minum air putih minimal 8 gelas/hari atau setara dengan 2 liter.

3. Menjaga kadar gula dalam darah
Kadar gula dalam darah jika berlebihan juga berakibat fatal untuk kesehatan ginjal. Mengurangi makanan dan minuman yang manis-manis adalah langkah nyata yang harus dilakukan. Penumpukan kadar gula dalam darah juga menyebabkan diabetes mellitus.

4. Melakukan pola hidup sehat. 
Pola hidup sehat khususnya makan bisa anda lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat setiap hari. Misalnya makan sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin dan serat.

5. Menjaga berat badan ideal
Berat badan berlebih (obesitas) juga harus dihindari untuk menjaga kesehatan ginjal. Usahakan berat badan ideal sesuai dengan tinggi badan anda. Lakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan berlebih.

6. Menjaga badan tetap bugar dengan aktif berolah raga
Berolahraga sangat banyak manfaatnya. Olahraga dapat membuat badan tetap bugar dan fit. Dengan badan yang bugar dan fit, maka kesehatan ginjal tetap terjaga.

7. Menjaga tekanan darah tetap stabil
Tekanan darah yang tidak stabil bisa menyebabkan penyakit ginjal. Untuk itu jagalah tekanan darah normal dengan cara yang sehat. Jangan terlalu stress dan cukupi kebutuhan tubuh dengan baik.

8. Hindari obat anti nyeri dalam jangka panjang
Obat anti nyeri memang bisa menghilangkan rasa nyeri dalam sekejap. Tetapi jika dikonsumsi secara rutin dan jangka panjang, maka ginjal akan jadi korbannya. Hindari konsumsi obat anti nyeri dalam jangka panjang.

9. Mari periksakan ginjal secara berkala
Tak ada salahnya memeriksakan ginjal kita secara berkala, apakah ada keluhan atau tidak. Karena banyak manfaat yang kita dapat dari pemeriksaan tersebut. Kita menjadi tahu cara pencegahan dan apa yang harus kita lakukan. Ikuti saran dokter anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menjaga kesehatan ginjal. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Constiti untuk mendapatkan berbagai informasi penting dan menarik.


Para pembaca yang baik, jika anda menilai artikel ini baik dan bermanfaat silakan Like di Facebook atau tweet di Twitter, dan Google +. Terima kasih.
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal